Jawa Barat: Provinsi dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Indonesia

Berdasarkan data pada Desember 2023 sebanyak 17,78% penduduk di Indonesia berada di Jawa Barat, atau setara dengan 49,9 juta jiwa, paling banyak di Indonesia.

Jawa Barat: Provinsi dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Indonesia Ilustrasi penduduk yang padat | Antara

Berdasarkan data kependudukan dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk di Indonesia pada Desember 2023 mencapai 280,73 juta jiwa. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 275,77 juta jiwa.

Dari total populasi tersebut, komposisi penduduk Indonesia berdasarkan jenis kelamin terbagi hampir merata. Sekitar 50,47% dari total penduduk adalah laki-laki, yang berarti ada sekitar 141,67 juta jiwa laki-laki di Indonesia. Sementara itu, 49,53% penduduk adalah perempuan, atau sekitar 139,05 juta jiwa.

10 provinsi jumlah penduduk terbanyak (Desember 2023) | Goodstats

Jika dilihat dari sebaran setiap provinsi, jumlah penduduk terbanyak masih berada di Pulau Jawa, khususnya di Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 17,78% penduduk di Indonesia berada di Jawa Barat, atau setara dengan 49,9 juta jiwa. Jawa Barat memegang posisi sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, diikuti oleh Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara.

Sejak 10 tahun terakhir, Jawa Barat terus mempertahan posisi sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak. Berikut adalah tren pertumbuhan penduduk di Indonesia sejak tahun 2012 berdasarkan provinsi dengan jumlah penduduk tertinggi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, DKI Jakarta, dan Banten.

Pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia menurut provinsi (2013-2022) | Goodstats

Jumlah penduduk yang besar di Jawa Barat membawa berbagai dinamika dan tantangan. Jawa Barat harus menghadapi berbagai isu seperti urbanisasi yang cepat, kepadatan penduduk yang tinggi di daerah perkotaan, dan kebutuhan akan infrastruktur yang memadai.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Barat juga tercatat sebagai provinsi yang menerima migrasi seumur hidup penduduk paling banyak sepanjang tahun 2020-2022, yaitu mencapai 5,18 juta orang. Banyaknya pusat-pusat industri seperti Bekasi, Cikarang, dan Karawang menjadi salah satu alasan Jawa Barat mengalami lonjakan penduduk.

Migrasi ini tidak hanya meningkatkan jumlah penduduk tetapi juga mempercepat pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi di Jawa Barat.

Sejalan dengan banyaknya penduduk di Jawa Barat, provinsi ini juga menjadi provinsi dengan kepadatan penduduk tertinggi setelah DKI Jakarta. Kepadatan penduduk di Jawa Barat tersebar di kota-kota besar seperti Bandung, Depok, dan Bogor.

Pada tahun 2023, Kabupaten Bogor memiliki jumlah penduduk terbanyak di Jawa Barat, yaitu sebanyak 5,6 juta jiwa. Kota Bandung mengikuti dengan jumlah penduduk terbanyak kedua, yaitu sebanyak 3,7 juta jiwa.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal Dunia Mencapai 112 Orang

Menuju puncak Haji 2024, kesehatan dan keselamatan jemaah haji Indonesia menjadi perhatian pemerintah.

Kemasan Daging Kurban Jadi Perhatian Umat Muslim Indonesia

Meski sepele, kemasan daging kurban nyatanya memiliki perhatian khusus di mata umat Muslim Indonesia. Mayoritas menggunakan plastik dan daun pisang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X