Meningkat! Hampir 100% Jumlah Jamaah Haji Meningkat Setiap Tahunnya

Kuota haji Indonesia di tahun 2024 naik mencapai 241.000, melebihi masa pra-pandemi yang sebanyak 231.000.

Meningkat! Hampir 100% Jumlah Jamaah Haji Meningkat Setiap Tahunnya Ilustrasi Jamaah Haji | Foto: NU Online

Memasuki bulan haji pada 9 - 10 Dzulhijjah, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, Indonesia berhasil mengirimkan 241.000 jamaah dalam jumlah kuota pada tahun 2024. Angka tersebut merupakan rekor terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya menurut Kementerian Agama RI.

Adapun jumlah kuota haji Indonesia terus meningkat sejak tahun 2022. Meski sempat terhenti di tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19, jumlah kuota haji Indonesia perlahan mulai stabil dan kembali ke masa pra-pandemi. Bahkan, kuota haji di tahun 2024 ini mengalahkan kuota haji di tahun 2019 lalu yang sebanyak 231.000.

Dengan peningkatan yang signifikan tersebut, pemerintah menghadirkan inovasi baru bernama layanan fast track untuk mempermudah dan mempercepat pemeriksaan dokumen imigrasi bagi jamaah haji. Selain itu, terdapat layanan lainnya yang terus ditingkatkan kembali, seperti layanan konsumsi, akomodasi, transportasi, katering, hingga kesehatan.

Berdasarkan penjelasan di atas, peningkatan angka jamaah dan layanan menjadi dua hal yang saling berkaitan. Hal itu dibuktikan dari peningkatan angka di setiap provinsi Indonesia. Sejak tahun 2022, Jawa Barat masih mengungguli angka tertinggi sebesar 17.686, kemudian disusul oleh Jawa Timur. Lalu, terdapat provinsi paling rendah terkait keberangkatan haji dari tahun ke tahun, yaitu Kalimantan Utara sebesar 189.

Selain perbaikan kinerja pada layanan haji, Kementerian Agama turut menyampaikan beberapa evaluasi pada ibadah haji tahun ini, seperti lansia tanpa pendamping, musim panas, hingga kenaikan biaya perjalanan ibadah haji atau Bipih sebesar 6 juta. Pada tahun ini, jamaah harus membayar sebesar 56,04 juta dari 49,8 juta pada 2023 lalu.

Walaupun terdapat berbagai tantangan dan hambatan, hal itu tidak menjadi alasan bagi para jamaah haji untuk beribadah. Hal itu dapat dilihat berdasarkan data peningkatan jamaah haji pada tahun 2022- 2024, yang dinyatakan oleh Menteri Agama telah mencapai rekor tertinggi.

Berdasarkan penjelasan di atas, masyarakat berharap kualitas pelayanan keberangkatan dan proses haji di Indonesia terus meningkat dan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Apakah terdapat rekan atau keluargamu turut menjadi salah satu jamaah haji di tahun ini? Lalu, mari kita doakan para jamaah yang sedang beribadah agar menjadi haji mabrur dan dapat kembali ke tanah air dengan selamat.

Penulis: Zakiah machfir
Editor: Editor

Konten Terkait

Taylor Swift Jadi Penyanyi Paling Banyak Didengar di Spotify

Penyanyi hits lainnya masuk dalam 10 penyanyi yang paling banyak didengar di Spotify, ada idolamu?

Fenomena Brain Drain: Keputusan Migran Berpendidikan Tinggi Tinggalkan Negara Asal

Keputusan migran berpendidikan tinggi untuk meninggalkan negara asal dikenal juga sebagai tren brain drain yang berbahaya bagi pembangunan sumber daya manusia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X