10 Pasukan Elit Paling Kuat di Asia, 1 dari Indonesia

Setiap negara di dunia umumnya memiliki pasukan elit, termasuk Indonesia. Beberapa pasukan elit yang ada bahkan memperoleh pengakuan di dunia atas kekuatannya.

10 Pasukan Elit Paling Kuat di Asia, 1 dari Indonesia Ilustrasi pasukan elit | Diego González/Unsplash

Pasukan elit atau khusus umumnya dimiliki oleh setiap negara di dunia yang memiliki angkatan bersenjata. Pasukan elit di setiap negara berasal dari berbagai latar belakang agensi, bisa menjadi cabang dari militer, kepolisian, hingga badan intelejen.

Beberapa pasukan elit bahkan telah menjalankan operasi di negara lain serta memperoleh pengakuan dari dunia. Eksistensi pasukan elit menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari sistem pertahanan sebuah negara.

Pada lingkup Benua Asia, Sayeret Matkal menempati peringkat pertama pasukan elit paling kuat. S Matkal sendiri merupakan cabang dari badan intelejen Israel yang didirikan pada tahun 1957.

People Liberation Army Special Operations Forces (PLASOF) dari China menempati posisi ke-2 pasukan elit paling kuat di Asia. Adapun pasukan ini merupakan cabang dari kekuatan militer serta kepolisian China yang mulai aktif beroperasi sejak tahun 1988.

Sementara itu, pasukan elit cabang militer asal Pakistan yang berdiri sejak tahun 1956, Special Service Group (SSG) meraih posisi ke-3 dan Snow Leopard pasukan elit cabang kepolisian asal China sejak tahun 2002 berada di posisi ke-4.

Komando Pasukan Khusus (Kopassus), pasukan elit asal Indonesia berhasil meraih posisi ke-5 paling kuat di dunia. Kopassus sendiri merupakan pasukan elit bidang militer yang menjunjung prinsip “Berani, Benar, Berhasil.”

Beberapa pasukan elit lainnya yang masuk dalam daftar pasukan paling kuat di Asia antara lain ialah Shayettet (Israel), OKK (Turki), Marcos (India), Para SF (India), dan 707-SMG (Korea Selatan).

Tanggal 16 April menjadi peringatan berdirinya Kopassus dan hari ulang tahun (HUT) Kopassus dirayakan setiap tahunnya pada tanggal tersebut. Tahun 2022 ini, Kopassus akan memperingati hari jadinya yang ke-70.

Menjelang peringatan ke-70, Kopassus membagikan 2.450 paket sembako di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Selain itu, donor darah juga akan dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Kopassus.

Adapun tema peringatan HUT ke-70 Kopassus ialah Kopassusku, Kopassus Kita dan Kopassus Indonesia. Tema ini memiliki makna bahwa Kopassus adalah milik seluruh rakyat Indonesia, sehingga kehadiran Kopassus ialah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh rakyat sesuai dengan ranahnya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Apa Saja Aplikasi Belanja Sayur Favorit Masyarakat Indonesia?
Artikel Selanjutnya Sea Games Hanoi 2021: Indonesia Berangkatkan 476 Atlet dari 31 Cabor
Konten Terkait