5 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia

Kepadatan penduduk bisa menjadi indikator sumber daya bagi suatu wilayah. Berikut 5 negara dengan penduduk terpadat di dunia.

5 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia Ilustrasi Peta Dunia. Sumber: Freepik

Bila membahas tentang kepadatan penduduk, Indonesia memang bisa dikategorikan sebagai negara dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Tingkat kepadatan penduduk sebenarnya merupakan sebuah indikator awal untuk mendeteksi perkembangan di suatu wilayah, bahkan beserta seluruh kemungkinan dampak yang dapat ditimbulkan. Perbedaan sumber daya pun dapat diukur melalui kepadatan penduduk sebagai indikatornya.

Di Indonesia, kepadatan penduduk antara wilayah atu dengan lainnya berbeda-beda. Hal ini dikarenakan berbagai faktor, seperti adanya lahan atau wilayah yang tidak cocok untuk dijadikan tempat tinggal. Wilayah dengan berbagai faktor penunjang yang memadai seperti akses transportasi, atau pun wilayah yang memilii tingkat kesburuan tanah yang tinggi, cenderung memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.

Dilansir dari World Population Review, berikut 5 peringkat teratas negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Jumlah Populasi 5 Negara Terpadat di Dunia. (*berdasarkan live count World Population Review per-27 Oktober 2023)

1. India

Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) pernah memprediksikan bahwa India akan menempati posisi pertama negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggantikan China. Tahun 2022, populasi penduduk di India mencapai 1,417 miliar jiwa. Di tahun 2023, angkanya meningkat menjadi 1,432 miliar jiwa.

2. China

Kini, China telah menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua. Tahun 2022 lalu, China memang memiliki angka populasi yang lebih tinggi dari India, yaitu 1,425 miliar jiwa. Namun, populasi di China tidak bertambah banyak pada tahun berikutnya dengan masih di angka 1,425 miliar jiwa. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah adanya ketidakseimbangan antara jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki dan jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan di China.

3. Amerika Serikat

Di peringkat ketiga ada Amerika serikat dengan jumlah populasi di tahun 2023 yang mencapai 340 juta jiwa. Angka ini meningkat dengan jumlah sebelumnya pada tahun 2022, yaitu sebesar 338 juta jiwa. Menjadi negara dengan penduduk terpadan di benua Amerika, Amerika Serikat menduduki peringkat ketiga dengan New York sebagai kota terpadatnya, yaitu 8,4 juta jiwa.

4. Indonesia

Menduduki peringkat keempat, Indonesia memiliki penduduk sejumlah 275 juta jiwa pada tahun 2022. DI tahun 2023, angka populasinya naik menjadi 278 juta jiwa. Di antara negara kepulauan yang lain, Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah penduduk paling banyak.

5. Pakistan

Tahun 2022, Pakistan memiliki penduduk sebanyak 235 juta jiwa. Angka tersebut naik di tahun berikutnya, menjadi 242 juta jiwa. Pakistan juga merupakan negara dengan jumlah penduduk Islam terbanyak kedua setelah Indonesia.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X