5 Mobil Listrik yang Laku di Indonesia 2022, Ada Rakitan Lokal

Indonesia tengah gencar melakukan upaya transisi energi berkelanjutan salah satunya melalui percepatan implementasi kendaraan listrik di tanah air.

5 Mobil Listrik yang Laku di Indonesia 2022, Ada Rakitan Lokal Mobil listrik dalam rangkaian acara Presidensi G20 Indonesia 2022 | haryanta.p/Shutterstock

Mobil listrik atau electric vehicle (EV) belakangan ini menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Mobil listrik digadang-gadang mampu mengurangi polusi udara lantaran sumber tenaganya bukanlah bahan bakar minyak, namun berbentuk baterai. Ini membuat mobil listrik tidak menghasilkan gas buang saat dikendarai.

Tidak hanya itu, mobil listrik juga mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan mobil biasa. Mulai dari tidak adanya suara mesin bakar yang membuatnya senyap saat dikendarai, tenaga motor listrik yang instan dan besar, hingga harga sumber tenaga listriknya yang lebih murah dari harga bahan bakar minyak. Bahkan, kabarnya pemerintah merencanakan subsidi sebesar Rp80 juta untuk pembelian mobil listrik di tahun 2023. 

Mobil listrik juga menjadi sorotan saat KTT G20 November lalu karena pemerintah menjadikan mobil listrik jenis Hyundai Genesis G80 EV sebagai mobil resmi untuk para delegasi konferensi. Hal tersebut menjadi salah satu usaha pemerintah untuk mempromosikan penggunaan mobil listrik bagi Indonesia dan dunia.

Berbagai merek dan tipe mobil listrik sudah dipasarkan di tanah air sejak beberapa tahun lalu. Untuk tahun 2022 ini, ada beberapa merek dan nama mobil listrik yang namanya tenar, seperti Wuling dengan Air EVnya dan Hyundai dengan Ioniq 5nya. Hal itu dapat dilihat dari jumlah penjualan mobil listrik tersebut. Berikut adalah daftar 10 mobil listrik paling laku di Indonesia untuk tahun 2022 dari bulan Januari hingga November, dilansir dari data Gaikindo.

5 mobil listrik paling laku di Indonesia tahun 2022 | GoodStats

1. Wuling Air EV, terjual 5.921 unit

Wuling Air EV | haryanta.p/Shutterstock

Wuling menggebrak pasar mobil listrik nasional dengan menghadirkan Air EVnya. Mobil listrik ini tergolong berukuran kecil dan diperuntukkan untuk pemakaian dalam kota. Air EV pabrikan Wuling ini dirakit di pabrik PT SGMW Motor Indonesia, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Mobil listrik berukuran kompak ini ditawarkan dengan 2 tipe, Standard Range yang terjual sebanyak 1.122 unit, dan Long Range yang terjual sebanyak 4.799 unit. Harganya pun cukup terjangkau untuk sebuah mobil listrik, berkisar dari Rp238 juta hingga Rp311 juta.

2. Hyundai Ioniq 5, terjual 1.786 unit

IONIQ 5 : Highlights | Mobil Listrik | Hyundai Indonesia
Hyundai Ioniq 5 | Hyundai

Hyundai Ioniq 5 namanya sempat tenar beberapa waktu lalu. Mobil listrik ini adalah yang pertama kalinya dirakit di tanah air, tepatnya di pabrik Hyundai yang berada di Cikarang, Jawa Barat. Ioniq 5 juga sempat menjadi mobil resmi yang untuk keperluan KTT G20 pada November lalu.

Harga Ioniq 5 sendiri berkisar antara Rp748 juta hingga Rp859 juta. Mobil listrik ini hadir dengan 4 tipe yakni Prime Standard yang terjual 36 unit, Prime Long Range yang terjual 78 unit, Signature Standard yang terjual 197 unit dan tipe paling atas serta terlarisnya Signature Long Range yang terjual sebanyak 1.475 unit.

3. Nissan Leaf, terjual 52 unit

7 Alasan The All-New Nissan Leaf Jadi Mobil Listrik Unggulan
Nissan Leaf | Nissan Indonesia

Nissan Leaf merupakan mobil listrik buatan pabrikan Jepang yaitu Nissan. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 dan telah menjadi salah satu mobil listrik terlaris di dunia. Mobil ini masih dirakit di luar negeri dan diimpor utuh ke Indonesia, membuat harganya kurang bersaing. Di Indonesia, Nissan Leaf dibanderol dengan harga Rp730 jutaan. Total penjualan mobil ini di tahun 2022 adalah 52 unit.

4. Hyundai Ioniq EV, terjual 46 unit

Hyundai - Ioniq Electric
Hyundai Ioniq EV | Hyundai

Hyundai Ioniq Electric adalah salah satu lini mobil listrik yang diproduksi oleh Hyundai. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 dan telah tersedia di beberapa negara, dan masuk ke Indonesia pada tahun 2020 lalu. Mobil listrik pendahulu Ioniq 5 ini rencananya akan dihentikan penjualan serta produksinya di tahun 2023 mendatang.

Di Indonesia, Hyundai Ioniq EV tersedia dalam dua varian, yaitu varian Prime yang terjual 4 unit, dan varian Signature yang terjual 41 unit. Harga mobil listrik ini berkisar dari Rp682 juta hingga Rp723 juta.

5. Lexus UX 300e, terjual 42 unit

Lexus UX 300e | Electric | SUV | Lexus Indonesia
Lexus UX 300e | Lexus Indonesia

UX300e adalah mobil listrik yang diproduksi oleh Lexus, merk mobil premium dari Toyota. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020 dan telah tersedia di beberapa negara, dan diperkenalkan ke Indonesia dari tahun 2020 lalu. 

Mobil listrik berjenis compact luxury crossover ini dibanderol dengan harga Rp1,4 milyar. Walaupun harga Lexus UX300e lebih mahal dibandingkan dengan mobil listrik lain, mobil ini memiliki fitur dan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil listrik lain yang tersedia di pasar Indonesia.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 7 Kota Paling Cakap Berbahasa Inggris di Indonesia
Artikel Selanjutnya Polri: Terdapat 43 Kecelakaan dan 11.545 Pelanggaran Lalin pada H-1 Natal
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook