Louis Vuitton Puncaki Jajaran Perusahaan Pakaian Dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar 2023

Berdasarkan laporan Companies Market Cap, Louis Vuitton (LVMH) merajai perusahaan pakaian dengan kapitalisasi pasar terbesar secara global

Louis Vuitton Puncaki Jajaran Perusahaan Pakaian Dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar 2023 Ilustrasi orang berbelanja pakaian | LightField Studios/Shutterstock

Di tengah meningkatnya risiko dari ketidakpastian ekonomi global, industri pakaian telah berhasil menysuaikan diri dan diperkirakan akan tumbuh lebih cepat di masa depan. Bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang paling menguntungkan di dunia.

Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan pakaian terkemuka terus bersaing secara intens untuk memberikan diferensiasi produk dengan pendekatan dinamis dalam memenuhi tren fashion yang kian berubah tiap tahunnya.

Bisnis tekstil atau pakaian jadi merupakan salah satu industri terpenting dalam siklus perdagangan, investasi, lapangan kerja, serta perolehan pendapatan secara global. Industri ini berkisar pada siklus hidup produk yang pendek, perubahan permintaan konsumen karena dinamika mode, diferensiasi produk, dan pembangunan citra merek.

Deretan perusahaan pakaian terbesar berdasarkan nilai kapitalisasi pasar | Goodstats

Adapun, artikel ini akan membahas mengenai deretan merek pakaian berdasarkan kapitalisasi pasar terbesar di tahun 2023. Merujuk data Companies Market Cap, Louis Vuitton merajai perusahaan pakaian secara global dengan kapitalisasi pasar mencapai 448,06 miliar dolar AS atau setara Rp6.789 triliun (kurs: Rp15.153/dolar AS).

Selengkapnya, inilah daftar perusahaan pakaian terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar pada 2023.

1. LVMH

Potret salah satu toko Louis Vuitton di Ukraina | Viewimage/Shutterstock

LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton adalah perusahaan multinasional dan konglomerat Prancis yang berspesialisasi dalam barang-barang mewah. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 1987 melalui penggabungan Moët Hennessy, sebuah perusahaan anggur dan minuman beralkohol, serta Louis Vuitton, sebuah perusahaan yang dikenal dengan barang-barang kulit mewahnya.

Perusahaan ini memiliki lebih dari 60 anak perusahaan dan lebih dari 70 merek di bawah payungnya. Merek-merek ini termasuk nama-nama terkenal seperti Louis Vuitton, Dior, Celine, Bvlgari, Fendi, hingga Givenchy.

2. Nike

Potret salah satu toko Nike di Shanghai, China | Tada Images/Shutterstock

Nike adalah perusahaan multinasional Amerika yang bergerak dalam desain, manufaktur, pemasaran dan penjualan alas kaki, pakaian, peralatan, hingga aksesori di seluruh dunia. Perusahaan ini adalah salah satu pemasok sepatu dan pakaian atletik terbesar di dunia dan produsen utama peralatan olahraga.

Melansir Companies Market Cap, Nike menempati posisi kedua sebagai perusahaan pakaian dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia pada tahun 2023 mencapai 192,85 miliar dolar AS atau senilai Rp2.929 triliun.

3. Dior

Potret salah satu toko Dior di Paris, Prancis | HJBC/Shutterstock

Dior (Christian Dior) adalah perusahaan barang mewah Prancis yang merancang, memproduksi, dan menjual pakaian siap pakai, mulai dari barang-barang kulit, aksesoris mode, alas kaki, perhiasan, jam tangan, parfum, kosmetik, serta produk perawatan kulit. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1946 oleh Christian Dior, seorang perancang busana ternama asal Prancis.

Berdasarkan laporan, perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar senilai 159,97 miliar dolar AS atau setara dengan Rp2.429 triliun. Jumlah fantastis ini mengantarkan Dior menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar ketiga secara global pada 2023.

4. Inditex

Kantor pusat Inditex di Spanyol | Imaxe Press/Shutterstock

Dikenal sebagai grup mode terbesar di dunia, Inditex memiliki beberapa merek global seperti Zara, Massimo Dutti, Bershka, Oysho, dan Pull and Bear. Inditex berkantor pusat di Arteixo, Galicia, Spanyol. Adapun, perusahaan ini telah mengoperasikan lebih dari 7.200 toko di 93 pasar global.

Inditex menempati peringkat keempat dalam daftar perusahaan pakaian berdasarkan kapitalisasi pasar terbesar di dunia pada tahun 2023. Melansir Companies Market Cap, perusahaan ini memiliki nilai kapitalisasi mencapai 94,26 miliar dolar AS atau setara Rp1.431 triliun.

5. TJX Companies

Salah satu department store TJX Companies di Amerika Serikat | Hendrickson Photography/Shutterstock

The TJX Companies Inc adalah perusahaan department store multinasional Amerika, yang berkantor pusat di Framingham, Massachusetts. Perusahaan ini adalah pengecer pakaian dan mode rumahan terkemuka di Amerika Serikat dan di seluruh dunia. Produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini meliputi pakaian, alas kaki, tempat tidur, furnitur, perhiasan, produk kecantikan, hingga peralatan rumah tangga.

TJX Companies juga berhasil dalam meluncurkan platform e-commerce, yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja online. Perusahaan ini dikenal karena kemampuannya untuk menawarkan barang dagangan desainer dan bermerek dengan harga diskon. Kini, perusahaan ini tercatat telah mengoperasikan lebih dari 4.500 toko di sembilan negara.

Menurut data dari Companies Market Cap, TJX Companies memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai 92 miliar dolar AS atau senilai Rp1.396 triliun pada 2023. Ini menjadikan TJX Companies menempati posisi kelima dalam daftar perusahaan pakaian terbesar di dunia.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Asia Mendominasi Pasar Kosmetik Global Tahun 2022

Melansir data dari Statista kawasan Asia Utara mendominasi pasar kosmetik global tahun 2022, sebesar 32%.

Daftar Negara Paling Banyak Impor Barang E-Commerce hingga Larangan Beli Barang Luar Negeri di Bawah 1,5 Juta

Tiongkok menjadi negara paling banyak melakukan impor ke Indonesia via e-commerce.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X