7 Mobil Hybrid Paling Laku di Indonesia 2022

Mobil hybrid menggabungkan sistem bahan bakar fosil dengan listrik. Mobil hybrid memiliki sejumlah keunggulan tersendiri dibandingkan mobil bahan bakar fosil.

7 Mobil Hybrid Paling Laku di Indonesia 2022 Ilustrasi mobil hybrid | olgsera/Shutterstock

Mobil dengan sistem hybrid adalah jenis mobil yang menggabungkan sistem bahan bakar fosil dengan sistem bahan bakar listrik. Sistem ini biasanya terdiri dari mesin bensin yang terhubung dengan motor dan baterai listrik, sehingga mobil hybrid dapat menggunakan kedua jenis bahan bakar tersebut sesuai kebutuhan.

Mobil hybrid menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil atau mobil listrik. Mobil hybrid memiliki emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil, sehingga lebih ramah lingkungan. Selanjutnya, mobil hybrid biaya operasionalnya lebih hemat dibandingkan dengan mobil biasa, karena bahan bakar fosil yang digunakan mobil hybrid lebih sedikit.

Selain itu, mobil hybrid memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan dengan mobil listrik murni, karena bisa menggunakan bahan bakar fosil saat baterai habis. Namun harga mobil hybrid umumnya lebih mahal dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil, karena biaya produksi yang lebih tinggi.

Sejak masuknya mobil hybrid ke pasar Indonesia, penggunaan mobil hybrid di Indonesia telah mengalami peningkatan. Namun demikian, penggunaan mobil hybrid masih terbatas dibandingkan dengan mobil biasa, karena harga mobil hybrid yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan mobil biasa. Berikut adalah daftar mobil hybrid yang laku di pasar Indonesia untuk tahun 2022 dari bulan Januari hingga November, dilansir dari data Gaikindo.

7 mobil hybrid paling laku di Indonesia periode Januari-November 2022 | GoodStats

1. Toyota Corolla Cross Hybrid, terjual 920 unit

Spesifikasi dan Harga Corolla Cross Hybrid 2022 | PT. Toyota Astra Motor |  Mobil Terbaik Keluarga Indonesia
Toyota Corolla Cross Hybrid | PT Toyota Astra Motor

Toyota pertama kali memasukkan Corolla Cross hybridnya di tahun 2020 silam. Model ini menjadi mobil hybrid terlaris Toyota karena harganya yang paling murah untuk sebuah mobil hybrid pada saat pertama masuk Indonesia. Selain itu, mobil berjenis crossover memang sedang digandrungi masyarakat.

Mobil ini juga tersedia dengan mesin konvensional, namun ternyata tipe hybridnya lebih laku dibeli lantaran konsumsi BBMnya yang lebih irit. Toyota berhasil menjual 920 unit Corolla Cross hybrid sepanjang tahun ini.

2. Toyota Innova Zenix Hybrid, terjual 624 unit

All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV Features | PT. Toyota Astra Motor |  Mobil Terbaik Keluarga Indonesia
Toyota Innova Zenix Hybrid | PT Toyota Astra Motor

Walaupun baru saja diluncurkan di penghujung tahun, Toyota Innova Zenix hybrid menjadi salah satu jenis mobil hybrid terlaku di tanah air. Ini tentunya tidak lepas dari citra Innova sebagai penerus lini mobil legendaris, Toyota Kijang. Innova memang sudah tidak asing bagi orang Indonesia, tak heran bila generasi terbarunya ini mengundang animo masyarakat yang begitu besar

Sama seperti sebelumnya, Innova Zenix juga tersedia dengan tipe bermesin bensin biasa, namun versi hybridnya lah yang lebih laku terjual. Mobil hybrid yang baru rilis bulan November lalu ini kini sudah berhasil terjual sebanyak 624 unit.

3. Nissan Kicks e-Power, terjual 437 unit

5 Alasan Nissan Kicks e-POWER Jadi Mobil Listrik Unggulan di Indonesia
Nissan Kicks e-Power | Nissan Indonesia

Nissan pertama kali memperkenalkan Kicks e-Powernya di tahun 2020 silam, dan melakukan penyegaran model di tahun ini. Mobil hybrid ini bisa dibilang unik karena sistem hybridnya yang serial. Ini berarti mobil bergerak hanya dengan tenaga motor listriknya, dan mesin bensin berperan sebagai genset bagi baterai listriknya. Nissan berhasil menjual sebanyak 437 unit Kicks e-Power di penghujung 2022.

4. Toyota All New Camry Hybrid, terjual 258 unit

Spesifikasi dan Harga Camry Hybrid 2022 | PT. Toyota Astra Motor | Mobil  Terbaik Keluarga Indonesia
Toyota All New Camry Hybrid | PT Toyota Astra Motor

All New Camry hybrid menjadi mobil sedan bergaya mewah yang paling laris di Indonesia. Mobil ini pertama kali masuk ke tanah air di tahun 2021 lalu. Sama seperti produk Toyota lainnya, mobil ini juga tersedia dengan tipe mesin bakar biasa. Sebanyak 258 unit All New Camry hybrid telah terjual dari awal tahun 2022.

5. Toyota All New Corolla Altis Hybrid, terjual 177 unit

Spesikasi dan Harga Corolla Altis Hybrid 2022 | PT. Toyota Astra Motor |  Mobil Terbaik Keluarga Indonesia
Toyota All New Corolla Altis Hybrid | PT Toyota Astra Motor

Toyota meluncurkan All New Corolla Altis hybrid pada penghujung tahun 2019 silam. Walaupun begitu, mobil ini menjadi sedan medium bermesin hybrid terlaris di pasar Indonesia. Hadir dengan sistem pembantu pengemudinya yang pintar, Toyota Safety Sense, mobil ini telah terjual sebanyak 177 unit sepanjang tahun 2022.

6. Lexus ES 300h, terjual 158 unit

Lexus ES 300h Ultra Luxury | Sedan | Lexus Indonesia
Lexus ES 300h | Lexus Indonesia

Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara bagi Lexus untuk meluncurkan ES 300h nya, di tahun 2018 lalu. Mobil sedan premium yang dibanderol lebih dari Rp1,2 milyar itu menjadi sedan mewah hybrid terlaku kedua setelah Camry hybrid. Lexus telah menjual sebanyak 158 unit mobil ini sepanjang 2022.

7. Wuling Almaz RS Hybrid, terjual 115 unit

Almaz Hybrid - Aurora Silver
Wuling Almaz RS Hybrid | Wuling

Sama seperti Innova Zenix, Wuling Almaz RS bermesin hybrid ini merupakan pendatang baru di persaingan mobil hybrid Indonesia. Walaupun baru saja dirilis pada awal November lalu, mobil ini sudah laku terjual 115 unit. Kini Almaz hybrid yang dirakit oleh pabrik Wuling di Cikarang ini adalah mobil hybrid paling terjangkau di Indonesia.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya BPS: Persentase Pemuda yang Tak Ingin Cepat Menikah Naik Tiap Tahunnya
Artikel Selanjutnya Hingga 2022, Masih Ada 20 Persen Rumah Tangga di Papua Tanpa Akses Listrik
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook