Jumlah Penumpang MRT Jakarta Tembus 19,7 Juta Orang Sepanjang 2022, Jauh Lampaui Target dan Capaian 2021

Perusahaan kereta MRT pertama di Indonesia tersebut mencatat berhasil mendapatkan total 19.776.064 penumpang sepanjang 2022.

Jumlah Penumpang MRT Jakarta Tembus 19,7 Juta Orang Sepanjang 2022, Jauh Lampaui Target dan Capaian 2021 Suasana dalam rangkaian kereta MRT Jakarta | Irwan Citrajaya/MRT Jakarta

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Transportasi DKI Jakarta, PT MRT Jakarta baru saja melaporkan jumlah penumpangnya selama 2022 pada Senin (9/1). Perusahaan kereta MRT pertama di Indonesia tersebut mencatat berhasil mendapatkan total 19.776.064 penumpang sepanjang 2022 berlangsung atau sekitar lebih dari 50 ribu penumpang per harinya.

Angka realisasi keterangkutan penumpang MRT Jakarta sepanjang 2022 | GoodStats

Angka ini naik sekitar 12 juta penumpang atau 178 persen dibanding angka keterangkutan penumpang pada 2021 lalu yang mencapai 7,1 juta orang. Selain itu, angka ini juga melampaui target yang telah ditetapkan PT MRT Jakarta pada awal tahun lalu, yaitu sekitar 14,6 juta orang atau memiliki rerata harian 40 ribu penumpang.

Menanggapi hal tersebut, pihak PT MRT Jakarta menyebut capaian ini menunjukkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta. Oleh karenanya, MRT Jakarta menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat atas dukungan penuhnya terhadap MRT Jakarta.

"PT MRT Jakarta (Perseroda) menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan dukungan penuh atas kepercayaan terhadap layanan MRT Jakarta dan mitra-mitra pengumpannya sehingga lebih banyak orang yang menggunakan MRT Jakarta, dan transportasi publik lainnya, dalam mobilitas sehari-hari," tulis MRT Jakarta dalam keterangan resminya (9/1).

"Untuk menaikkan angka keterangkutan, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata. Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti PPD, Tebengan, Gojek, Grab, Transjakarta dan yang terbaru, Swoop," lanjutnya.

MRT Jakarta mengeklaim, kolaborasi dengan sejumlah operator angkutan pengumpan ini berhasil menyumbang sekitar 13 persen dari total angka keterangkutan sepanjang 2022. Tak berhenti di sana, pihaknya juga menyebut kolaborasi ini dapat mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing).

Sepanjang 2022, tercatat pula ada sekitar 87.072 jumlah perjalanan kereta MRT Jakarta. Dari total 87 ribu perjalanan tersebut, MRT Jakarta mencatatkan persentase ketepatan waktu yang cukup cemerlang dibanding beberapa moda transportasi lain di Indonesia.

Persentase ketepatan waktu MRT Jakarta sepanjang 2022 | GoodStats

MRT Jakarta mengungkapkan persentase ketepatan waktu kedatangan kereta antarstasiun mencapai angka 99,95 persen. Bahkan, persenase ketepatan waktu kereta berhenti di stasiun mencapai angka yang nyaris sempurna, yakni 99,98 persen. Sementara itu, persentase ketepatan waktu tempuh kereta mencapai angka 99,94 persen.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X