5 Negara Tercuan di Kripto Tahun 2023, Indonesia Masuk?

Indonesia masuk ke dalam 5 negara tercuan dalam kripto di dunia mengalahkan negara-negara eropa lainnya.

5 Negara Tercuan di Kripto Tahun 2023, Indonesia Masuk? Ilustrasi mata uang kripto | Dokument by ajaib.com

Kripto atau disebut juga cryptocurrency merupakan mata uang digital yang menggunakan kriptografi untuk keamanan transaksi dan mengontrol penciptaan unit baru.

Kripto sendiri berbeda dengan uang fiat yang selama ini orang-orang gunakan untuk transaksi suatu barang, jasa, dan lainnya. Kripto juga tidak diatur oleh pemerintah atau bank sentral negara manapun, melainkan kripto beroprasi di jaringan terdesentralisasi yang disebut blockchain.

Mata uang kripto yang paling terkenal adalah Bitcoin. Bitcoin sendiri diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah dalam pembayaran antara pihak pertama dan pihak kedua tanpa melibatkan pihak ketiga seperti yang di terapkan dalam pembayaran uang fiat yang masih menggunakan bank sentral.

Kemunculan kripto ini awalnya memiliki keraguan di masyarkat, tetapi setelah berjalan bertahun-tahun mulai banyak orang yang mempelajari mengenai kripto ini dan ikut melakukan aktivitas investasi, bisnis, dan kegiatan lainnya di dunia kripto.

Seiring berjalannya waktu, mulai banyak orang yang tertarik dengan dunia kripto termasuk masyarakat di Indonesia sendiri. Berdasarkan kajian lembaga riset Chainalysis, Indonesia masuk ke dalam 5 negara investor tercuan di dunia.


Para investor asal Indonesia masuk ke dalam lima besar negara dengan pendapatan terbesar di dunia kripto sepanjang tahun 2023. Data ini diunggah oleh lembaga riset Chainalysis pada pertengahan Maret 2024.

Data Tim Chanalysis juga memperkirakan keuntungan yang diperoleh investor secara global sepanjang tahun 2023 mencapai US$37,6 miliar.

Amerika Serikat merupakan negara pertama dengan penghasilan terbesar di dunia kripto sepanjang tahun 2023 yang mencapai hingga US9,36 miliar. Dilihat daro adopsi kripto di negara tersebut, memiliki masyarakat yang sangat tertarik di dunia kripto ini.

Diposisi kedua ada negara Inggris dengan total keuntungan sekitar US$1,39 miliar, jika di bandingkan dengan negara Amerika Serikat yang menduduki posisi pertama, angka selisih Inggris cukup jauh.

Di posisi ketiga ada dari negara tetangga yaitu Vietnam. Negara ini memiliki masyarkat yang memiliki minat cukup tinggi terhadap dunia kripto. Keuntungan negara Vietnam mencapai US1,18 miliar.

Di posisi keempat ada dari negara China yang memiliki keuntungan terbesar di dunia dalam kripto. Negara dengan populasi terbesar ini memiliki masyarakat yang mulai tertarik dengan dunia kripto dengan penghasilan sepanjang tahun 2023 mencapai US$1,15 miliar.

Di posisi kelima ada negara Indonesia yang memiliki pendapatan tertinggi di dunia. Masyarakat Indonesia memiliki daya tarik terhadap kripto yang tinggi, dengan masuk ke dalam lima besar negara paling cuan di dunia, membuktikan bahwa Indonesia tidak kalah saing dalam dunia kripto ini.

Indonesia mendapatkan keuntungan mencapai US$1,06 miliar dari dunia kripto sepanjang tahun 2023.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 Restoran Cepat Saji Favorit Saat Berbuka Puasa 2024, Tahun Ini Banyak Perubahan

Hokben nomor satu tahun ini. Jawara sebelumnya yaitu McDonald's terjun ke nomor empat, turun 17,19% dibanding 2023.

Mengapa Fresh Graduate Sulit Dapat Pekerjaan?

BPS merilis bahwa mayoritas dari populasi pengangguran terbuka terdiri dari kelompok usia 20-24 tahun, yaitu sebesar 2,39 juta orang. Apa alasan dibaliknya?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X