Makassar Jadi Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia Tahun 2021

Bukan Jakarta, Makassar menjadi kota dengan koneksi internet tercepat yang memiliki rata-rata kecepatan unduh 25,3 Mbps dan kecepatan unggah 11,67 Mbps.

Makassar Jadi Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia Tahun 2021 Internet membuat hidup seakan-akan tanpa jarak | Creativa Images/Shutterstock

Di era digital seperti sekarang ini, internet telah menjadi kebutuhan yang cukup vital. Terlebih, pandemi Covid-19 turut mendorong kebermanfaatan yang lebih dalam dari internet itu sendiri, khususnya sebaga penghubung berbagai hal di tengah kehidupan yang penuh dengan jarak.

Di samping itu, kecepatan koneksi juga turut berperan dalam keefektifan berselancar dalam dunia maya melalui internet. Lalu, seberapa cepat internet di Indonesia?

Per Januari 2022, Ookla Speedtest Global Index mencatat kecepatan rata-rata internet Indonesia untuk seluler berada di peringkat ke-103 dunia dengan kecepatan unduh dan unggahnya berada di angka 16,36 Megabit per detik (Mbps) dan 9,38 Mbps serta memiliki latensi 27 milidetik (ms).

Sementara itu, kecepatan internet Indonesia untuk jaringan kabel atau fixed broadband berada di peringkat ke-115 dunia dengan kecepatan rata-rata unduh dan unggahnya berada di angka 20,20 Mbps dan 8,58 Mbps serta memiliki latensi 7 ms.

Laman tersebut juga mencantumkan 10 besar kota dengan internet tercepat di Indonesia dalam kurun waktu kuartal ketiga tahun 2021. Yang menarik, nama Makassar ada di peringkat pertama, mengungguli kota-kota lainnya di Indonesia.

10 kota dengan koneksi internet tercepat di Indonesia | Siti Hannah/GoodStats

Kota berjuluk Anging Mamiri tersebut memiliki kecepatan unduh rata-rata 25,3 Mbps dan kecepatan unggah 11,67 Mbps. Latensi yang dimiliki kota ini sebesar 45 ms. Sementara itu, Jakarta ada di urutan kedua dengan kecepatan unduh 24,31 Mbps, kecepatan unggah 13,06 Mbps, dan latensi 30 ms.

Posisi ketiga hingga kesembilan didominasi oleh kota-kota di Pulau Jawa, antara lain Bekasi dengan kecepatan unduh 23,55 Mbps, Tangerang (23,37 Mbps), Depok (22,74 Mbps), Surabaya (22,36 Mbps), Medan (22,34 Mbps), Bandung (21,79 Mbps), dan Semarang (20,93 Mbps).

Palembang berada di peringkat kesepuluh kota dengan internet tercepat di Indonesia dengan rata-rata kecepatan unduh 20,61 Mbps, kecepatan unggah 14,33 Mbps, dan latensi 39 ms. Dengan ini, jajaran 10 besar diisi oleh tujuh kota di Pulau Jawa, dua kota di Pulau Sumatra, dan satu kota di Pulau Sulawesi.

Seberapa Besar "The Power of Netizen Indonesia" di Instagram?

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Konten Terkait

Orang Indonesia Paling Sering Habiskan Waktu untuk Main Sosial Media

Orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 3 jam setiap harinya untuk bermain sosial media dan TikTok jadi sosial media yang paling sering digunakan.

Kominfo Berhasil Tangani Lebih Dari 5 Ribu Konten Berbau Radikalisme

Berdasarkan laporan dari Kominfo, terdapat sebanyak 5.731 konten yang mendukung ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme di platform digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X