Cafe Terfavorit Gen-Z di Indonesia, Ada Langgananmu?

Survei Top Brand Index 2022 menilai, para generasi-z lebih senang nongkrong di Upnormal Cafe. Lalu merek apalagi yang jadi tempat nongkrong favorit gen-z?.

Cafe Terfavorit Gen-Z di Indonesia, Ada Langgananmu? Ilustrasi nongkrong di cafe I ardiwebs/Shutterstock

Berbincang dan berkumpul bersama di cafe sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini. Terlihat banyak sekali cafe atau kedai kopi menjamur di berbagai sudut kota dan menjadi tempat favorit perkumpulan para generasi muda. Hal tersebut dibuktikan dalam riset yang dilakukan oleh Tim Research dan Alanytics KG Media, bekerja sama dengan Litbang Kompas yang bertajuk “Aspirasi Anak Muda Indonesia” pada 5 Januari hingga 9 Februari 2022. Survei melibatkan 3.224 responden dinilai berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi tempat tiggal, latar belakang pendidikan, dan jenis pekerjaan.

Survei ini melibatkan responden berusia 17 tahun ke atas di seluruh Indonesia, dengan rincian 49 persen responden berasal dari Pulau Jawa, 21 persen dari Sumatra, 11 persen dari Sulawesi, 8 persen dari Kalimantan, 6 persen dari Bali dan Nusa Tenggara, 5 persen dari Maluku dan Papua.

Responden berjenis kelamin laki-laki (60 persen) dan perempuan (40 persen). Dari tingkat pendidikan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat sebanyak 41 persen dan Sarjana (S1) dan dengan jenis pekerjaannya, sebanyak 25 persen responden merupakan pelajar dan 22 persen adalah pegawai swasta nasional.

Survei tersebut membuktikan bahwa dari 862 responden yang bermukim di Jawa, sebanyak 74 persen memilih kedai kopi sebagai tempat nongkrong. Sementara itu hanya ada 10 persen dari total yang memilih warung kopi, 9 persen memilih restoran, 7 persen memilih di angkringan, dan 1 persen memilih pusat kuliner.

Selain itu, Maluku dan Papua mengatakan 87 persen dari 76 persen responden mengatakan senang nongkrong di kedai kopi. Begitu pula di Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Sulawesi.

Dapat disimpulkan bahwa kedai kopi menjadi tempat nongkrong pilihan yang paling digemari para generasi-z. Seiring dengan bertambahnya kemunculan cafe di Indonesia, peluang bisnis cafe dapat membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Ditambah lagi dengan jumlah populasi gen-z lebih banyak dibandingkan dengan generasi lainnya.

Top Brand Award, sebuah ajang penghargaan kenamaan bagi para insan brand di Indonesia menilai berbagai merek-merek dari berbagai kategori salah satunya adalah kategori cafe atau tempat nongkrong terfavorit generasi-z.

Top 5 merek cafe atau tempat nongkrong terfavorit generasi-z di Indonesia 2022 I GoodStats

Survei Top Brand Index (TBI) yang dilakukan setiap tiga kali dalam setahun mengambil sampel data di 15 kota besar di Indonesia yang dibagi menjadi tiga bagian, salah satunya adalah Top Brand for Kids & Teens. Survei melibatkan 2.500 responden yang berasal dari 1.500 responden ibu dan anak, serta 1.000 responden usia remaja.

Responden yang menjadi target kategori ini adalah anak laki-laki dan perempuan yang berusia 8-12 tahun (500 responden), kalangan wanita 25-50 tahun yang memiliki anak dibawah 12 tahun (1.000 responden), dan remaja laki-laki dan perempuan berusia 13-17 tahun.

Berikut adalah sederet merek cafe atau tempat nongkrong favorit gen-z. 

1. Upnormal Cafe

Upnormal Coffee I Fadila Suryandika/Shutterstock

Tempat yang sudah dibangun sejak Juni 2014 ini berhasil masuk peringkat pertama cafe terfavorit gen-z. Jauh sebelum terkenal dengan menu kopinya, tempat ini hanya menjual sajian mie instan, roti, dan pisang bakar. Harganya yang murah meriah menjadikannya tempat favorit untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Hingga pada akhirnya tempat ini lebih akrab dikenal dengan nama Warunk UpNormal seperti warung pinggiran pada umumnya.

Tidak hanya berpusat di Bandung yang merupakan tempat asalnya, Upnormal Cafe meluas menjadi 30 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Starbucks

Starbucks I haireena/Shutterstock

Masuk peringkat kedua teratas, starbucks menjadi tempat nongkrong terfavorit oleh generasi-z di Indonesia dengan nilai TBI sebesar 16.2 persen responden. Melihat sejarahnya, Starbucks pertama kali dibuka pada akhir bulan Maret 1971 di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Meski terkenal dengan harga yang tinggi untuk satu gelas kopi, Starbuck tetap banyak digemari karena pelayanan dan fasilitas yang diberikan sebanding dengan harga yang dibayarkan.

3. Lawson

Lawson I Harismoyo/Shutterstock

Peringkat tiga teratas diisi oleh Lawson sebagai tempat nongkrong terfavorit gen-z dengan capaian TBI sebesar 13,1 persen. Perusahaan asal Jepang ini keberadaannya sangat menjamur di Indonesia maupun di dunia. Terbukti kini Lawson merupakan jaringan toko kelontong terbesar nomor dua di Jepang setelah 7-Eleven.

Tidak hanya menjual kopi, Lawson juga menyediakan berbagai makanan ringan dan makanan ciri khas jepang yang menjadi daya tarik para pengunjung untuk mencobanya. 

4. McCafe

McCafe I Sorbis/Shutterstock

Tempat nongkrong yang masih satu perusahaan dengan McDonald’s, McCafe masuk peringkat empat besar tempat nongkrong terfavorit gen-z dengan perolehan dukungan sebesar 10,7 persen.

Berbeda dengan McDonald’S, McCafe hanya menyajikan berbagai ragam kopi dan minuman lainnya, serta berbagai makanan ringan yang cocok sebagai teman saat berbincang.

5. Indomaret Point

Indomaret Point I Gandi Purwandi/Shutterstock

Terakhir di peringkat lima besar terdapat Indomaret Point dengan total 1.8 persen responden. Lokasinya yang bergabung dengan gerai Indomaret, cafe ini menyediakan berbagai menu kopi andalan yang nikmat dan murah meriah. Bahkan tidak jarang, banyak pengunjung gerai Indomaret tergoda akan aroma khas dari kopi Indomaret Point.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengintip Preferensi Liburan Pasca Pandemi Covid-19
Artikel Selanjutnya Survei Goodstats: Kereta Api Jadi Transportasi Massal Paling Banyak Digemari Untuk Liburan
Konten Terkait