Daftar Atlet Termuda pada Olimpiade Paris 2024

Zheng Haohao bertanding di Olimpiade Paris 2024 di usianya yang baru 11 tahun, menjadikannya pemain termuda dalam turnamen tersebut.

Daftar Atlet Termuda pada Olimpiade Paris 2024 Zheng Haohao Sebagai Atlet Termuda di Olimpiade Paris 2024 | Reuters

Olimpiade Paris 2024 telah memasuki minggu terakhir. Setelah secara resmi dibuka pada Jumat (26/7/2024) di Sungai Seine, acara penutupan Olimpiade Paris 2024 rencananya akan digelar pada Minggu (11/8/2024).

Lebih dari 10.000 atlet bertanding dalam kejuaraan ini, dengan anggaran diperkirakan melebihi US$8,2 miliar.

Indonesia sendiri mengirimkan 29 atlet untuk bertanding di 12 cabang olahraga berbeda pada olimpiade musim panas tersebut. Badminton mengirimkan perwakilan terbanyak, total 9 atlet bulu tangkis dikerahkan untuk memenangkan medali dalam Olimpiade Paris 2024. Sayangnya, hanya Gregoria Mariska Tunjung dari nomor tunggal putri yang sukses membawa pulang medali.

Panahan mengirimkan total empat atlet, sama juga dengan panjat tebing. Angkat besi membawa tiga atlet terbaiknya, dan renang diwakili oleh dua atlet. Cabang olahraga lainnya hanya mengirimkan satu perwakilan saja.

Atlet Termuda di Olimpiade Paris 2024

Zheng Haohao bertanding di Olimpiade Paris 2024 di usianya yang baru 11 tahun.
Zheng Haohao bertanding di Olimpiade Paris 2024 di usianya yang baru 11 tahun | GoodStats

Atlet termuda pada Olimpiade Paris 2024 dipegang oleh Zheng Haohao. Atlet cabang olahraga skateboarding asal Cina tersebut baru berusia 11 tahun ketika ia dinyatakan lolos seleksi Olimpiade 2024. Gadis kelahiran 11 Agustus 2012 tersebut mulai melakukan skateboarding sejak usianya masih 7 tahun.

Atlet termuda pada Olimpiade Paris 2024 selanjutnya berasal dari Thailand. Masih dari cabang olahraga yang sama, Sukasem baru berusia 12 tahun ketika memulai debut olimpiadenya. Sukasem telah bertanding pada Minggu lalu dan gagal mengamankan posisi di final. 

Heili Sirvio berada di posisi ketiga, usianya baru 13 tahun ketika mengikuti Olimpiade Paris 2024 ini. Atlet skateboarding asal Finlandia ini telah bertanding secara internasional sejak 2 tahun lalu.

Urutan keempat dipegang oleh skateboarder perwakilan Kanada Fay DeFazio Ebert, dengan debutnya di Olimpiade Paris 2024 di usianya yang ke-14 tahun. Ia juga pernah memenangkan medali emas pada Pesta Olahraga Amerika 2023 lalu.

Masih dari cabang olahraga yang sama, Sky Brown, perwakilan Britania Raya yang baru berusia 16 tahun, menjadi salah satu atlet termuda dalam sejarah olimpiade. Ia pertama kali debut di Olimpiade Tokyo 2020, membuat sejarah dengan menjadi perwakilan Britania Raya termuda sepanjang masa.

Dari cabang olahraga gimnastik, Amerika Serikat mengirimkan Hezly Rivera yang baru berusia 16 tahun, menjadikannya salah satu atlet termuda di Olimpiade Paris 2024. 

Selain Rivera, Quincy Wilson juga menjadi salah satu perwakilan termuda dari Amerika, usianya baru 16 tahun ketika mewakili negaranya di cabang atletik Olimpiade 2024. Ia menjadi laki-laki termuda sepanjang sejarah yang masuk kualifikasi tim atletik Amerika Serikat.

Atlet Olimpiade 2024 Termuda dari Indonesia

Sementara itu, atlet termuda dari Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 dipegang oleh Arif Pangestu dari cabang olahraga panahan. Usianya baru genap 20 tahun ketika bertanding di olimpiade musim panas ini. Rizky Juniansyah yang berusia 21 tahun berada di posisi kedua. 

Atlet termuda dari Indonesia berikutnya berasal dari cabang olahraga renang, yakni Joe Aditya dan Azzahra Permatahani yang sama-sama berusia 22 tahun.

Baca Juga: Masih Bisa Tambah Medali! Cek Jadwal Indonesia di Minggu Terakhir Olimpiade Paris 2024

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Masuk 20 Besar Negara dengan Indeks Kriminalitas Tertinggi di Dunia

Negara dengan indeks kriminalitas yang tinggi dihadapkan dengan masalah keamanan serius. Indonesia menempati peringkat ke-20 dalam indeks kriminalitas dunia.

10 Kota dengan Tingkat Kejahatan Terendah di Dunia 2024

Kota-kota di Uni Emirat Arab mendominasi daftar kota dengan tingkat kejahatan terendah di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook