Peringkat BWF Pasca All England: Minions Kokoh di Puncak, Bakri Melesat Naik

Tim ganda putra Indonesia berhasil menorehkan prestasi di laga all Indonesian final All England 2022, di mana pasangan Fikri-Bagas menang atas The Daddies.

Peringkat BWF Pasca All England: Minions Kokoh di Puncak, Bakri Melesat Naik Potret pasangan ganda putra Fikri-Bagas di All England 2022 | PBSI

Setelah sukses mewujudkan all Indonesian final di babak final ganda putra turnamen bulutangkis All England Open 2022, pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana berhasil keluar sebagai juara untuk pertama kalinya setelah mengalahkan pasangan ganda putra top dunia The Daddies yakni Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan.

Pasangan yang baru debut di All England tahun ini berhasil menang dalam 2 set permainan pada partai final dengan skor 21-19 dan 21-13.

Sebelumnya, langkah pasangan The Minions, Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo harus terhenti di babak semifinal dan mengakui kehebatan debut pasangan Bakri. The Minions takluk dalam pertandingan semifinal dengan skor 22-20, 13-21, 21-16 yang diselenggarakan di Utilita Arena, Birmingham.

Raihan prestasi dari tim ganda putra Indonesia pada turnamen All England 2022 tentunya menjadi catatan positif yang semakin menguatkan posisi para atlet bulutangkis ganda putra Indonesia dalam klasemen milik Badminton World Federation (BWF).

Tiga tim Indonesia bertahan dalam 10 besar, The Minions kokoh di puncak klasemen

Mengutip data terkini pada situs BWF yang baru saja diperbarui pada 22 Maret 2022, pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengokohkan posisinya sebagai pemuncak klasemen ganda putra. Adapun total poin yang dikumpulkan mencapai 111.827 dari total 30 turnamen yang telah dilalui pasangan ini.

Peringkat BWF tim ganda putra Indonesia pasca All England 2022 | Siti Hannah/GoodStats

Sementara itu pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menyusul di posisi ke-2 dengan total 104.130 poin. Adapun jumlah turnamen yang telah dilalui The Daddies yakni sebanyak 33 turnamen.

Berikutnya, pasangan ganda putra andalan lainnya dari Indonesia ialah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang meraih posisi ke-9. Poin yang berhasil dikumpulkan oleh pasangan satu ini mencapai 76.284 poin dengan catatan 32 turnamen yang telah dilewati.

Selain tim Indonesia, jajaran 10 besar pasangan ganda putra terbaik di dunia juga datang dari China Taipei, Jepang, India, Malaysia, dan Denmark. Pasangan asal China Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin menempati posisi ke-3 dengan total 98.432 poin. Sementara itu posisi ke-4 hingga ke-6 diraup oleh tim ganda putra asal Jepang.

Pasangan ganda putra asal India yakni Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty menempati posisi ke-7 dengan total poin sebesar 78.118. Pasangan ini berhasil naik 1 peringkat dari pemeringkatan sebelumnya.

Sementara itu, pasangan ganda putra asal Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik harus turun 1 peringkat ke posisi 8 dengan total poin sebesar 77.231. Pasangan ganda putra asal Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen menutup klasemen 10 besar di posisi ke-10 dengan total poin sebesar 75.634.

Pasangan Bakri naik 7 peringkat sementara The Babies kian bersinar

Berkat kemenangan yang diraih oleh pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana pada partai final ganda putra All England tanggal 20 Maret 2022 lalu, peringkat pasangan ini berhasil melesat menuju posisi ke-21.

Peringkat pasangan Bakri berhasil naik fantastis sebanyak 7 peringkat dari yang sebelumnya berada di posisi ke-28. Adapun total poin yang berhasil dikumpulkan oleh pasangan ini ialah sebesar 53.882 setelah melalui 25 turnamen.

Hal ini tentunya menjadikan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana sebagai pasangan ganda putra andalan ke-4 Indonesia setelah The Minions, The Daddies, dan Fajar-Rian.

Di sisi lain, pasangan ganda putra lainnya asal Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan mengalami penurunan peringkat dari yang sebelumnya berada di posisi ke-21 kini menempati posisi ke-23. Adapun poin yang dimiliki pasangan ini sebesar 52.497 dengan total 23 turnamen telah dilewati.

Terakhir, pasangan ganda putra yang dijuluki The Babies, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin kian bersinar setelah berhasil naik sebanyak 3 peringkat dari posisi ke-29 menuju posisi ke-26. Total poin yang dimiliki pasangan ini berjumlah 48.817 poin dari total 20 turnamen.

Selain pasangan ganda putra di atas, masih banyak lagi nama-nama atlet bulutangkis ganda putra Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan di situs BWF. Beberapa di antaranya ialah Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso di posisi ke-33, Berry Angriawan/Hardianto di posisi ke-78, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani di posisi ke-97, dan atlet-atlet lainnya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Dinamika Perkembangan Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia
Artikel Selanjutnya Peraih Juara Dunia MotoGP & GP 500 Terbanyak Hingga Saat Ini
Konten Terkait