10 Besar Ranking BWF Tunggal Putra Terbaru

Perubahan banyak terjadi pada posisi 10 besar

10 Besar Ranking BWF Tunggal Putra Terbaru Anthony Sinisuka Ginting | PBSI

BWF baru saja kembali memperbarui ranking dunia bulu tangkis kelima nomor tanding, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran pada Selasa (13/6). Pada pembaruan kali ini, banyak perubahan yang terjadi, khususnya pada ranking 10 besar nomor tunggal putra.

Sebelum pembaruan ranking ini dilakukan, sebagian besar pemain baru saja menyelesaikan salah satu turnamen yang tergabung dalam BWF World Tour 2023, yakni Singapore Open 2023. Pada turnamen yang berstatus Super 750, wakil Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berhasil menjadi juara pada nomor tunggal putra.

Pada babak final, Ginting berhasil menang atas wakil Denmark Anders Antonsen dengan skor akhir 21-16 dan 21-13. Sebelumnya, Ginting berhasil menembus babak final setelah mengalahkan wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn dengan skor akhir 19-21, 21-11, dan 6-1 karena Vitidsarn harus mengalami cedera.

Berkat hasil ini, nama Ginting masih berada di posisi dua besar dalam ranking dunia BWF nomor tunggal putra pada pembaruan terbaru dengan total poin 86.211. Di atas Ginting, wakil Denmark Viktor Axelsen masih mendominasi dengan total poin 103.005 atau unggul sekitar 17 ribu-an poin dari Ginting.

Lawan Ginting di semifinal Singapore Open, Vitidsarn saat ini juga masih berada di posisi tiga besar dengan poin 78.278. Tak hanya Vitidsarn, Kodai Naraoka (Jepang) dan Loh Kean Yew (Singapura) juga masih berada di posisi 4 dan 5 secara berturut-turut dengan total poin masing-masing 76.365 dan 71.682.

Perubahan banyak terjadi pada posisi 10 besar. Nama wakil China Shi Yu Qi yang sebelumnya berada di posisi 9, kini naik drastis sebanyak tiga tingkat ke posisi 6 besar dunia dengan poin 70.554. Akibat ranking Shi Yu Qi yang naik drastis, maka penurunan ranking terjadi pada Jonatan Christie (Indonesia), Chou Tien Chen (China Taipei), dan Prannoy H.S. (India) yang harus turun satu peringkat ke posisi 7 hingga 9.

Senasib dengan Shi Yu Qi, wakil China lain Li Shi Feng juga berhasil naik peringkat ke posisi 10 besar, setelah sebelumnya pemain tersebut berada di posisi 12 besar. Li Shi Feng saat ini mengoleksi 60.738 poin, menggeser wakil Malaysia Lee Zii Jia dan wakil Jepang Kenta Nishimoto di posisi 11 dan 12.

Pada Indonesia Open yang akan digelar pada Selasa (13/6) hingga Minggu (18/6) di Istora Gelora Bung Karno, pemain-pemain bertitel 10 besar yang akan turut bertanding antara lain Viktor Axelsen, Anthony Ginting, Kodai Naraoka, Loh Kean Yew, Chou Tien Chen, Jonatan Christie, Prannoy H.S., dan Lee Zii Jia.

Bicara mengenai persiapannya, tunggal putra terbaik Indonesia saat ini, Anthony Ginting mengungkapkan bahwa dirinya tak akan menganggap remeh tiap laga demi laga. Sebab, dirinya menyebut banyak pemain top yang akan turun pada turnamen Indonesia Open kali ini.

"Targetnya tentu ingin bisa membawa keberhasilan waktu di Kejuaraan Asia kemarin ke Indonesia Open nanti. Tapi memang harus lebih fokus dari satu match ke match lain karena seperti yang kita ketahui semua pemain top akan datang," kata Ginting dilansir Detik (23/5) lalu.

Jadi saya anggap semua match yang dilakukan nanti adalah match final yang harus diwaspadai setiap apapun dan siapapun lawannya,” lanjutnya.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hasil Indonesia Open 2023: Satu-Satunya Wakil Indonesia di Final Belum Berhasil Juara

Satu-satunya wakil Indonesia di final, Anthony Sinisuka Ginting harus takluk dari pemenang tunggal putra 2 edisi terakhir asal Denmark, Viktor Axelsen

Meski Belum Juara Lagi Selama 10 Edisi, Gelar Indonesia di Tunggal Putra Indonesia Open Masih Jadi yang Terbanyak

Indonesia memang belum berhasil meraih podium tertinggi di nomor tunggal putra setelah terakhir kali dicatatkan oleh Simon Santoso pada edisi 2012 lalu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook