Daftar Top Brand Body Lotion Kepercayaan Masyarakat Indonesia

Masyarakat semakin sadar pentingnya merawat kulit tubuh sehingga penjualan body lotion semakin meningkat di e-commerce

Daftar Top Brand Body Lotion Kepercayaan Masyarakat Indonesia Ilustrasi penggunaan body lotion │ Jcomp/Freepik

Saat ini masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya merawat kulit. Tidak hanya perawatan kulit wajah yang semakin ramai digunakan, kampanye untuk merawat kulit tubuh juga semakin masif digalakkan.

Berada di musim tropis dengan intensitas paparan matahari yang lebih tinggi, masyarakat Indonesia rawan mengalami kulit kering dan kusam. Apalagi, data dari IQ Air menunjukkan beberapa kota di Indonesia memiliki kualitas udara dengan skor di atas 151. Artinya, kualitas udara di beberapa kota di Indonesia bersifat tidak sehat hingga sangat tidak sehat.

Kualitas udara yang tidak sehat ditandai dengan udara yang berwarna kelabu. Udara ini memiliki partikel-partikel kecil yang dapat membuat kulit kusam. Oleh karena itu, diperlukan losion tubuh (body lotion) yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mencerahkan kulit, serta melindungi kulit dari polusi dan sinar matahari.

Data dari Compas.co.id menunjukkan subkategori body lotion memimpin penjualan kategori produk perawatan tubuh di Shopee dan Tokopedia dengan market share sebesar 45,8% pada periode 1-23 Mei 2023. Sementara itu, subkategori sabun mandi berada di posisi kedua dengan market share 23,5%. Dilanjutkan dengan deodoran dan scrub peel tubuh.

Terdapat 5 top brand body lotion yang menjadi kecintaan masyarakat Indonesia dengan market share yang cukup besar. Artinya, 5 merek ini menjadi produk kepercayaan masyarakat Indonesia.

1. Nivea

Nivea merupakan merek kosmetik dan perawatan kulit yang berasal dari Jerman. Arti nama Nivea sendiri merupakan “salju putih” yang merujuk pada warna dan tekstur produk awal yang ditemukan. Nivea didirikan pada 1911 dan saat ini telah memiliki pasar lebih dari 173 negara di seluruh dunia. Produk pertama Nivea ialah Nivea Crème, krim perawatan yang dapat digunakan untuk wajah dan kulit sekaligus.

Di Indonesia, penjualan produk body lotion Nivea mencapai 77,3 ribu produk dengan pendapatan mencapai Rp5,7 miliar. Dari pantauan Compas.co.id, market share body lotion Nivea mencapai  28,16% dalam periode dua pekan.

Nivea menawarkan berbagai manfaat dalam produk yang dihasilkan, yakni extra white, extra bright, intensive moisture, hingga daily protection sun polution.

2. Vaseline

Vaseline merupakan produk yang berbasis petroleum jelly. Merek ini berada di bawah perusahaan Unilever dari Amerika. Di Indonesia, produk tersebut memiliki tagline “Vaseline Kekuatan Memperbaiki” karena Vaseline mengeklaim produknya telah memperbaiki masalah kulit kering selama lebih dari 140 tahun. Oleh karena itu, kelebihan Vaseline yang memberikan kelembapan extra menjadi produk andalan masyarakat Indonesia.

Penjualan produk Vaseline di Indonesia mencapai 56,6 ribu produk dengan penghasilan sebesar Rp3,7 miliar. Produk ini memiliki market share sebesar 18,30%. Vaseline juga memiliki berbagai varian produk yang dapat menyesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia.

3. Scarlett

Scarlett merupakan produk lokal milik Felicya Angelista yang baru dikenalkan pada 2017. Dengan umur yang dapat dikatakan muda, Scarlett bertumbuh dengan cepat dan dapat bersaing dengan brand-brand multinasional.

Dengan market share sebesar 9,20%, Scarlett telah berhasil menjual sebanyak 19,4 ribu unit produk dengan pendapatan sebesar Rp1,9 miliar. Di awal pemasaran, Scarlett mengeluarkan varian produk berupa Happy Body Lotion, Loving Body Lotion, Jolly Body Lotion, dan Charming Body Lotion. Keempat varian tersebut sempat viral dan menjadi perbincanga hangat sehingga angka penjualan melejit. Hingga kini produk tersebut terus berinovasi dan menciptakan varian-varian baru.

4. Precious Skin

Precious Skin merupakan produk asal Thailand. Produk ini dikenal dengan kemampuannya mencerahkan kulit. Komposisi yang sifatnya mencerahkan, seperti AHA BHA, Kojic Acid, Alpha Arbutin, hingga Vit C menjadi komposisi andalan yang diminati masyarakat.

Dengan market share sebesar 4,08%, Precious Skin berhasil menjual 15.1 ribu unit produk dengan penghasilan mencapai Rp823,4 juta.

5. Somethinc

Somethinc merupakan salah satu produk kecantikan asal Indonesia yang memiliki produk unggulan berupa perawatan wajah. Merek ini baru diluncurkan pada 2019 dengan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia. Tahun 2021, Somethinc meraih Top 1 pangsa pasar Indonesia di platform digital Shopee sembilan kali berturut-turut.

Saat ini, Somethinc mulai melebarkan sayapnya dengan mengeluarkan produk-produk berupa body lotion. Produk ini memiliki market share sebesar 1,48% dengan penjualan 3,9 ribu produk dan penghasilan menc

Penulis: Aslamatur Rizqiyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Bagaimana Nasib TikTok Shop Sekarang?

TikTok Shop terpilih sebagai media sosial yang paling banyak digunakan untuk belanja online oleh masyarakat Indonesia

Shopee, Platform E-Commerce dengan Nilai Transaksi Terbesar di Asia Tenggara 2022

Berdasarkan laporan Momentum Works, Shopee memimpin nilai transaksi e-commerce di Asia Tenggara dengan GMV US$47,9 miliar pada 2022

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X