Konten Video Jadi Tipe Konten Favorit Gen Z Indonesia dalam Menikmati Media Sosial

75 persen Gen Z pada survei IDN Media sepakat menyukai konten berbasis video di media sosial

Konten Video Jadi Tipe Konten Favorit Gen Z Indonesia dalam Menikmati Media Sosial Ilustrasi Gen Z menikmati konten media sosial bersama | View Apart/Shutterstock

Instagram, YouTube, dan TikTok masuk ke dalam daftar lima besar media sosial yang paling banyak digunakan oleh Gen Z (generasi yang lahir antara tahun 1997-2012) Indonesia. Instagram berada di puncak dengan persentase Gen Z yang menggunakan sebanyak 74 persen, YouTube di posisi dua dengan persentase 59 persen, dan Tiktok di posisi empat dengan persentase 40 persen.

Data tersebut diungkapkan IDN Media melalui lembaga risetnya IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix dalam laporan yang bertajuk "Indonesia Gen Z Report 2022" yang dirilis pada September 2022 lalu. Laporan ini secara umum menginformasikan ragam perilaku, gaya hidup, serta perspektif Gen Z Indonesia sepanjang tahun 2022.

"3 dari 4 Gen Z (74%) menggunakan Instagram setiap harinya. Ini sejalan dengan tren di AS (Amerika Serikat) di mana remaja dan dewasa muda lebih memilih Instagram daripada Facebook, karena yang terakhir lebih identik dengan media sosial orang tua. Bagi Gen Z, tujuan Instagram tidak hanya sosial, tetapi juga untuk penemuan dan sebagai platform belanja," tulis IDN Media dalam laporannya (29/9).

Menariknya, tiga dari empat besar media sosial yang paling sering digunakan Gen Z Indonesia merupakan media sosial berdasar pada konten audiovisual. Pada awalnya, Instagram memang dibuat sebagai media untuk berbagi foto.

Namun, seiring berjalannya waktu banyak fitur yang dikembangkan Instagram berfokus pada audiovisual seperti Instagram Story, IGTV (berdurasi panjang), dan Reels (video pendek). Fenomena ini membuktikan bahwa Gen Z kebanyakan lebih menyukai tipe konten yang berbasis audiovisual atau video.

Hal ini semakin diperkuat dengan salah satu bahasan pada laporan tersebut yang semakin mengisyaratkan bahwa Gen Z lebih nyaman dengan media sosial berbasis video. Dalam salah satu pertanyaan, 75 persen Gen Z sepakat menyukai konten berbasis video di media sosial.

Tipe konten yang mayoritas Gen Z Indonesia sukai | GoodStats

"Popularitas Instagram, YouTube, dan TikTok adalah karena preferensi Gen Z atas konten berbasis video dan konten streaming langsung. Ada juga beberapa platform yang berfokus pada live streaming seperti IDN Live, Bigo, Discord, dan Twitch," tulis IDN Media.

Konten berbasis siaran langsung menjadi jenis konten favorit kedua Gen Z Indonesia dengan persentase sebesar 13 persen. Sementara itu, konten berbasis audio seperti siniar dan lagu disukai 7 persen Gen Z dan konten berbasis teks hanya disukai 6 persen responden.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Bukan Kereta Api, Pesawat Jadi Angkutan Umum Terbanyak Digunakan Saat Mudik Lebaran 2024

Pada H-2 Lebaran, pengguna angkutan umum Lebaran 2024 terbanyak adalah pesawat sebanyak 274.967 orang atau 28,93 persen dari total penumpang angkutan umum.

Ada Lebih dari 10 Ribu Puskesmas di Indonesia, Terbanyak di Jawa Barat

Jawa Barat mempunyai puskesmas terbanyak di Indonesia, totalnya melebihi 1.000 unit. Meski begitu, distribusi puskesmas di Indonesia masih belum merata.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X