Japan Open 2022: Tuan Rumah Sabet Dua Gelar, Tak Ada Wakil Indonesia di Semifinal

Japan Open 2022 menghasilkan dua gelar untuk tuan rumah Jepang lewat wakilnya di tunggal putra dan putri, Kenta Nishimoto dan Akane Yamaguchi.

Japan Open 2022: Tuan Rumah Sabet Dua Gelar, Tak Ada Wakil Indonesia di Semifinal Pasangan Dechapool/Sapsiree ketika menjuarai BWF World Tour Finals 2021. Pasangan ini juga juara pada Japan Open 2022 | PP PBSI

Turnamen bulu tangkis terbuka ke-15 dari BWF World Tour 2022, Japan Open 2022 baru saja usai Minggu (4/9) sore waktu Osaka, Jepang. Turnamen berlabel Super 750 ini telah digelar sejak 30 Agustus lalu di Maruzen Intec Arena, Osaka.

Japan Open 2022 menghasilkan dua gelar untuk tuan rumah Jepang lewat wakilnya di tunggal putra dan putri, Kenta Nishimoto dan Akane Yamaguchi. Sementara tiga gelar lainnya disabet oleh wakil China Liang Weikeng/Wang Chang (ganda putra), wakil Korea Selatan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong (ganda putri), serta wakil Thailand Dechapol/Sapsiree (ganda campuran).

Ganda putri Korea Jeong/Kim menjadi wakil pertama yang memenangkan gelar setelah berhasil mengalahkan rekan senegaranya Baek/Lee dengan skor 23-21 dan 28-26. Sebelumnya, sang kampiun mengalahkan pasangan Korea lain yakni Kim/Kong dan Baek/Lee mengalahkan unggulan pertama dunia asal China Chen/Jia.

Ganda campuran menjadi giliran kedua dalam babak final. Pasangan Thailand yang akrab disapa Bass/Popor tersebut berhasil menundukkan wakil Jepang sekaligus unggulan ketiga dunia, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor akhir 16-21, 23-21, dan 21-17. Saat ini, Bass/Popor memegang titel sebagai unggulan kedua dunia

Negara yang biasa menyumbang banyak gelar di tiap turnamen BWF World Tour yakni China kali ini hanya berhasil mendapatkan satu gelar lewat sektor ganda putra. Liang/Wang berhasil memperebutkan gelar tersebut dari pasangan unggulan ketujuh dunia asal Denmark, Kim Astrup/Anders S. Rasmussen dengan skor 21-18, 13-21, dan 21-17.

Tuan rumah mendominasi sektor tunggal setelah Kenta Nishimoto berhasil mengalahkan wakil China Taipei Chou Tien Chen dengan skor akhir 21-19, 21-23, dan 21-17. Sementara di sektor tunggal putri giliran Akane Yamaguchi yang berhasil menumbangkan wakil Korea Selatan An Se Young dengan skor akhir cukup telak yakni 21-9 dan 21-15.

Hasil Japan Open 2022 | GoodStats

Dengan hasil ini, maka tuan rumah berhasil mendapatkan 2 gelar dan 1 runner-up, disusul Korea Selatan yang berhasil mendapatkan 1 gelar, 2 runner-up dan 3 semifinalis. Sementara itu, China berhasil mendapat 1 gelar dan 5 semifinalis.

Menariknya, tidak ada wakil Indonesia sejak babak semifinal setelah lima wakil terakhir Merah Putih harus terhenti di babak perempat final. Kelima wakil tersebut antara lain Apriyani/Fadia, Febriana/Amalia, Chico Aura, Gregoria Mariska, dan Fajar/Rian.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Koleksi Gelar Thomas dan Uber Cup: China dan RI Paling Banyak

Indonesia memiliki koleksi Piala Thomas terbanyak yaitu 14 gelar juara, sedangkan China memiliki koleksi Piala Uber terbanyak yaitu 16 gelar juara.

Update Ranking BWF Usai Piala Thomas dan Uber 2024

Setelah Piala Thomas dan Uber 2024, Komang Ayu menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang berhasil naik 5 peringkat pada kategori tunggal putri.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook