Indonesia Jadi Negara Keempat Pengguna Instagram Terlama di Dunia

Rata-rata penduduk Indonesia menghabiskan 15,4 jam per bulannya menggunakan Instagram. Durasi tersebut lebih tinggi dibanding rata-rata pengguna Instagram dunia

Indonesia Jadi Negara Keempat Pengguna Instagram Terlama di Dunia Ilustrasi orang sedang menggunakan HP | ImYanis/Shutterstock

Dewasa ini, nampaknya sulit menemukan individu yang sama sekali tidak menggunakan media sosial. Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian manusia. Bahkan kini untuk mencari pekerjaan saja dibutuhkan peran media sosial di dalamnya.

Hampir seluruh penduduk dunia memiliki media sosial, tanpa terkecuali di Indonesia. Di awal tahun 2023, terdapat 4,76 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia, yang setara dengan 60% dari populasi dunia. Pengguna media sosial mengalami peningkatan pesat dari tahun 2022, dengan jumlah user baru mencapai 137 juta.

Tidak hanya jumlah user, durasi penggunaan media sosial juga meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2023, rata-rata penduduk dunia menghabiskan 2 jam 31 menit per hari berseluncur di media sosial. Instagram merupakan media sosial dengan durasi pemakaian terlama kelima di dunia, dengan rata-rata penggunaan selama 12 jam per bulan. Durasi tersebut naik dari sebelumnya 11,2 jam per bulan di tahun 2022.

Nampaknya, demam Instagram tidak hanya melanda dunia. Faktanya, Indonesia berada di posisi keempat negara pengguna Instagram terlama di dunia.

Melansir laporan digital 2023 yang dirilis oleh Data Reportal, Turki merupakan negara dengan pengguna Instagram terlama di dunia. Rata-rata penduduk di sana menghabiskan 1.284 menit per bulan di Instagram, atau sekitar 21,4 jam per bulan. Data ini sayangnya hanya memperhitungkan pengguna Android saja. Meski begitu, melansir Bank My Cell, Android merupakan operating system yang paling banyak digunakan di dunia, dengan penggunanya mencapai 72%.

Urutan kedua diduduki oleh Argentina dengan rata-rata pemakaian Instagram per bulannya selama 17,6 jam. Brasil menyusul di urutan ketiga dengan 15,9 jam penggunaan.

Indonesia berada di urutan keempat negara dengan pengguna Instagram terlama di dunia, dengan rata-rata sebesar 15,4 jam per bulan atau sekitar 924 menit. Nilai tersebut masih lebih tinggi dari rata-rata lama penggunaan Instagram di dunia, yakni selama 12 jam per bulan.

Pada tahun 2023, jumlah pengguna aktif Instagram di seluruh dunia telah mencapai 2 miliar pengguna. Di Indonesia sendiri, terdapat 89,16 juta pengguna aktif Instagram, yang setara dengan 32,3% populasi. Hal tersebut menjadikan Indonesia berada di peringkat keempat negara dengan jumlah user Instagram terbanyak di dunia, hanya di bawah India, Amerika Serikat, dan Brasil. Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir tahun 2023.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Mayoritas Warganet ASEAN Mengikuti Influencer di Media Sosial

Warganet ASEAN memiliki variasi besar dalam jumlah influencer yang mereka ikuti, dengan mayoritas mengikuti antara 1 hingga 10 influencer.

Influencer Manakah yang Paling Dipercaya Warganet ASEAN?

Di ASEAN, mega influencer memiliki tingkat kepercayaan warganet yang paling tinggi, yang mencerminkan pentingnya jumlah pengikut dalam pemasaran digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook