Merek Makanan Paling Sukses Dipromosikan oleh Idol Kpop 2022

Strategi pemasaran mengandalkan bintang iklan dari Korea Selatan kian marak di Indonesia. Beberapa merek sukses mempromosikan produknya lewat idol Kpop.

Merek Makanan Paling Sukses Dipromosikan oleh Idol Kpop 2022 Grup Kpop BTS | Silvia Elizabeth Pangaro/Shutterstock

Tren mempromosikan produk lewat idola Korean pop (Kpop) kian marak saat ini. Berbagai brand berlomba-lomba untuk menaikkan citra serta angka penjualan produk mereka dengan mengandalkan artis atau idola Kpop sebagai bintang iklan hingga brand ambassador.

Produk makanan dan minuman pun tak luput dari tren pemasaran yang satu ini. Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) yang dilakukan pada 20 hingga 29 Juni 2022, Lemonilo jadi merek yang paling sukses di-branding oleh idola Kpop pada tahun 2022 ini dengan raihan sebesar 21,3 persen responden.

Merek makanan paling banyak diasosiasikan dengan artis Korea Selatan atau idola Kpop tahun 2022 | GoodStats

Adapun NCT Dream menjadi ikon dari promosi produk mi instan Lemonilo. Selain dalam bentuk iklan, kolaborasi Lemonilo dengan NCT Dream menawarkan hadiah photocard para idola di dalam sejumlah kemasan produk mi instan Lemonilo yang beredar.

Kolaborasi ini memunculkan antusias yang sangat luar biasa di tanah air. Alhasil, para konsumen terutama NCTzen, sebutan fans NCT berlomba-lomba membeli produk Lemonilo untuk mengadu peruntungan memperoleh photocard para anggota NCT Dream.

Sementara itu, posisi ke-2 diraih oleh Mie Sedaap dengan bintang iklan aktor ternama Choi Siwon. Adapun sebesar 19,5 responden teringat pada Choi Siwon saat melihat produk Mie Sedaap.

Posisi ke-3 diraih oleh merek makanan cepat saji McDonald’s yang sempat berkolaborasi dengan BTS dengan raihan sebesar 7,6 persen responden. Meskipun sempat viral dan memperoleh pesanan yang membludak, namun tidak banyak responden yang mengasosiasikan McD dengan BTS.

Posisi ke-4 dan ke-5 diraih oleh Luwak White Coffee dengan bintang iklan Lee Min Ho dan Neo Coffee dengan bintang iklan Lucas, masing-masing memperoleh raihan sebesar 7,4 dan 6 persen pada tahun 2022.

Adapun beberapa merek makanan dan minuman lainnya yang masuk dalam daftar ini antara lain Nu Green Tea – NCT Dream (3,8 persen), Mister Potato – Cha Eun Woo (3 persen), Coca Cola – BTS (2,2 persen), dan Cold Brew Coffee – BTS (2 persen).

Temuan lain dalam survei ini menunjukkan bahwa strategi pencitraan lewat idola Kpop bukanlah kunci utama dalam penjualan produk. Mayoritas penggemar idola Kpop di Indonesia lebih memerhatikan harga, diskon, serta ulasan konsumen dalam berbelanja produk makanan maupun minuman. Hanya sedikit yang membeli produk karena diiklankan oleh idola Kpopnya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Kartu SIM Prabayar Pilihan Masyarakat Indonesia 2022
Artikel Selanjutnya Jurang Ekstrim Kesenjangan UMK di Tanah Jawa
Konten Terkait