5 Makanan Manis Street Food Indonesia Terbaik Menurut Dunia

Jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan dari makanan-makanan manis yang luar biasa yang diakui dunia ini

5 Makanan Manis Street Food Indonesia Terbaik Menurut Dunia Makanan Manis Street Food Indonesia | Sumber : Instagram @revadyan

Indonesia, selain memiliki keindahan alam yang memukau, juga dikenal akan kekayaan budaya kuliner yang sangat beragam. Salah satu hal yang paling menggugah selera di Indonesia adalah makanan manis ala street food yang lezat dan menggoda. Dituliskan dalam laman resmi Taste Atlas, Indonesia berhasil meraih peringkat atas dengan beberapa makanan manis yang terkenal di seluruh dunia. Inilah lima makanan manis street food Indonesia terbaik yang mendapat pengakuan dari dunia.

1. Serabi (Rating: 4,7)

Serabi | Sumber : Freepik

Serabi adalah pancake kecil yang mengundang selera dengan cita rasa autentik Indonesia. Terbuat dari campuran tepung beras yang lembut, santan yang kaya, dan gula kelapa yang manis, Serabi menjadi salah satu ikon kuliner street food yang tak bisa dilewatkan di Indonesia. Keunikan Serabi terletak pada beragam pilihan topping yang dapat Anda pilih sesuai selera, mulai dari cokelat yang meleleh, keju yang gurih, hingga pisang yang manis. 

Rasanya yang lembut dan manis membuat Serabi menjadi hidangan manis yang paling dicari di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, Serabi juga meraih peringkat kedua di dunia dalam daftar Taste Atlas dengan rating 4,7 poin dari 5 poin, tepat di bawah Pastel de Nata asal Portugal, membuktikan bahwa kelezatannya tidak hanya diakui secara lokal, tetapi juga di kancah internasional.

2. Pisang Goreng (Rating: 4,5)

Pisang Goreng | Sumber : Freepik

Ketika berbicara tentang makanan manis street food di Indonesia, pisang goreng adalah salah satu yang pertama kali terlintas dalam pikiran. Saking terkenalnya, pisang goreng berhasil menempati peringkat ke-10 dari seluruh dunia. Potongan pisang yang dibalut adonan tepung dan digoreng hingga kecoklatan ini adalah camilan yang tidak bisa dilewatkan bagi siapa pun yang mengunjungi Indonesia. Rasanya yang manis, renyah di luar, dan lembut di dalam membuatnya menjadi favorit sejati tiap orang. Pisang goreng juga berhasil meraih peringkat pertama dalam kategori ‘best deep fried dessert’ menurut Taste Atlas. 

Pisang goreng juga memiliki nilai budaya dan tradisional yang kuat di Indonesia. Ini sering kali dianggap sebagai simbol kehangatan dan keakraban dalam pertemuan keluarga atau teman-teman.Pisang goreng menjadi bukti betapa pentingnya makanan manis ini dalam kancah kuliner global. Jadi, jika Anda pernah berkunjung ke Indonesia, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi pisang goreng yang lezat ini, karena itu adalah pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

3. Kue Ape (Rating: 4,4, Urutan ke-20 Dunia)

Kue Ape | Sumber : Wikipedia

Kue Ape atau Kue Tete yang berasal dari Jakarta adalah  salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri. Kue Ape umumnya terbuat dari bahan dasar utama yaitu tepung beras yang dibentuk menjadi bulatan kecil dengan adonan yang lembut dan kenyal. Setelah itu, bulatan-bulatan kecil ini biasanya digoreng hingga berwarna keemasan. Salah satu ciri khas utama dari kue Ape adalah lubang kecil di tengahnya, sehingga bentuknya menyerupai cincin atau donat mini.

Kue  biasanya dijual sebagai makanan ringan atau jajanan pasar, dan seringkali menjadi camilan favorit di berbagai acara tradisional, seperti pernikahan, lebaran, atau acara keluarga. Rasa yang lezat, tekstur yang kenyal, dan keunikan bentuknya membuat kue Ape menjadi favorit di kalangan masyarakat Jakarta dan pecinta kuliner Indonesia.Kue Ape khas Jakarta telah berhasil mencapai urutan ke-23 dengan rating 4,4 poin di antara berbagai variasi kue dari seluruh penjuru dunia

4. Kue Putu (Rating: 4,3, Urutan ke-23 Dunia)

Kue Putu | Sumber : Shutterstock/Herman Suparman

Ketika Anda pertama kali melihatnya, warna hijau khasnya akan langsung menarik perhatian Anda. Namun, yang membuat Kue Putu benar-benar istimewa adalah rasa manis gula merah yang khas, yang begitu otentik dan memikat ditambah balutan parutan kelapa dan tepung beras butiran kasar. Dibuat dengan mencampur tepung beras dan gula merah yang dimasukkan ke dalam tabung bambu, lalu dikukus hingga matang. Kue Putu adalah makanan manis tradisional yang berasal dari Jawa. 

Meskipun penjualnya semakin sulit ditemui, Kue Putu tetap menjadi salah satu camilan favorit di Indonesia. Dan sekarang, kita bisa merasa lebih bangga lagi karena jajanan tradisional Indonesia ini telah diakui di seluruh dunia. Menurut TasteAtlas, Kue Putu bahkan berhasil berada di urutan ke-23 di dunia dengan rating 4,3 poin.

5. Getuk (Rating: 3,7, Urutan ke-80 Dunia)

Getuk | Sumber : IG @kuejajanantradisional

Getuk adalah salah satu contoh sederhana dari bagaimana bahan-bahan yang umum dapat diubah menjadi sesuatu yang luar biasa. Terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula kelapa, Getuk menghadirkan rasa manis yang lembut dan menggoda.

Bahkan meskipun Getuk berada di urutan ke-80 dalam daftar dunia dengan rating 3,7, ini adalah hidangan yang mencerminkan sifat rendah hati dan tradisional dari kuliner Indonesia. Getuk membuktikan bahwa kelezatan tidak selalu harus rumit, tetapi dapat ditemukan dalam sederhana. Rasanya yang manis dan teksturnya yang unik membuatnya menjadi pilihan yang patut dicoba bagi siapa pun yang ingin merasakan sepotong kecil dari keanekaragaman rasa Indonesia yang luar biasa.

Inilah lima street food manis terbaik Indonesia versi dunia melalui penilaian Taste Atlas. Keindahan kuliner Indonesia tidak hanya terletak pada rasa yang luar biasa, tetapi juga pada keanekaragaman dan tradisi yang menghiasi setiap hidangan.

Penulis: Kurnia Elma Armavillia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Air Mineral Kemasan Favorit Orang Indonesia Saat Berbuka Puasa di 2024

Survei "Pola Perilaku Masyarakat Saat Ramadan & IdulFitri 2" mengungkap brand air mineral favorit saat berbuka puasa. Kira-kira mana yang paling banyak dipilih?

5 Jenis Kopi Favorit di Indonesia, Lebih Banyak Kopi Manis?

Mulai dari olahan kopi pahit hingga olahan kopi manis, berikut jenis-jenis kopi favorit masyarakat Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X