Didominasi Negera Berkembang, Inilah 10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Menghimpun data dari USDA, tercatat bahwa jajaran negara produsen beras terbesar di dunia didominasi oleh negara berkembang

Didominasi Negera Berkembang, Inilah 10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia Beras, salah satu makanan pokok paling penting di dunia, khususnya Asia | Jcomp/Freepik

Beras adalah salah satu komoditas pangan yang menjadi makanan pokok terpenting di dunia. Dilansir dari Food and Agriculture Organization (FAO), lebih dari 50% penduduk dunia bergantung pada beras untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pangannya sehari-hari.

Adapun, FAO menyatakan bahwa sekitar 95% produksi beras global diproduksi dan dikonsumsi di negara-negara berkembang. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh United States Department of Agriculture (USDA), tercatat bahwa jajaran negara produsen beras terbesar di dunia pada tahun 2023 didominasi oleh negara berkembang.

Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk terbanyak, China berhasil mempertahankan posisinya di urutan pertama negara penghasil beras terbesar di dunia. Pada tahun 2023, China memproduksi beras sebesar 149 juta ton.

Negara penghasil beras terbesar kedua adalah India dengan produksi beras 132 juta ton. Menariknya, hanya China dan India yang berhasil memproduksi beras di atas 100 juta ton.

Posisi ketiga adalah Bangladesh dengan produksi beras sebesar 36,4 juta ton. Kemudian, disusul oleh Indonesia yang menempati urutan keempat dengan produksi beras sebesar 34,45 juta ton. Di Indonesia, daerah penghasil beras terbesar adalah provinsi Jawa Timur.

Vietnam dan Thailand berhasil mempertahankan posisinya di urutan kelima dan keenam. Vietnam memproduksi beras sebesar 27 juta ton, sedangkan Thailand sebesar 19,5 juta ton.  

Filipina mengalami peningkatan posisi dari tahun sebelumnya, pada tahun 2023 Filipina berhasil menempati urutan ketujuh dengan produksi beras sebesar 12,6 juta ton. Sementara itu, posisi Myanmar turun ke urutan delapan dengan produksi beras 12 juta ton.

Pakistan berhasil menjadi negara berkembang berikutnya yang menempati urutan kesembilan dalam jajaran negara penghasil beras terbesar, yaitu 9 juta ton.

Sementara itu, Jepang menjadi satu-satunya negara maju yang berhasil masuk dalam kategori 10 negara penghasil beras terbesar di dunia pada tahun 2023 dengan produksi beras sebesar 7,3 juta ton pada 2023.

Penulis: Zharfa Chaerunisa
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Impor Daging Australia Terbanyak di Tahun 2023

Produksi daging dalam negeri belum mampu memenuhi permintaan yang terus meningkat. Akibatnya Pemerintah masih harus mengimpor komoditas ini.

Jadi Sumber Kalori Terbesar ke-2 di Indonesia, Terigu Terancam Langka

Terigu menjadi sumber kalori terbesar ke-2 bagi masyarakat Indonesia setelah beras, membuat krisis terigu menjadi sangat mengkhawatirkan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X