Mengintip Besaran Gaji Pekerja Ahli Bidang IT di Indonesia

Menurut laporan Michael Page, pekerja IT berpengalaman di Indonesia memiliki rata-rata gaji di kisaran Rp150 juta hingga Rp25 juta per bulan.

Mengintip Besaran Gaji Pekerja Ahli Bidang IT di Indonesia Ilustrasi pekerja ahli di bidang digital & teknologi | Gorodenkoff/Shutterstock

Beberapa profesi di sektor informasi teknologi (IT) di Indonesia ternyata memiliki gaji yang lumayan besar. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri digital di Indonesia, pekerja dari bidang ini banyak diincar oleh startup dan perusahaan besar.

Permintaan akan tenaga ahli IT yang besar dan terbatasnya sumber daya manusia di Indonesia menjadi salah satu alasan dari tingginya gaji di bidang ini. Menurut laporan Michael Page yang berjudul Indonesia Salary Guide 2023, kebanyakan keterampilan (skill) yang dibutuhkan dari bidang IT meliputi taktik pemasaran, leadership, literasi data, manajemen produk, hingga standar keamanan dan risiko.

Berdasarkan laporan, pekerja IT di sektor digital & teknologi dengan jabatan VP Engineering di Indonesia bisa digaji sebesar Rp150 juta per bulan. Diikuti oleh jabatan Head of Engineering dan Engineering Manager dengan besaran gaji masing-masing Rp120 juta dan Rp80 juta per bulan.

Rata-rata gaji bulanan pekerja ahli bidang digital dan teknologi di Indonesia | Goodstats

Kemudian, ada juga posisi lainnya seperti Technology Lead dengan gaji Rp50 juta/bulan, Lead DevOps Engineer Rp40 juta/bulan, Senior Software Engineer Rp35 juta/bulan, serta QA Engineer dan Systems Engineer dengan besaran gaji masing-masing Rp25 juta/bulan.

Adapun, Michael Page membuat rentang besaran gaji pekerja ahli IT berdasarkan informasi yang telah dihimpun di Indonesia. Termasuk dari iklan lowongan pekerjaan dari sektor digital & teknologi sepanjang tahun 2022 dan digabungkan dengan proyeksi gaji pada 2023.

Sedangkan, permintaan pekerja untuk posisi operasional, komersial, dan teknis di bidang digital & teknologi diproyeksi cenderung melambat menurut laporan. Sementara, permintaan paling banyak datang dari bidang GRC (governance, risk, compliance).

Michael Page juga menyebutkan beberapa perusahaan digital & teknologi yang paling banyak merekrut pekerja di Indonesia, yakni fintech dan bank digital, media digital, bisnis konglomerat lokal, startup yang berfokus pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), dan vertical e-commerce.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

OpenAI Luncurkan Model AI Terbaru Chat GPT-4o, Ini Keunggulannya Dibandingkan GPT-4

Sebagai platform AI yang paling sering digunakan, ChatGPT meluncurkan GPT-4o yang jauh lebih cepat dan efisien dalam teks, video, dan audio dibandingkan GPT-4.

10 Smartphone Paling Laku di 2024, iPhone Nomor Satu!

iPhone 15 Pro Max berhasil menjadi smartphone terlaris sepanjang tahun 2024, dengan pangsa pasar mencapai 4,4%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X