Dari Apel hingga Semangka, Inilah 5 Buah Terbesar di Dunia

Beberapa buah terbesar memiliki bobot hingga 159 kilogram, ada pula yang memiliki ketinggian 1,2 meter.

Dari Apel hingga Semangka, Inilah 5 Buah Terbesar di Dunia Buah-buahan. Sumber: MyRokan

Di dunia ini, banyak rekor-rekor tak biasa yang sudah dipecahkan oleh beberapa orang. Salah satu pencatat rekor yang terkenal di dunia adalah Guinness World of Record.

Beberapa rekor yang dicatat oleh Guinness Book of Records adalah rekor-rekor yang bersifat kompetisi seperti angkat beban, rekor melempar telur paling jauh, hingga rekor lain yang sifatnya bukan kompetisi seperti sungai terpendek, tanaman paling beracun, hingga orang tertinggi di dunia. Guinness juga mencatat rekor-rekor dari berbagai aspek, seperti industri musik hingga industri makanan.

Rekor-rekor yang dicatat oleh Guinness biasanya melibatkan ukuran sesuatu, entah itu terkecil atau pun terbesar. Salah satunya adalah pencatatan rekor buah dengan ukuran terbesar di dunia menurut Guinness World of Record. Berikut daftarnya.

1. Hakuto Apel

Tercatat dalam Guinness World of Record sebagai apel terbesar dan terberat di dunia, apel ini berasal dari varietas Fuji dan Mutsu, jenis apel yang berasal dari Jepang. Penemuan apel ini pertama kali pada Oktober tahun 2005 silam oleh seorang petani Jepang, Chrisato Iwasaki. Ia menemukan apel dengan bobot seberat 1.849 gram.

2. Tomat Gigantomo

Tomat Gigantomo ini merupakan hasil dari pengembangan varietas tomat yang dilakukan oleh seorang ahli botani asal Inggris, Simon Crawford. Simon berhasil mengembangkan varietas tomat ini sehingga menghasilkan tomat yang beratnya mencapai 1,3 kilogram dengan diameter yang jauh lebih besar dari tomat biasanya, yaitu berdiameter 25 cm.

3. Anggur Roman Ruby

Berasal dari Ishikawa, Jepang, anggur ini merupakan anggur terbesar di dunia dari segi ukuran serta harganya. Ukuran satu butir Anggur Roman Ruby ini bisa setara dengan diameter satu bola pingpong, yaitu sekitar 3 cm. Karena harganya yang cukup tinggi, yaitu satu ikatnya bisa dibanderol puluhat juta rupiah, hingga saat ini Anggur Roman Ruby diyakini menjadi buah yang identik dengan orang kelas menengah atas.

4. Labu Terbesar

Dengan bobot yang mencapai 1.884 pon atau setara dengan atau setara dengan 854 kilogram, labu yang dibudidayakan oleh Paton bersaudara, yaitu Ian dan Stuart Paton menjadi labu terbesar di dunia yang dicatat oleh Guinness World of Record. Labu ini juga memiliki tinggi yang mencapai 1,2 meter.

5. Semangka Terbesar

Semangka yang dijuluki sebagai semangka terbesar oleh Guinness World of Record ini merupakan hasil budidaya yang berhasil dilakukan oleh Chris Kent. Semangka ini memiliki berat yang mencapai 159 kilogram dan biasanya ia menyirami tanamannya dengan 150 galon setiap harinya, sehingga semangka budidaya ini dapat menjadi yang terbesar.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Pecinta Serangga Merapat! Inilah Daftar Serangga Terbesar di Dunia

Dilansir dari AZ Animals, ternyata masih ada beberapa jenis serangga yang terbilang cukup besar ukurannya. Berikut daftarnya.

Makanan-makanan dengan Harga Fantastis di Dunia, Ada yang Ingin Kamu Coba?

Berikut adalah daftar makanan termahal di dunia, dilansir dari USA Today

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook