Berikut Aplikasi Layanan Streaming Musik Populer di Dunia, Kamu Biasa Pakai yang Mana?

Aplikasi layanan streaming telah meraup total 725,2 juta pengunduh. Spotify jadi aplikasi streaming musik dengan unduhan terbanyak sepanjang 2021.

Berikut Aplikasi Layanan Streaming Musik Populer di Dunia, Kamu Biasa Pakai yang Mana? Ilustrasi penggunaan aplikasi musik | jalantikus.com

Perkembangan teknologi semakin pesat, media tradisonal kini beralih menggunakan media digital. Penggunaan media kini lebih praktis dengan hadirnya media digital hanya dalam genggaman. Memudahkan manusia dalam beraktivitas.

Hadirnya media digital yang praktis banyak menciptakan aplikasi sesuai kebutuhan seperti edukasi, hiburan, ekonomi, kesehatan, dan lain sebagainya. Dulu masyarakat biasa menggunakan radio manual untuk mendengarkan musik, namun kini telah tersedia dalam layanan streaming musik yang ada di gawai.

Terlebih lagi berdasarkan laporan dari International Federation of The Phonographic Industry (IFPI) mencatat jumlah pengguna layanan streaming musik berbayar mencapai 523 juta orang pada tahun 2021. Di mana jumlah tersebut naik tiap tahunnya dengan persentase 18,05 persen.

Bahkan, Indonesia tercatat masuk sebagai negara dengan proyeksi nilai pasar layanan streaming musik terbesar ke-18 di seluruh dunia. Hal itu dilihat juga dengan nilai pasar layanan streaming musik Indonesia yang kian naik hingga Rp2,1 triliun.

Daftar layanan streaming musik paling banyak diunduh di dunia | GoodStats

Pengguna layanan streaming musik yang banyak digunakan seluruh dunia, sejalan dengan jumlah pengguna internet sebanyak 4,66 miliar dan pengguna smartphone di seluruh dunia juga meningkat dengan jumlah yang mencapai 5,22 miliar orang terhitung dari tahun 2021.

Bila dilihat penggunaan media digital yakni internet yang dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas dan kebutuhan, rata-rata menghabiskan waktu 7 jam per hari dengan perkiraan menghabiskan 12 triliun jam.

Termasuk penggunaan aplikasi layanan streaming musik dengan total 725,2 juta pengunduh. Tercatat aplikasi layanan streaming musik yang paling banyak diunduh seluruh dunia ialah Spotify sebanyak 203 juta. Aplikasi tersebut menguasai pasar sebesar 33 persen sejak tahun 2020.

Sementara di posisi ke-2 diraih oleh aplikasi layanan streaming musik terbaik 2020 yang dinobatkan User’s Choice App yakni Resso sebanyak 85 juta unduhan. Lalu, YouTube Music yang didirikan tahun 2015 menempati posisi ke-3 sebanyak 79 juta. Disusul StarMaker sebesar 76 juta unduhan.

Kemudian secara berurutan pengguna aplikasi layanan streaming musik terbanyak di dunia terdiri dari Shazam (76 juta), SoundCloud (52 juta), Amazon Music (44 juta), Wynk Music (38,2 juta), Music Player (38 juta), dan JioSaavn (35 juta).

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya 10 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia 2021
Artikel Selanjutnya Bagaimana Kecenderungan Masyarakat Indonesia Menggunakan Media Sosial?
Konten Terkait