GoodStats
Pencarian
Masuk

Jajaran Negara Paling “Positif” di Dunia, Indonesia Nomor Dua

Gallup, Inc. yang merupakan perusahaan jajak pendapat asal Amerika Serikat, merilis data negara dengan emosi positif dan negatif 2021. Indonesia nomor dua.

Jajaran Negara Paling “Positif” di Dunia, Indonesia Nomor Dua Ilustrasi Positivitas | Unsplash/Katrina Wright

Emosi positif tentu saja menjadi hal yang dibutuhkan setiap insan. Ternyata, ada perusahaan yang mengukur tingkat emosi positif atau negatif dari setiap negara di dunia. Gallup, Inc. adalah perusahaan konsultasi manajemen kinerja global asal negeri “Paman Sam” yang bergerak dalam penyajian data sektor jajak pendapat dalam skala global. Perusahaan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1935 dan digagas oleh George Horace Gallup seorang statistikawan Amerika dan guru besar di Universitas Drake pada tahun 1929.

Perusahaan Gallup,.Inc.melalui “Gallup Global Emotions Report 2022” merilis data emosi setiap negara berdasarkan Indeks Positivitas setiap negara. Makin tinggi angka indeks positivitas tersebut, artinya negara tersebut memiliki banyak emosi positif. 

Sebelum masuk ke dalam data, Jon Clifton yang menjabat sebagai CEO Gallup, Inc. berpesan bahwa banyak rekor dunia yang dipecahkan di tahun 2021. Mulai dari laba perusahaan, emisi karbon hingga suhu lautan, berada di puncak rekor sejarah pada tahun 2021. Tak hanya sampai disitu, pada 2021 banyak terjadi perang, inflasi dan pandemi, tentu saja hal tersebut mempengaruhi emosi setiap manusia. Paparnya pada halaman tiga sebelum mengawali lembaran laporan itu.

Berdasarkan data tersebut, Panama berhasil berada di posisi pertama sebagai negara dengan emosi positif terbaik dengan indeks positivitas di angka 85. Tidak mengejutkan, Indonesia yang dikenal dengan negara yang ramah dan damai bisa berada di posisi ke-dua sebagai negara dengan emosi positif terbaik se-dunia pada tahun 2021. Selain Panama dan Indonesia, Paraguay dan El Salvador menjadi negara yang berada di peringkat tiga dan empat perihal emosi positif, dengan masing-masing indeks positivitas di angka 84 dan 82.

Gallup, Inc. juga merilis data negara dengan indeks positivitas paling rendah, artinya negara dengan indeks positivitas rendah memiliki emosi yang cenderung negatif. Sayangnya, negara-negara dengan emosi negatif didominasi oleh berbagai negara Timur Tengah.

Afghanistan menjadi negara dengan emosi paling negatif se-dunia dengan indeks positivitas di angka 31. Lebanon dan Turki rupanya berada di peringkat 2 dan 3 dalam konteks negara dengan emosi negatif di dunia dengan indeks positivitas masing-masing di angka 37 dan 42.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 7 Atlet dengan Penghasilan Tertinggi di Tahun 2022 Versi Majalah Forbes
Artikel Selanjutnya 10 Merek Dagang dengan Market dan Brand Value Tertinggi
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook