Bukan Jakarta, Ini 10 Provinsi yang Paling Sering Dilanda Banjir

Berdasarkan data BNPB, Sumatra Utara menjadi provinsi yang paling sering dilanda banjir sepanjang tahun 2023.

Bukan Jakarta, Ini 10 Provinsi yang Paling Sering Dilanda Banjir Ilustrasi Bencana Banjir | Frimufilms/Freepik

Bencana banjir sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga Indonesia, terutama ketika curah hujan sedang tinggi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 1.255 kejadian banjir sepanjang tahun 2023. Adapun jumlah tersebut sebenarnya menurun 18% dibandingkan tahun 2022 yang sebanyak 1.531 kejadian.

Lebih lanjut, sebanyak 92 orang meninggal akibat bencana banjir, 4.788 orang mengalami luka-luka, dan 3,9 juta orang menderita dan terpaksa mengungsi. Banjir juga mengakibatkan kerugian secara material, di mana terdapat 1.196 rumah mengalami rusak berat, 932 mengalami rusak sedang, 16.116 rusak ringan, dan lebih dari 753 ribu rumah terendam.

Banjir sendiri bisa diibaratkan telah mendarah daging di Indonesia. Dari 1 Januari hingga 8 Maret 2024 saja, sudah terjadi 266 kasus banjir di Indonesia, menjadikannya bencana yang paling banyak terjadi di tahun 2024 ini. Cuaca ekstrem menyusul di posisi kedua dengan 95 kejadian dan tanah longsor di urutan ketiga dengan 34 kejadian.

Menariknya, provinsi dengan jumlah kejadian banjir terbanyak sepanjang tahun 2023 bukanlah di DKI Jakarta, melainkan di Sumatra Utara, dengan total 112 kali kejadian.

Sumatra Utara menjadi provinsi yang paling sering dilanda banjir sepanjang tahun 2023 | Goodstats

Sebanyak 9% dari total peristiwa banjir nasional terjadi di Sumatra Utara. Posisi kedua dipegang oleh Jawa Barat dengan total 107 kejadian banjir. Aceh berada di urutan ketiga dengan 97 kejadian, kemudian Jawa Tengah dengan 95 kejadian, dan Riau dengan 79 kejadian.

Lebih lanjut, BNPB mengungkapkan bahwa tidak ada bencana banjir di Papua Tengah sepanjang tahun 2023. Sementara, Papua Barat dan Papua Pegunungan masing-masing hanya mencatatkan 1 kali peristiwa banjir sepanjang tahun lalu.

Sejatinya, kota-kota besar di Sumatra yang terletak di pesisir sangat rawan terhadap bencana banjir. Berkurangnya lahan hijau di kawasan hulu akibat alih fungsi lahan ditambah lagi tata kota yang tidak memberi ruang memadai untuk air membuat risiko banjir semakin tinggi. Apalagi perilaku warganya yang masih suka membuang sampah sembarangan ke sungai.

Ketika puncak musim hujan tiba, terutama di bulan di awal dan akhir tahun, banyak permukiman di dekat sungai yang rawan terendam. Hujan deras mengakibatkan sungai meluap akibat tanggul yang rusak.

Penanaman pohon untuk penyerapan air dan pembangunan tanggul di beberapa titik kritis di area sungai bisa menjadi salah satu cara efektif menanggulangi banjir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya curah hujan tahunan yang cukup tinggi di beberapa kawasan, seperti di Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Maluku, hingga Papua. 

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Work From Home Ternyata Tidak Selamanya Baik Untuk Kesehatan

Metode bekerja dari rumah ternyata memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Pasca Lebaran 2024, Jakarta Diprediksi Bakal Sepi Pendatang

Tahun ini, Dukcapil DKI Jakarta memperkirakan jumlah pendatang baru di Jakarta usai Lebaran hanya mencapai 15 ribu hingga 20 ribu orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X