Bukan USD, Inilah Daftar Nilai Mata Uang Tertinggi di Dunia 2022

Meski jadi mata uang yang paling banyak digunakan oleh perdagangan internasional, dolar Amerika Serikat (USD) bukanlah mata uang tertinggi di dunia.

Bukan USD, Inilah Daftar Nilai Mata Uang Tertinggi di Dunia 2022 ilustrasi mata uang tertinggi I RODWORKS/Shutterstock

Satuan nilai mata uang tentu selalu mengalami perubahan setiap waktu. Terdapat banyak faktor yang dapat mengubah nilai mata uang, yakni tingkat suku bunga, inflasi, hingga berbagai kegiatan hubungan perdagangan suatu negara dengan negara lain. Seperti halnya kegiatan ekspor-impor antar negara dapat mengubah nilai tukar mata uang.

Mata uang yang lebih tinggi membuat ekspor suatu negara lebih mahal dan impor lebih murah di pasar luar negeri. Sedangkan, mata uang yang lebih rendah membuat ekspor suatu negara yang lebih murah dan impornya lebih mahal dari luar negeri.

Selain beberapa faktor di atas, masih banyak hal yang dapat menjadi penentu perubahan nilai tukar. Melihat perubahan nilai tukar tentu dapat menjadi sebuah indikator bagi suatu negara. Kekuatan uang sebagai salah satu alat nilai tukar memiliki peran penting dalam perdagangan negara dan ekonomi pasar bebas dunia. Maka dari itu, nilai tukar dapat menjadi faktor penentu yang paling penting dari tingkat kesehatan ekonomi suatu negara.

Salah satu mata uang yang paling banyak digunakan oleh perdagangan internasional adalah dolar Amerika Serikat (USD). Namun, hal tersebut tidak dapat menjadi tolok ukur nilai mata uang termahal. Faktanya, USD bukanlah mata uang dengan nilai tukar tertinggi di dunia. Deretan negara yang memiliki nilai tukar tertinggi didominasi oleh mereka yang memiliki kekuatan pada sektor minyak dan gas. Lalu negara apa yang memiliki nilai mata uang tertinggi di dunia?

Berikut adalah daftar 7 mata uang termahal di seluruh dunia sepanjang 2022.

Daftar 7 mata uang tertinggi di dunia 2022 I GoodStats

1. Dinar Kuwait/KWD (Rp50.881)

Dinar Kuwait I Tamer Adel Soliman/Shutterstock

Mata uang termahal nomor satu di dunia adalah Dinar Kuwait atau KWD. Kuwait dikenal jadi salah satu negara yang memiliki andil besar pada industri perminyakan dunia. Sektor perminyakan telah menyumbang 80 persen pendapatan Kuwait dan menjadikan mereka sebagai negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia. Adapun nilai tukar untuk 1 KWD setara dengan Rp50.881.

2. Dinar Bahrain/BHD (Rp41.436)

Dinar Bahrain I Prachaya Roekdeethaweesab/Shutterstock

Mata uang termahal kedua di dunia diisi oleh mata uang Dinar Bahrain atau BHD. Serupa dengan Kuwait, Bahrain juga dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan untuk sektor minyak dan gas. Nilai dari ekspor minyak Bahrain yang tinggi tersebut berpengaruh bagi kekuatan mata uang BHD. Nilai 1 BHD setara dengan Rp41.436.

3. Rial Oman/OMR (Rp40.563)

Rial Oman I Prachaya Roekdeethaweesab/Shutterstock

Peringkat selanjutnya daftar nilai mata uang tertinggi nomor tiga di dunia adalah Rial Oman atau RMD. Serupa dengan negara terkuat sebelumnya, Oman juga mengandalkan nilai perekonomian negara pada sektor cadangan minyak dunia. Selain itu, Oman memiliki nilai rasio utang PDB yang sangat rendah. Hal tersebut kemudian menjadi magnet bagi para investor datang ke negeri ini. Nilai tukar 1 Oman pada 2022 setara dengan Rp40.563.

4. Dinar Yordania/JOD (Rp21.983)

Dinar Yordania I Prachaya Roekdeethaweesab/Shutterstock

Nilai mata uang tertinggi di dunia selanjutnya adalah Dinar Yordania atau JOD. Meski demikian, Yordania dikenal memiliki perekonomian yang relatif buruk dibandingkan negara-negara Timur Tengah lainnya. Namun, mata uang Dinar Yordania menjadi yang paling stabil dan tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh hasil dari produk kebijakan pemerintah yang mampu membatasi nilai mata uang. Nilai 1 JOD setara dengan Rp21.983.

5. Pound Sterling/GBP (Rp18.781)

Pound Sterling I Prachaya Roekdeethaweesab/Shutterstock

Keluar dari negara Timur Tengah, nilai mata uang tertinggi di peringkat lima besar dunia terdapat di benua Eropa, yakni mata uang Pound Sterling atau GBP. Adapun, nilai untuk 1 GBP setara dengan Rp18.781. Tingginya nilai mata uang GBP didukung oleh suku bunganya yang tinggi. Semakin tinggi tingkat bunga di suatu negara, maka akan semakin menarik para investor.

6. Dolar Kepulauan Cayman/KYD (Rp18.710)

Dolar Kepulauan Cayman I Anton_Ivanov/Shutterstock

Nilai mata uang tertinggi selanjutnya berada di Kepulauan Cayman, yakni Dolar Kepulauan Cayman atau KYD. Nilai tukar 1 KYD setara dengan Rp18.710. Secara penulisan, mata uang tersebut disingkat dengan tanda $, atau menggunakan tanda CI$ untuk membedakan dengan nilai dolar lainnya. Selain dinobatkan menjadi negara dengan nilai tukar tertinggi, negara ini juga dijuluki dengan paradise papers atau ‘surga pajak’.

7. Franc Swiss/CHF (Rp16.696)

Franc Swiss I Vlad Ispas/Shutterstock

Nilai mata uang tertinggi nomor tujuh di dunia adalah Franc Swiss atau CHF. Mata uang ini dimiliki oleh Swiss dan Liechtenstein. Kekuatan mata uang CHF sangat mengandalkan sektor perbankan yang tertutup. Kondisi tersebut tentu menjadi tempat yang aman bagi para investor. Nilai tukar 1 CHF setara dengan Rp16.696.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Pecinta Es Krim Indonesia Didominasi Wanita
Artikel Selanjutnya Menghitung Jumlah Libur Nasional dan Cuti Bersama di Tahun 2023
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook