Ketupat vs Opor Ayam, Apa Hidangan Favorit Orang Indonesia saat Idul Fitri 2024?

Dari opor ayam hingga sate, berikut makanan favorit masyarakat Indonesia untuk hidangan Idul Fitri!

Ketupat vs Opor Ayam, Apa Hidangan Favorit Orang Indonesia saat Idul Fitri 2024? Ilustrasi Hidangan Idul Fitri. Photo from Canva

Idul Fitri menjadi hari yang ditunggu-tunggu seluruh Muslim di dunia, termasuk Muslim di Indonesia. Sebab, Idul Fitri menjadi hari kemenangan setelah satu bulan menunaikan ibadah puasa.

Pada saat Idul Fitri, terdapat hidangan khas yang kerap disajikan untuk merayakan hari kemenangan tersebut. Goodstats bersama tSurveyid melakukan survei terkait hal tersebut dengan bantuan 1000 responden dari berbagai provinsi di Indonesia.

Berikut hidangan favorit masyarakat Indonesia saat Idul Fitri 2024, ada apa saja?

1. Opor Ayam

Ilustrasi Opor Ayam. Photo from Canva
Ilustrasi Opor Ayam. Photo from Canva

Opor Ayam nampaknya tidak bisa terlewat jadi hidangan wajib saat Idul Fitri. Rasa kuah kental santan yang khas dipadukan dengan empuknya daging ayam lantas menjadikan opor ayam sebagai hidangan favorit masyarakat Indonesia di hari raya.

Berdasarkan survei Goodstats dengan menggunakan platform survei tSurvey, opor ayam memperoleh suara sebesar 37,3% dari berbagai responden di seluruh Indonesia. Perolehan suara yang major berhasil mengukuhkan posisi opor ayam sebagai hidangan favorit Idul Fitri 2024 di peringkat satu.

Rupanya, opor ayam merupakan hasil modifikasi kuliner budaya Indonesia dari budaya luar. Dipercaya bahwa opor ayam erat kaitannya dengan kuliner Arab dan India, di mana kedua negara tersebut kerap menggunakan gulai dan dan kari sebagai kuliner utama. Modifikasi kuliner dari kedua negara tersebut lantas melahirkan opor ayam, hidangan khas hari raya yang terdiri dari ayam dan kuah santan gurih.

2. Ketupat

Ilustrasi Ketupat. Photo from Canva
Ilustrasi Ketupat. Photo from Canva

Siapa yang tidak menyajikan ketupat untuk merayakan Hari Kemenangan? Ketupat, sajian yang berasal dari beras yang dicetak dalam daun kelapa berbentuk wajik ini juga tidak kalah populer sebagai hidangan favorit masyarakat Indonesia pada saat Idul Fitri. Nasi dengan tekstur padat ini cocok untuk disajikan bersama opor ayam, sayur labu maupun lauk dan sayur khas hari raya lainnya.

Goodstats bersama platform survei tSurvey Indonesia menunjukkan bahwa ketupat berhasil memperoleh peringkat kedua sebagai hidangan favorit orang Indonesia kala Idul Fitri. Pada hasil survei tahun 2024, ketupat memperoleh suara sebesar 33,8% yang mana hasil suara ini tidak berbeda jauh dari hasil suara opor ayam si hidangan favorit nomor satu.

Tidak hanya di Indonesia, ketupat juga kerap menjadi hidangan khas Idul Fitri di negara tetangga, yakni Malaysia. Negeri Jiran itu bahkan memiliki beragam jenis ketupat, seperti ketupat nasi, ketupat ketan dan nasi impit.

3. Rendang

Ilustrasi Rendang. Photo from Canva
Ilustrasi Rendang. Photo from Canva

Selain populer sebagai hidangan khas hari raya, rendang juga populer secara internasional karena sempat menjadi salah satu makanan paling enak di dunia versi CNN. Nampaknya kelembutan daging yang dipadukan bumbu gurih khas Minangkabau berhasil memanjakan lidah pecinta kuliner Indonesia maupun luar negeri.

Apabila melihat survei Goodstats dan tSurvey Indonesia, hidangan khas Minangkabau ini berhasil mendapatkan suara sebesar 14,8% dari responden di berbagai provinsi di Indonesia. Hasil suara yang nyaris mencapai 15% tersebut menjadikan rendang berada di posisi ketiga sebagai hidangan favorit masyarakat Indonesia saat Idul Fitri.

4. Sambal Goreng Kentang atau Ati

Ilustrasi Sambal Goreng Kentang atau Ati. Photo from Canva
Ilustrasi Sambal Goreng Kentang atau Ati. Photo from Canva

Beberapa orang awam kadang tidak mengetahui apa itu sambal goreng kentang atau sambal goreng ati. Padahal, hidangan ini sangat populer di kalangan Muslim Indonesia saat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Sambal goreng kentang merupakan masakan yang terbuat dari kentang yang dipotong berbentuk dadu dan digoreng sebentar hingga setengah matang. Setelah ditiriskan, kentang dimasak kembali dengan campuran bumbu berupa cabai, bawang putih, bawang merah dan rempah lainnya yang dihaluskan menggunakan blender. Ketika dimasak kembali, bumbu cabai akan tercampur dan menyerap ke dalam kentang sehingga memberikan cita rasa pedas nan gurih. Di beberapa daerah, sambal goreng kentang ditambahkan bahan lain seperti potongan hati ayam hingga petai.

Berdasarkan survei Goodstats dan tSurvey Indonesia, sambal goreng kentang atau ati menempati urutan keempat sebagai hidangan favorit masyarakat Indonesia saat Idul Fitri dengan perolehan suara sebanyak 5%.

5. Sate

Ilustrasi Sate. Photo from Canva
Ilustrasi Sate. Photo from Canva

Selain menjadi makanan street food atau hidangan restoran eksklusif, sate juga menjadi hidangan merakyat yang disajikan saat hari raya. Berdasarkan survei Goodstats dan tSurvey, sate meraih peringkat kelima sebagai hidangan favorit orang Indonesia saat lebaran dengan perolehan suara sebesar 3,2%.

Sate sendiri tidak hanya berpaku pada bahan daging sapi, tapi bisa juga menggunakan daging ayam dan kambing. Untuk menambahkan cita rasa gurih dan manis, sate dilengkapi bumbu kecap hingga bumbu kacang. Bumbu tersebut dapat menjadi olesan ketika sate dibakar ataupun menjadi bumbu pelengkap saat dihidangkan.

Saat perayaan Idul Fitri, sate kerap disajikan dengan nasi panas maupun ketupat yang telah dipotong-potong.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Jaya Ancol Alami Penurunan Pendapatan pada Kuartal I 2024

Momen puasa dan bulan Ramadan menyebabkan berkurangnya jumlah pengunjung, yang berperan signifikan dalam penurunan pendapatan dan laba Jaya Ancol.

Bea Cukai Mendapatkan 705 Aduan dari Masyarakat Sepanjang Tahun 2023

Berbagai jenis aduan mulai dari pelanggaran bea cukai, hingga pelayanan yang dinilai kurang, menjadi sorotan untuk perbaikan sistem pelayanan bea cukai.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X