Afghanistan Masih Menempati Peringkat Satu sebagai Negara Paling Tidak Aman

Konflik Invansi Rusia ke Ukraina menjadi pendorong utama penurunan perdamaian di dunia, sehingga Rusia dan Ukraina tergolong negara tidak aman

Afghanistan Masih Menempati Peringkat Satu sebagai Negara Paling Tidak Aman Istana Kepresidenan Afghanistan. (Sumber: dailysabah.com)

Kejahatan, perang, kekerasan, dan pembunuhan masih menjadi beberapa masalah yang harus dihadapi sejumlah negara di dunia. Meskipun konsep perdamaian dan hak asasi manusia (HAM) sering kali digaungkan, baik secara individual maupun oleh lembaga internasional, seperti Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), berbagai tekanan akibat perebutan kekuasaan atau ekonomi tidak pernah lenyap dari peradaban.

Meskipun setiap pemerintahan menginginkan masyarakat di negaranya dapat hidup dengan damai dan aman. Namun, faktanya masih ada sejumlah negara di dunia yang mengalami konflik sehingga penduduknya berada dalam kondisi tidak aman.

Global Peace Index 2023 merilis daftar negara berdasarkan skor. GPI disusun berdasarkan berbagai data, dengan tiga acuan utama, yakni tingkat keamanan dan keselamatan masyarakat, adanya konflik domestik dan internasional, serta tingkat militerisasi. Dengan ukuran tersebut, IEP menilai 99,7% populasi dunia.

Invasi Rusia ke Ukraina merupakan pendorong utama penurunan perdamaian secara global. Baik Rusia maupun Ukraina sekarang berada di peringkat di antara sepuluh negara paling tidak damai, dan Ukraina mengalami penurunan terbesar dari negara mana pun menurut Global Peace Indeks 2023.

Namun, ternyata negara yang paling tidak damai di dunia berdasarkan data GPI 2023 adalah Afghanistan dengan skor 3.448. Afghanistan menjadi urutan pertama sebagai negara yang paling tidak damai. Negara ini berbatasan langsung dengan Pakistan di timur dan selatan, Iran di barat, Turkmenistan dan Uzbekistan di utara, Tajikistan dan China di timur laut. Selama belasan tahun, Afghanistan mengalami perang.

Yaman berada di urutan kedua sebagai negara yang paling tidak aman. Menurut data Global Peace Index 2023, skor yang diraih Yaman adalah 3.350.

Suriah merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang heterogen. Masyarakat di negara ini terdiri dari banyak etnis, yang telah lama bersinggungan sejak dikenalnya Jalur Sutra. Suriah berada di urutan ketiga setelah Yaman sebagai negara paling tidak damai di dunia. Suriah mendapatkan skor 3,294 sesuai data Global Peace Index 2023.

Meskipun Eropa dinobatkan menjadi benua paling aman, konflik di Rusia memberikan pengaruh besar dalam keamanan Eropa secara umum. Rusia sendiri berada di peringkat 158 dengan skor 3.142. Peringkat ini adalah peringkat terendah keenam. Sementara itu, Ukraina sendiri berada pada peringkat ke-7 dengan skor 3.043.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X