Fenomena Podcast, Dianggap Konten Segar dan Mulai Dinikmati Gen Z Indonesia

Data IDN Media dalam laporan "Indonesia Gen Z Report 2022" menyampaikan bahwa 32 persen Gen Z Indonesia mendengarkan podcast

Fenomena Podcast, Dianggap Konten Segar dan Mulai Dinikmati Gen Z Indonesia Ilustrasi produksi konten podcast | Alex from the Rock/Shutterstock

Konten siniar (podcast) dewasa ini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia kebanyakan, khususnya Milenial (generasi yang lahir antara tahun 1981-1996) dan Gen Z (generasi yang lahir antara tahun 1997-2012). Sifat konten podcast yang praktis dan mudah dicerna masyarakat membuatnya memiliki banyak penikmat.

Bahkan, industri podcast di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu platform penyedia konten podcast yakni Spotify menyebut konsumsi podcast di Indonesia mengalami peningkatan hingga lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

"Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia. Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya lima kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify," ujar Gautam Talwar, General Manager Spotify Asia-Pasifik dilansir Republika (20/11/2022).

Head of Studios Spotify Asia Tenggara, Carl Zuzarte menganggap Indonesia sebagai salah satu contoh industri podcast yang terus berkembang di tiap tahunnya. Bahkan, sekitar 25 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya.

"Kami percaya Indonesia siap untuk pertumbuhan yang lebih besar tahun depan. Bahkan, 1 dari 4 pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya. Kami akan terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia," kata Carl Zuzarte.

Tak hanya Spotify, salah satu platform podcast lokal Noice juga menyebut penikmat sajian konten podcast terus meningkat. Dalam keterangannya pada peringatan Hari Pers Nasional Kamis (9/2) lalu, Co-founder & CBO Noice, Niken Sasmaya menyebut podcast audio sebagai media alternatif yang dapat dimanfaatkan sebagai saluran pemberitaan baru.

"Podcast audio berupaya untuk menghadirkan screenless moment yang menyenangkan bagi semua pendengar. Kan, tidak mungkin kita menatap gadget terus, ada kalanya sambil beraktivitas, jenis kontennya juga beragam. Kami ingin mengajak insan pers Indonesia untuk memanfaatkan konten audio sebagai saluran pemberitaan baru," kata Niken Sasmaya dilansir Borneo News (10/2).

Mulai digandrungi Gen Z, meski belum mayoritas

Berbicara mengenai pengguna, konten podcast juga cukup digandrungi oleh penduduk mayoritas Indonesia saat ini, yakni Gen Z. Generasi yang kini jumlahnya sekitar 27,94 persen dari total penduduk Indonesia ini kebanyakan cukup mengenal podcast dan beberapa di antaranya mendengarkan konten podcast secara rutin.

Data yang diungkapkan IDN Media melalui lembaga risetnya IDN Research Institute dalam laporan "Indonesia Gen Z Report 2022" menyampaikan bahwa 32 persen Gen Z Indonesia mendengarkan podcast. Dalam penjelasannya, salah satu faktor industri podcast di Indonesia turut berkembang cepat adalah karena para kreator tidak hanya menghasilkan podcast berformat audio, melainkan juga video.

Persentase Gen Z Indonesia yang mendengar podcast menurut riset IDN Media | GoodStats

"32% Gen Z mengatakan bahwa mereka mendengarkan podcast. Di antara para pendengar tersebut, topik yang paling sering didengar adalah hiburan seperti komedi dan drama," tulis IDN Media dalam deskripsi laporannya (29/9/2022).

"Di Indonesia, beberapa podcast tidak hanya terserdia dalam format audio, tetapi juga video. Ini memungkinkan podcast dipublikasi melalui YouTube juga, yang mana membantu mereka untuk mendapatkan lebih banyak audiens dibandingkan platform streaming audio lainnya seperti Spotify, Apple Podcast dan Google Podcast," lanjut IDN Media.

Obrolan ringan seperti komedi jadi topik paling populer bagi Gen Z

Berbicara mengenai topik yang paling sering dinikmati saat mendengar podcast, mayoritas Gen Z Indonesia sepakat obrolan ringan seperti komedi menjadi topik paling populer dalam mendengarkan podcast. Dalam riset IDN Media, komedi dipilih oleh 64 persen Gen Z Indonesia sebagai topik populer.

Komedi menjadi topik favorit Gen Z saat mendengarkan podcast | GoodStats

Kemudian, berita dan politik menjadi topik kedua yang paling banyak didengar dengan persentase sekitar 31 persen, diikuti oleh sosial dan budaya yang memiliki persentase sebesar 30 persen. Kesehatan dan kebugaran berada di posisi empat dengan persentase 26 persen atau memiliki persentase yang sama dengan topik bisnis.

Topik olahraga dipilih 23 persen Gen Z dan jurnalisme dipilih 19 persen Gen Z. Sementara itu, topik keagamaan berada di peringkat delapan dan dipilih oleh 17 persen Gen Z Indonesia.

"1 dari 3 pendengar podcast mengatakan bahwa mereka mendengarkan podcast untuk mengikuti berita dan politik. Ada juga yang mengikuti topik tertentu seperti budaya (30%), kesehatan (26%), bisnis (26%), olahraga (23%), jurnalisme investigatif (19%), bahkan agama (17%)," kata IDN Media.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Work From Home Ternyata Tidak Selamanya Baik Untuk Kesehatan

Metode bekerja dari rumah ternyata memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Pasca Lebaran 2024, Jakarta Diprediksi Bakal Sepi Pendatang

Tahun ini, Dukcapil DKI Jakarta memperkirakan jumlah pendatang baru di Jakarta usai Lebaran hanya mencapai 15 ribu hingga 20 ribu orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X