Ragam Makanan Cepat Saji Pilihan Masyarakat Indonesia

Dari banyaknya pilihan makanan cepat saji di tanah air, mana yang jadi pilihan masyarakat Indonesia?

Ragam Makanan Cepat Saji Pilihan Masyarakat Indonesia Ilustrasi Seseorang Memesan Fast Food | Pixel-Shot/Shutterstock

Makanan cepat saji, atau biasa dikenal sebagai fast food, merupakan makanan yang dibuat dalam jumlah besar dengan tujuan untuk mempersingkat proses layanan. Makanan cepat saji terdiri atas makanan beku yang tinggal dihangatkan ketika hendak dikonsumsi dan makanan yang biasa disajikan di restoran dengan bahan-bahan yang sudah dibuat sebelumnya dan dibekukan dahulu. Sesuai dengan namanya, nilai jual dari fast food adalah tentang waktu dan kecepatannya. Dengan demikian, tidak heran jika fast food biasanya menjadi makanan sehari-hari pekerja kantoran dan pelancong yang terlalu sibuk untuk makan.

Fast food diyakini telah muncul sejak zaman Romawi kuno. Ketika itu, tempat tinggal mulai dibuat bertingkat yang membuat area dapur menjadi sangat sempit. Beberapa tempat tinggal bahkan tidak memiliki dapur sama sekali. Tak lama setelahnya, banyak bermunculan restoran yang menjual makanan cepat saji di sana.

Di Indonesia sendiri, gerai fast food yang pertama kali muncul adalah Bakmi GM (Bakmi Gajah Mada) yang didirikan tahun 1956. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Bakmi GM termasuk ke dalam golongan fast food. Kata yang terlintas begitu menyebutkan fast food biasanya adalah burger, ayam goreng, hingga kentang goreng.

Di tahun 1970-an, restoran cepat saji asal Amerika seperti KFC, McD, dan lain sebagainya mulai masuk dan menjamur di dalam negeri, hingga saat ini. Dari seluruh jenis makanan yang disajikan oleh restoran cepat saji, pilihan masyarakat Indonesia masih tetap jatuh pada ayam goreng, burger, hingga kentang goreng.

Ayam Goreng Pilihan Indonesia

Melansir survei Jakpat, masyarakat Indonesia masih lebih memilih ayam goreng dari KFC dibandingkan dari gerai restoran fast food lainnya. Sesuai dengan slogannya, “Jagonya Ayam”, 60,6% setuju bahwa ayam goreng KFC paling enak. 21,6% lebih memilih McD, dan 6,9% memilih RIcheese.

Burger Pilihan Indonesia

Selain ayam goreng, burger adalah fast food populer lainnya. Burger sering menjadi pilihan makan siang bagi mereka yang terlalu sibuk untuk memikirkan soal makanan dan ingin bisa makan dengan cepat dan anti ribet.

Sedikit berbeda dengan preferensi ayam goreng, mayoritas masyarakat Indonesia lebih menyukai burger dari Burger King. 42,7% memilih Burger King sebagai burger paling enak di antara restoran fast food lainnya. McD masih setia di peringkat kedua dengan 32,8%, membuat Burger King tidak bisa menang telak atas restoran fast food lain. Urutan ketiga dipegang oleh KFC dengan 14,8%.

Kentang Goreng Pilihan Indonesia

Dalam kategori kentang goreng, McD akhirnya merebut takhta tertinggi. Sebanyak 40,8% responden setuju bahwa kentang goreng dari McD paling enak dibandingkan restoran fast food lain. Sejak awal berdiri di Indonesia pada 14 Februari 1991, McD memang lebih terkenal dengan menu kentang gorengnya ketimbang menu-menu lain.

KFC menyusul tipis di posisi kedua dengan 34,1%. Terakhir, Burger King menempati peringkat ketiga dengan 10,1%.

Es Krim Pilihan Indonesia

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan ketika berkunjung ke restoran cepat saji. Belakangan ini es krim cone telah menjadi menu pelengkap yang wajib ada di setiap santapan. Untuk bagian es krim, McD kembali menempati posisi pertama. Sebanyak 60,5% responden setuju bahwa es krim McD memang lebih unggul dibandingkan es krim dari tempat lain. Seperti biasa, KFC berada di posisi kedua dengan 19,4%.

Dengan 9,6%, A&W berhasil duduk di peringkat ketiga. Restoran cepat saji tersebut pertama kali dibuka tahun 1985 di Indonesia dan kini telah memiliki lebih dari 230 restoran tersebar di Indonesia.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Jenis Kopi Favorit di Indonesia, Lebih Banyak Kopi Manis?

Mulai dari olahan kopi pahit hingga olahan kopi manis, berikut jenis-jenis kopi favorit masyarakat Indonesia.

Ini Negara Pengimpor Kurma Terbesar ke Indonesia, Bukan Arab Saudi

Menilik keistimewaan kurma dan menu berbuka puasa favorit orang Indonesia, termasuk pilihanmu?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X