GoodStats
Pencarian
Masuk

Selain Catat Hat-Trick Tercepat, Rekor-Rekor Ini Kemungkinan Bisa Dipecahkan Haaland

Erling Haaland, bintang baru Manchester City yang siap memberikan banyak kejutan di Liga Inggris.

Selain Catat Hat-Trick Tercepat, Rekor-Rekor Ini Kemungkinan Bisa Dipecahkan Haaland Erling Haaland│@erling.haaland/Instagram

Striker baru Manchester City, Erling Haaland baru saja mencetak hat-trick pada Derby Manchester putaran pertama Liga Inggris musim 2022/2023. Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 6-3 untuk Manchester City ini, Erling Haaland juga mencatatkan namanya sebagai Man of The Match dengan catatan 3 gol dan 2 assist.

Hat-trick striker asal Norwegia pada laga tersebut membuatnya memecahkan rekor sebagai pemain dengan capaian 3 hat-trick tercepat. Haaland hanya perlu 8 pertandingan untuk mencatatkan 3 hat-trick, sedangkan pemegang rekor sebelumnya, Michael Owen memerlukan 48 pertandingan untuk mencetak 3 hat-trick.

Setelah pertandingan tersebut, posisinya tidak tersentuh pada urutan pertama dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 14 gol dari 8 pertandingan. 

Erling Haaland memang dikenal sebagai striker muda bertalenta yang digadang-gadang bakal menjadi pemain kelas dunia di masa depan. Kepindahannya ke Liga Inggris mengejutkan publik pecinta sepakbola. Publik berekspektasi kedatangan Haaland akan semakin memperpanas persaingan liga sepakbola terbaik di dunia tersebut.

Ekspektasi publik yang tinggi ini nampaknya langsung dijawab oleh Haaland. Terbukti, rekor demi rekor sudah Haaland pecahkan sejak pertama kali dirinya menginjakkan kaki di tanah Inggris. Berbekal skill di atas rata-rata, dan umur yang masih sangat muda (22), menarik untuk melihat rekor Liga Inggris apalagi yang masih mungkin dipecahkan oleh Erling Haaland kedepannya.

Pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Inggris

Erling Haaland selebrasi setelah mencetak gol│@erling.haaland/Instagram

Tidak ada salahnya jika kita berekspektasi seorang Erling Haaland bisa menembus rekor pencetak gol terbanyak Liga Inggris. Saat ini, rekor pencetak gol terbanyak dipegang oleh Alan Shearer dengan 260 gol. 

Saat tulisan ini dibuat, rata-rata gol Haaland di Liga Inggris adalah 1,75. Yang berarti, dengan rumus ini dia bisa mencetak 66 gol di akhir musim. Namun 60 gol dalam satu musim di Liga Inggris adalah angka yang terlalu tinggi. Saat ini saja catatan gol terbanyak dalam satu musim di Liga Inggris hanya sampai 34 gol.

Kita asumsikan Haaland mampu minimal mencetak 30 gol dalam satu musim. Dengan asumsi seperti itu, Haaland mampu melewati rekor Alan Shearer dalam waktu kurang dari 9 tahun. Dengan kapasitas Haaland sebagai striker kelas dunia, rekor ini sangat mungkin bisa dilalui Haaland jika saja dia betah bermain lama di Liga Inggris

Pencetak gol terbanyak Liga Inggris dalam satu musim

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, gol terbanyak di Liga Inggris dalam satu musim adalah 34 gol. Rekor ini dicatatkan Alan Shearer dan Andrew Cole di era 90an. Haaland saat ini sudah mencetak 14 gol, dan masih menyisakan 30 laga sisa untuk musim ini. 

Melihat performa Haaland yang di atas angin, ditambah lagi dengan support rekan setimnya yang solid, bukan tidak mungkin bila Haaland bisa langsung memecahkan rekor ini di musim pertamanya. 

Jika mampu mencetak lebih dari 34 gol musim ini, Haaland tidak hanya memecahkan satu rekor saja. Ia juga akan mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di musim debut, yang sebelumnya rekor ini dipegang oleh Kevin Phillips dengan 30 gol dalam musim pertamanya di Liga Inggris.

Hat-trick terbanyak di Liga Inggris

Baru bermain dalam 8 pertandingan di Liga Inggris, Haaland sudah mencetak 3 hat-trick. Saat ini, rekor hat-trick terbanyak dipegang oleh seniornya di Manchester City, Sergio Aguero. Sergio Aguero mencetak 12 hat-trick selama 10 tahun bermain di Liga Inggris.

Haaland harus mencetak 10 hat-trick lagi untuk melewati rekor tersebut. Meski pada dasarnya mencetak 3 gol dalam satu pertandingan adalah hal yang tidak mudah, tapi sangat mungkin Haaland bisa melewati rekor ini suatu saat. Mencetak hat-trick terlihat sangat mudah jika kita melihat permainan Haaland di Manchester City. 

Dan masih banyak lagi

Erling Haaland bersama Timnas Norwegia│@erling.haaland/Instagram

Masih banyak lagi rekor Liga Inggris yang mungkin bisa dilewati Haaland. Pertama, dia bisa memecahkan rekor gol terbanyak yang dicetak dengan sundulan dengan postur tingginya. Kedua, Haaland sangat mematikan di kotak penalti, dia bisa memecahkan rekor gol terbanyak yang dicetak di area kotak penalti. 

Kemudian, dia juga bisa memecahkan rekor gol terbanyak yang dicetak dalam satu pertandingan. Saat ini, rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan oleh seorang pemain adalah 5 gol. Bukan tidak mungkin Haaland bisa melewati catatan itu, ia pernah mencetak 9 gol dalam satu pertandingan.

Apapun rekor yang berkaitan dengan mencetak gol, seorang Erling Haaland memiliki kemampuan untuk melampauinya.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Statistik Transfer Pemain Liga Inggris 1 Dekade Terakhir, Big Six Paling Sering Rekrut Pemain Asing
Artikel Selanjutnya Bagaimana Kesejahteraan Hewan di Indonesia?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook