5 Kebakaran Hutan Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Kebakaran hutan menjadi salah satu bencana dengan dampak yang meluas. Berikut daftar kebakaran hutan dengan korban terbanyak di dunia.

5 Kebakaran Hutan Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Ilustrasi Kebakaran Hutan. Sumber: Freepik.

Salah satu bencana tahunan yang sering kali terjadi di berbagai belahan dunia adalah kebakaran hutan. Meskipun kerap kal terjadi di alam liar, kebakaran hutan juga memiliki dampak yang cukup besar mengingat kobarannya yang dapat menghanguskan pemukiman bahkan lahan-lahan pertanian di sekitarnya. Kebakaran hutan biasanya terjadi dengan skala yang besar dengan kecepatan perluasannya yang tinggi dan tidak terkontrol. Penyebab utama dari kebakaran hutan tentu dapat dipengaruhi oleh faktor alam atau pun faktor perbuatan manusia. Faktor alam contohnya adalah sambaran petir dan musim kemarau yang panjang. Sedangkan faktor perbuatan manusia seperti pembakaran sampah yang dilakukan dalam hutan dan membuang puntung rokok di area sekitar hutan. Dalam sejarah dunia, pernah tercatat beberapa kebakaran hutan paling mematikan dengan jumlah korban jiwa yang besar. Dilansir dari databoks, berikut daftarnya.

Kebakaran hutan terbesar di dunia dan jumlah korban jiwanya
  1. Kebakaran Peshtigo (1871)

Kebakaran yang terjadi pada 8 Oktober 1871 ini menempati posisi pertama karena peristiwanya menewaskan kurang lebih hingga 1.500 jiwa. Seluruh wilayah dari Grreat Lake terkena dampak dari kebakaran ini dan menyebar ke seluruh negara bagian Amerika Serikat.

  1. Kebakaran Michigan (1881)

Posisi kedua ditempati oleh kebakaran yang terjadi di Michigan Timur pada 5 Seotember 1881. Pada saat kebakaran tersebut terjadi, wilayah Michigan sedang dilanda musim panas dan kekeringan, yang memperparah besarnya kobaran api. Korban jiwa dari kebakaran ini mencapai 482 jiwa.

  1. Kebakaran Cloquet (1918)

Dikenal sebagai The Cloquet-Moose Lake Fire, kebakaran yang terjadi pada 12 Oktober 1918 di Minnesota ini menewaskan hingga 453 jiwa. Kobaran api kebakaran ini membakar kurang lebih 1.500 mil persegi. Ketika kebakaran ini terjadi, Minnesota sedang dilanda musim panas dan keadaannya sangat kering yang memperparah kobaran api.

  1. Kebakaran Hinckley (1894)

Kebakaran yang terjadi pada 1 September 1894 ini terjadi di wilayah bagian utara atau yang dikenal dengan wilayah Upper Midwest Amerika Serikat. Kebakaran ini melanda Kota Hinckley, kota yang baru saja didirikan dan populasinya hanya sekitar 1.500 orang. Penduduk yang tidak sempat menyelamatkan diri mencoba menyelam ke rawa-rawa, namun sayangnya banyak dari mereka tewas tenggelam. Kebakaran Hinckley ini menewaskan 418 jiwa.

  1. Kebakaran Chicago (1871)

Kebakaran besar yang dimulai pada 8 Oktober 1871 di Chicago dan baru bisa dipadamkan dua hari setelahnya ini menewaskan 290 jiwa dan menghancurkan kurang lebih 3,3 mil persegi wilayah Chicago dan Illinois. Kebakaran ini menimbulkan kericuhan lainnya yaitu terjadinya penjarahan dan keadaan keamanan yang tak menentuk di Chicago hingga harus mengerahkan para tantara dengan status wilayah yang darurat militer.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia Kembali ke Angka 10 tahun Lalu

Meski sempat mengalami fluktuasi, Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia pada 2023 kembali ke angka yang sama seperti 2014.

Dari Sekian Kota Besar Dunia, Udara Jakarta Paling Berpolusi

Meskipun bukan lagi hal asing, polusi udara Jakarta dan kota lain di Indonesia masih perlu menjadi perhatian.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook