Negara-Negara Langganan Tuan Rumah KTT ASEAN

Hingga pertemuan yang ke-42, Indonesia tercatat menjadi tuan rumah KTT ASEAN sebanyak lima kali. Sementara Thailand jadi yang terbanyak dengan enam kali

Negara-Negara Langganan Tuan Rumah KTT ASEAN Potret para pemimpin ASEAN di KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Indonesia ! ASEAN

Adakah disini yang belum mengetahui apa itu KTT ASEAN? Ya, KTT ASEAN adalah Konferensi Tingkat Tinggi yang diselenggarakan oleh negara-negara yang tergabung dalam organisasi regional Association of Southeast Asian Nation (ASEAN). KTT ASEAN sendiri disebut juga sebagai The Association of Southeast Asian Nation Summit atau ASEAN Summit.

Dalam penyelenggaraannya, KTT ASEAN selalu rutin dilaksanan tiap tahun, di mana dalam setahun bisa dua bahkan tiga kali penyelenggaraan. Seperti dikatakan dalam situs resminya, ASEAN mengembangkan relasi kerja sama, persahabatan, dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan negara-negara dan organisasi dan lembaga sub-regional, regional, sekaligus internasional.

Sedikit flashback, KTT ASEAN perdana diselenggarakan di Bali pada 23-24 Februari 1976 silam. Pada KTT yang pertama ini terdapat kesepakatan mengenai pembentukan sekretariat ASEAN yang berpusat di Jakarta. Dikutip dari indonesiabaik.id, sekjen pertamanya adalah HR Dharsono.

ASEAN sendiri dibentuk oleh lima negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura pada 8 Agustus 1967 di Bangkok. Dikatakan dalam situs resmi Bank Indonesia, Indonesia sendiri sudah pernah memegang posisi keketuaan pada 1976, 2003, dan 2011.

Adapun, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 baru saja digelar di Labuan Bajo, Indonesia pada 9-11 Mei 2023. Pada edisi kali ini, tema yang diusung adalah ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Hingga pertemuan yang ke-42, Indonesia tercatat menjadi tuan rumah KTT ASEAN sebanyak lima kali, yakni pada KTT ASEAN pertama, ke-9, ke-19, ke-20, dan ke-42. Sementara itu, Thailand menjadi negara paling sering menjadi tuan rumah, yakni sebanyak enam kali.

Negara paling sering menjadi tuan rumah KTT ASEAN | Fauziah/GoodStats

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Barang Koleksi Olahraga Termahal dalam Sejarah, Ada yang Sentuh 200 Milyar!

Dari kartu hingga jersey, apa saja memorabilia olahraga paling mahal sepanjang sejarah?

Indonesia Jadi Negara dengan Bahasa Daerah yang Paling Terancam Punah

Selain Indonesia, beberapa negara yang paling terancam rupanya adalah negara-negara maju.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X