Kenalan Bareng Tiga Aplikasi AI Paling Banyak Digunakan Masyarakat

Tercatat tiga aplikasi Ai teratas dengan akses terbanyak. Ketiganya memiliki fungsi operasional berbeda. Kenalan dengan ketiganya untuk memudahkan pekerjaanmu!

Kenalan Bareng Tiga Aplikasi AI Paling Banyak Digunakan Masyarakat Sumber: Freepik

Masyarakat Indonesia dengan status pekerja maupun pengusaha tercatat sebanyak 45% telah mengakses aplikasi Ai sebagai “sohib” mereka dalam menuntaskan pekerjaan. Fakta tersebut pun diperinci lebih detil lagi dengan pemeringkatan aplikasi Ai berdasarkan jumlah akses terbanyak pada 2023 oleh Populix.

Terdapat tujuh aplikasi yang diidentifikasi menjadi aplikasi Ai populer per 2023. Chat GPT seolah-olah menegaskan tren pasar dengan “merajai” survei tersebut, sebanyak 52% disusul dengan Copy.ai sebanyak 49% akses oleh masyarakat, sedangkan Outmatch menjadi aplikasi yang masih menduduki peringkat terbawah dengan total akses sekadar 11%.

Kenalan dengan Tiga Aplikasi Ai Teratas, “Si Paling Sohib” Masyarakat!

1. Chat GPT

Rilis per November 2022 oleh OpenAi, Chat GPT sempat menjadi topik hangat di kalangan pengguna media sosial. Perilisannya menjadi satu hal yang disambut dengan “gelombang pro-kontra” di kalangan masyarakat. Pro-kontra tersebut tidak terlepas dari persoalan etika dalam pengunaan aplikasi tersebut.

Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer) merupakan kecerdasan buatan dalam bentuk chatbot. Berdasarkan jenisnya tersebut, pengguna biasanya mengakses aplikasi tersebut dalam bentuk prompting atau pengguna hanya perlu memberikan “instruksi” dalam bentuk tulisan, sesuai pernyataan Sam Altman bahwa aplikasi ini memang diproduksi untuk mengerti “bahasa manusia”.

Persoalan etika yang pernah ramai diperdebatkan pun hingga saat ini oleh masyarakat dunia maya direspon tegas oleh Sam Altman, bahwa meskipun Chat GPT merupakan produk “kecerdasan” buatan tetapi aplikasi ini tidak seharusnya diyakini mampu melampaui sistem berpikir manusia itu sendiri.

Sam Altman menegaskan bahwa eksistensi Chat GPT tidak sepenuhnya berbeda dengan gelombang baru yang pernah terjadi saat hadirnya Google sebagai sebuah mesin pencarian.

“Masyarakat hanya perlu merangkul kemajuan teknologinya, dengan alat yang baik maka seharusnya berusaha semakin meningkatkan kreativitas dan potensinya sebagai manusia, selaras dengan semakin meningkatnya inovasi-inovasi teknologinya” ujar Sam dengan produk kecerdasan buatannya yang dapat menghasilkan karya musik, mengerjakan sistem pengkodean, dan ide kampanye.

2. Copy.ai

Terbilang sebagai “sohib” para copywriter, penulis, pemasar, maupun para pembuat konten lainnya. Aplikasi Ai ini memiliki konsentrasi untuk membantu dan memudahkan para “penulis digital” saat ini mencapai efektivitas dan efesiensi produktivitasnya.

Aplikasi dengan jenis prompting ini cukup berbeda dengan Chat GPT, yaitu berhubungan dengan fokus atau lingkup pengerjaannya. Chat GPT masih tidak menegaskan fokus konsentrasinya pada bidang tertentu, sedangkan Copy.ai mengkhususkan pengerjaannya pada aktivitas kepenulisan termasuk penulisan blog, deskripsi produk, email/surat elektronik lainnya, dan sebagainya.

Eksistensi aplikasi ini tentunya juga relevan dengan eksisnya tren pekerjaan pada bidang pemasaran itu sendiri. Glints merilis bahwa profesi pada lingkup pemasaran digital termasuk copywriter, content writer, dan sebagainya termasuk sebagai tren pekerjaan digital per 2023.

3. Luminar Ai

Luminar Ai menduduki tangga tiga besar aplikasi Ai berdasarkan akses terbanyak di Indonesia, dengan performa yang cukup berbeda dengan dua peringkat sebelumnya. Luminar Ai menempatkan dirinya pada perangkat lunak dengan fokus pengerjaan yaitu pengeditan gambar.

Aplikasi ini dapat diperhitungkan menjadi “rekan kerja” bagi para pekerja dengan latar belakang sebagai editor gambar, fotografer, atau pekerja dengan deskripsi pekerjaan yang relevan.

Aplikasi ini memang merupakan aplikasi berbayar tetapi pemasarannya menjamin kepuasan pengalaman berbeda yang akan dialami pengguna, dibandingkan dengan penggunaan aplikasi editor gambar sebagai pendahulu Luminar Ai seperti Photoshop, Lightroom, maupun aplikasi editor gambar lainnya.

Luminar Ai dianggap sebagai terobosan aplikasi cerdas buatan pada lingkup editor gambar yang berhasil menggabungkan teknologi khas masa lalu tetapi bergerak maju ke masa depan dalam menciptakan inovasi pengalaman pengeditan gambar dengan kecerdasan buatan.

Berdasarkan pemeringkatan aplikasi Ai di atas, aplikasi apa yang sejauh ini sudah "setia" menjadi rekan kerjamu?

Penulis: Andini Rizka Marietha
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Siap Bersaing di Pasar Produksi Baterai Kendaraan Listrik Global

Pabrik baterai kendaraan listrik milik Hyundai-LG Indonesia (HLI) Green Power akan mulai beroperasi di Indonesia. Siapa saja rival produksi mereka?

Bukan Apple, Kini Samsung Merajai Penjualan Ponsel Pintar Global Kuartal I 2024

Pasar ponsel pintar terus berkembang dengan persaingan yang semakin ketat di antara berbagai merek terkemuka.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X