7 Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia 2022

Keluarga kerajaan, selain disorot karena memiliki warisan budaya yang melekat dengan kental juga dikenal memiliki harta kekayaan dalam jumlah fantastis.

7 Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia 2022 Potret keluarga kerajaan Inggris pada tahun 2018 | Lorna Roberts/Shutterstock

Pada era modern seperti saat ini, masih terdapat sejumlah negara yang menerapkan sistem pemerintahan monarki atau kerajaan. Sistem pemerintahan ini memiliki raja atau ratu yang menjabat sebagai pemimpin negara.

Selain memiliki warisan budaya yang melekat dengan kental, kekayaan keluarga kerajaan yang tergolong fantastis menjadi salah satu sorotan masyarakat dunia. Beberapa keluarga kerajaan mencatatkan jumlah harta yang melimpah.

Mengutip dari The Richest, Arab Saudi menempati peringkat pertama negara dengan keluarga kerajaan terkaya di dunia. Adapun total kekayaan yang dimiliki keluarga kerajaan Arab Saudi mencapai 1.400 miliar dolar AS pada tahun 2022.

7 keluarga kerajaan terkaya di dunia tahun 2022 | Fauziah/GoodStats

King Salman, raja Arab Saudi yang telah memimpin sejak tahun 2015 diyakini memiliki kekayaan mencapai 18 miliar dolar AS, menjadikan King Salman sebagai anggota kerajaan terkaya di dunia.

Di samping itu, Pangeran Alwaleed bin Talal menjadi anggota kerajaan ke-2 terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih sekitar 16 miliar dolar AS. Pangeran Alwaleed bin Talel diketahui sempat menyumbangkan dana akuisisi Twitter yang ingin dilakukan oleh Elon Musk senilai 1,9 miliar dolar AS.

Berikutnya, keluarga kerajaan Kuwait menempati posisi ke-2 dengan total kekayaan sebesar 360 miliar dolar AS. Keluarga kerajaan Qatar menyusul di posisi ke-3 dengan total kekayaan 335 miliar dolar AS, diikuti keluarga kerajaan Abu Dhabi dengan kekayaan senilai 150 miliar dolar AS.

Sementara itu, keluarga kerajaan Inggris yang baru-baru ini tengah berduka karena wafatnya Ratu Elizabeth II berada di posisi ke-5. Adapun keluarga kerajaan Inggris mencatatkan total kekayaan sebesar 88 miliar dolar AS pada tahun 2022.

Di sisi lain, Thailand dan Brunei menempati posisi ke-6 dan ke-7 dengan raihan total kekayaan sebesar 60 miliar dan 28 miliar dolar AS pada tahun 2022. Selain itu, beberapa keluarga kerajaan negara lainnya dengan total kekayaan yang sangat besar antara lain Dubai, Maroko, dan juga Liechtenstein.

Adapun daftar keluarga kerajaan terkaya di dunia didominasi oleh negara-negara dari benua Asia, khususnya wilayah Timur Tengah.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Komnas Perempuan Soroti Ratusan Kasus Kekerasan Perempuan yang Libatkan TNI
Artikel Selanjutnya Melirik Berapa Harga Jual Data Pribadi di Dark Web
Konten Terkait