Apa Makanan dan Minuman Buka Puasa Favorit Masyarakat Indonesia?

Menyambut bulan suci Ramadan, sejumlah makanan dan minuman favorit masyarakat hadir kembali sebagai sajian untuk berbuka puasa. Apa sajakah itu?.

Apa Makanan dan Minuman Buka Puasa Favorit Masyarakat Indonesia? Tempe mendoan | Marla_Sela/Shutterstock

Hasil Sidang Isbat 2022 menetapkan bahwa hari pertama puasa 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 2 April 2022. Menyambut bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia utamanya umat muslim melakukan sejumlah persiapan salah satunya ialah dengan menyiapkan stok makanan dan minuman.

Biasanya, berbagai kudapan disajikan untuk berbuka puasa. Beberapa di antaranya menjadi favorit bagi banyak kalangan baik dari usia muda hingga tua. Hasil survei yang dirilis oleh Populix pada Maret 2022 menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat paling sering menyajikan gorengan sebagai kudapan untuk berbuka puasa. Adapun persentasenya mencapai 74 persen.

Makanan favorit masyarakat Indonesia saat berbuka puasa per Maret 2022 | GoodStats

Kolak menempati posisi ke-2 kudapan paling sering disajikan saat berbuka puasa dengan persentase sebesar 72 persen. Kemudian, sebesar 65 persen responden menyajikan nasi dan lauk pauk sebagai hidangan untuk berbuka puasa.

Adapun berbagai makanan lainnya yang biasa disajikan saat berbuka puasa bagi sebagian besar masyarakat Indonesia di antaranya ialah kue tradisional (38 persen), mie goreng (16 persen), kue (11 persen), pempek (10 persen), bubur (9 persen), dan lainnya (6 persen).

Sementara itu, air mineral menjadi minuman paling sering disajikan untuk berbuka puasa dengan persentase sebesar 72 persen. Kemudian, teh menyusul di posisi ke-2 dengan persentase sebesar 70 persen. Sirup menempati posisi ke-3 dengan persentase sebesar 58 persen.

Minuman favorit masyarakat Indonesia saat berbuka puasa per Maret 2022 | GoodStats

Beberapa minuman lainnya yang disajikan ketika buka puasa di antaranya air kelapa (47 persen), berbagai macam jus buah (45 persen), cendol (28 persen), kopi (13 persen), boba (7 persen), dan minuman lainnya (3 persen).

Di sisi lain, umat non muslim turut menyemarakkan bulan Ramadan dengan mencicipi berbagai makanan dan minuman favorit saat berbuka puasa. Kolak menjadi makanan yang paling sering dibeli saat bulan puasa bagi umat non muslim dengan persentase sebesar 72 persen. Sementara berbagai macam jus buah menjadi minuman yang paling sering dibeli di bulan Ramadan dengan persentase sebesar 53 persen.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Tinggi Protein, Inilah Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Selama Bulan Ramadhan
Artikel Selanjutnya 5 Merek Air Mineral Paling Sering Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Ada Manis-Manisnya
Konten Terkait