Kirgizstan dan 9 Negara Ini Miliki Tingkat Kepadatan Penduduk Terendah di Asia

Kirgizstan menempati urutan ke-8 daftar ini dengan kepadatan penduduk 36,37 jiwa/km². Sementara posisi puncak ditempati oleh Mongolia dengan angka 2,18 jiwa/km²

Kirgizstan dan 9 Negara Ini Miliki Tingkat Kepadatan Penduduk Terendah di Asia Rumah penduduk di Song-Kul, Kirgizstan | Unsplash/Oziel Gomez

Asia merupakan benua terbesar di dunia baik dari segi luas wilayah maupun populasi. Di tahun 2022 World Bank memperkirakan, luas daratan Asia mencakup 30% luas daratan global dan jumlah penduduknya mewakili 60% populasi di seluruh dunia.

Selain itu, Asia juga tercatat sebagai benua dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi. Kepadatan penduduk merupakan ukuran jumlah penduduk yang tinggal per satuan luas daratan.

Ukuran demografi ini, kerap menjadi isu penting yang dirujuk dalam perumusan kebijakan di suatu wilayah, sebab memiliki dampak signifikan khususnya pada persoalan menyangkut pembangunan, penggunaan sumber daya, serta lingkungan.

Negara-negara dengan luas daratan yang relatif kecil seperti Makau, Singapura, Hong kong adalah sejumlah negara yang memiliki tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Asia bahkan di dunia.

Di sisi lain, tingkat kepadatan penduduk yang rendah dicatatkan di negara-negara dengan luas daratan yang relatif besar seperti Kazakhstan, Arab Saudi, dan Iran.

Termasuk ketiga negara tersebut, berikut daftar 10 negara dengan tingkat kepadatan penduduk terendah di Asia.

10. Afghanistan

Kabul, Afghanistan | Unsplash/Farid Ershad
Kabul, Afghanistan | Unsplash/Farid Ershad

Negara yang terkurung daratan di antara Asia Tengah dan Asia Selatan ini memiliki populasi penduduk sebesar 41,13 juta jiwa dengan luas 652 ribu km² yang didominasi pegunungan.

Tingkat kepadatan penduduk di Afghanistan merupakan salah satu yang terendah di Asia dengan 63,06 jiwa/km².

9. Iran

Teheran, Iran | Unsplash/Sajad Nori

Iran merupakan salah satu negara terbesar di Asia dengan jumlah populasi 88,55 juta jiwa dan luas daratan mencapai 1,62 juta km².

Negara yang berbatasan langsung dengan Afghanistan di bagian timur ini memiliki tingkat kepadatan penduduk 54,58 jiwa/km². Sama halnya dengan Afghanistan, lanskap Iran juga didominasi oleh barisan pegunungan terjal.

8. Kirgizstan

Bishkek, Kirgizstan | Unsplash/Adam Lisan

Terletak di jantung Asia Tengah, negara yang beribukota di Bishkek ini memiliki luas sekitar 192 km² dan didiami 6,98 juta penduduk.

Wilayahnya terkurung daratan dan sebagian besar merupakan pegunungan, yang mencakup lebih dari 80% luas negara ini. Tingkat kepadatan penduduk di Kirgizstan ada di angka 36,37 jiwa/km², menjadi yang terendah ke-8 di Asia.

7. Laos

Vientiane, Laos | Unsplash/Molydar Souama

Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang wilayahnya terkurung daratan. Selain itu, tingkat kepadatan penduduk di Laos juga menjadi yang terendah di kawasan dengan 32,62 jiwa/km².

Jumlah populasi di negara yang beribukota di Vientiane ini sebanyak 7,53 juta jiwa dengan luas wilayah 231 km².

6. Bhutan

Thimphu, Bhutan | Unsplash/Pema Gyamtsho

Bhutan, negara pegunungan di Asia Selatan ini menempati urutan selanjutnya dengan tingkat kepadatan penduduk 20,52 jiwa/km².

Bhutan memiliki luas wilayah 38 ribu km² yang terkurung daratan Tiongkok di utara, dan India di selatan. Populasinya merupakan salah satu yang terendah di Asia dengan 782 ribu jiwa.

5. Arab Saudi

Jeddah, Arab Saudi | Unsplash/Backer Sha

Dengan karakteristik wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan, Arab Saudi merupakan negara terluas ke-4 di Asia dengan total luas daratan mencapai 2,15 juta km² dan didiami sekitar 36,41 juta jiwa.

Negara di Asia Barat yang terkenal akan kekayaan minyak dan gas buminya ini, memiliki tingkat kepadatan penduduk yang rendah di angka 16,94 jiwa/km².

4. Oman

Muskat, Oman | Unsplash/Arisa S

Terletak di bagian tenggara Semenanjung Arab, Oman memiliki luas daratan 310 km² dan berpenduduk sekitar 4,58 juta jiwa, menjadikannya negara dengan tingkat kepadatan penduduk terendah di Asia Barat dan terendah ke-4 di Asia dengan 14,79 jiwa/km².

Bagian tengah hingga selatan Oman sebagian besar ditutupi oleh dataran gurun, sementara di bagian utara di mana ibukotanya – Muskat – berada, tertutup oleh barisan pegunungan yang memanjang hingga Yaman di tepi barat daya Semenanjung Arab.

3. Turkmenistan

Ashgabat, Turkmenistan | Pinterest/Travel Fund

Dengan jumlah penduduk sebanyak 6,43 juta jiwa, Turkmenistan merupakan negara yang memiliki populasi penduduk terendah di Asia Tengah.

Sekitar 70% wilayah negara ini merupakan dataran rendah berupa gurun. Luas daratannya sebesar 470 km² dengan tingkat kepadatan penduduk 13,68 jiwa/km², terendah ke-3 di Asia.

2. Kazakhstan

Nur-Sultan, Kazakhstan | Unsplash/Kate Ibragimova

Kazakhstan merupakan negara terbesar ke-3 di Asia dari segi luas. Teritorialnya membentang di Asia Tengah, dan sebagian kecil masuk ke dalam wilayah Eropa Timur.

Sepertiga wilayahnya merupakan kawasan stepa, tanah datar kering yang terdiri dari hamparan padang rumput luas dan daerah berpasir.

Luas daratan Kazakhstan mencapai 2,70 juta km² dan didiami oleh sekitar 19,62 juta penduduk, menjadikannya negara dengan kepadatan penduduk terendah ke-2 di Asia, di angka 7,27 jiwa/km².

1. Mongolia

Ulan Bator, Mongolia | Unsplash/Duku Fill

Negara yang terkurung daratan di Asia Timur ini memiliki wilayah seluas 1,56 juta km² dengan populasi penduduk hanya sebanyak 3,40 juta jiwa, menjadikannya negara dengan tingkat kepadatan penduduk terendah di Asia maupun di dunia, yakni 2,18 jiwa/km².

Karakteristik iklim dan wilayah di Mongolia cukup bervariasi, sebagian besar ditutupi stepa padang rumput, dengan hamparan gurun pasir di bagian selatan, dan barisan pegunungan di bagian utara hingga barat.

Kondisi iklim dan geografis ini yang menyebabkan kehidupan berpindah-pindah, atau nomaden masih banyak dijalankan masyarakat rural Mongolia hingga saat ini.

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X