Mewahnya Dunia Satu Atap, Inilah 10 Shopping Mall Terbesar Sejagat Raya

Demi menunjang gaya hidup warga kota yang cepat dan dinamis, mal-mal besar mulai bermunculan di berbagai negara. Intip 10 mal terbesar dunia, adakah Indonesia?

Mewahnya Dunia Satu Atap, Inilah 10 Shopping Mall Terbesar Sejagat Raya Ilustrasi Shopping Mall | Shutterstock

Pusat perbelanjaan atau shopping mall sering kali menjadi tujuan masyarakat untuk menghabiskan waktu luang di akhir pekan. Kegiatan yang dilakukan di mal pun beragam, mulai dari belanja, makan, ataupun hanya sekedar jalan-jalan.

Di luar kegiatan itu, beberapa mal juga menawarkan hiburan unik seperti ice skating, bioskop, akuarium raksasa, escape room, karoke, live band, hingga galeri seni rupa. Dengan berbagai fasilitas hiburan ini, mal tidak lagi menjadi sekedar destinasi belanja saja, tetapi juga pusat hiburan dan rekreasi yang menawarkan pengalaman beragam.

Besarnya minat pengunjung mendorong mal-mal modern di seluruh dunia untuk terus berinovasi dan memperluas fasilitas mereka. Gedung pusat perbelanjaan pun kini semakin luas dalam segi ukuran.

Faktanya, Iran Mall Bahkan Lebih Besar dari Vatican City di Italia

Iran Mall lebih besar 3-4 kali dari mal Top 10 lainnya | GoodStats
Iran Mall lebih besar 3-4 kali dari mal top 10 lainnya | GoodStats

Melalui grafik di atas, terlihat bahwa Iran Mall menjadi pusat perbelanjaan dengan ukuran paling luas di dunia. Dibandingkan dengan mal lainnya, luas Iran Mall masih jauh lebih besar. Bahkan luasnya yang mencapai 1,95 juta meter persegi masih jauh lebih besar dari ukuran sebuah negara-kota berdaulat lokasi pusat Gereja Katolik di Italia, Vatican City.

Di posisi kedua ada IOI City Mall Malaysia. Mal ini menyediakan atraksi unik seperti taman indoor, taman hijau, dan berbagai instalasi seni. Pusat perbelanjaan seluas 821.000 meter persegi ini pun juga berlokasi strategis di kawasan Putrajaya, dekat dengan Kuala Lumpur dan Selangor, sehingga menjadikannya destinasi favorit bagi penduduk lokal maupun turis.

Shopping mall selanjutnya yang termasuk dalam top 10 berasal dari negara Filipina, China, dan Thailand. Mal-mal ini memiliki luas sekitar 500-650 ribu meter persegi, yang memungkinkan beragam fasilitas tersedia di dalamnya. Untuk membayangkan besarnya, dapat dibandingkan dengan mal terbesar di Indonesia yakni Pakuwon Mall Surabaya yang ukurannya tidak sampai setengah luas mal di atas (± 200.000 meter persegi).

Keberadaan mal besar di negara-negara di atas kurang lebih menggambarkan bagaimana pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat sekitarnya. Di tengah hiruk-pikuk kota, mal mampu mengakomodasi segala kebutuhan dengan menggabungkan berbagai aspek kehidupan di satu atap.

Melihat segala fasilitas yang lengkap dan nyaman, tidak heran jika mal besar menjadi pilihan utama bagi masyarakat kota guna mengejar gaya hidup modern yang cepat dan dinamis.

Baca Juga: 7 Mall Terbesar di Indonesia, Surabaya Juaranya!

Penulis: Afra Hanifah Prasastisiwi
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Maskapai Penerbangan dengan Wi-Fi Terbaik, Garuda Indonesia Nomor 1

Garuda Indonesia terpilih menjadi maskapai dengan wi-fi terbaik di dunia. Sayangnya, tidak ada bandara Indonesia yang masuk daftar bandara koneksi terbaik.

10 Negara dengan Miliarder Terbanyak di Dunia

China menjadi negara dengan miliarder terbanyak di dunia, totalnya mencapai 814 orang. Di sisi lain, New York menjadi kota dengan miliarder terbanyak saat ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook