10 Universitas Terbaik Dunia untuk Menempuh Pendidikan

Inilah top 10 universitas unggulan dunia dengan penelitian hingga inovasi pengajaran terbaik. Temukan universitas yang cocok untuk tujuan studi ke luar negeri!

10 Universitas Terbaik Dunia untuk Menempuh Pendidikan Ilustrasi Mahasiswa Internasional | Shutterstock

Studi di luar negeri menjadi kesempatan emas bagi banyak pelajar untuk mendapatkan pengalaman baru, memperluas jaringan, dan membuka wawasan lebih mengenai keadaan dunia.

Tidak hanya itu, pengalaman belajar di luar negeri sering kali menjadi nilai tambah saat mencari pekerjaan, sehingga mampu membuka peluang karier yang lebih baik di masa depan.

Reputasi Baik Perguruan Tinggi Mencerminkan Kualitas

Masih banyak calon mahasiswa yang merasa kesulitan dalam memilih universitas untuk studi di luar negeri karena beragamnya pilihan yang ada. Penting bagi calon mahasiswa untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti kualitas akademik hingga reputasi global.

Berikut ini adalah 10 universitas terbaik dunia yang layak dipertimbangkan sebagai tujuan melanjutkan studi berdasarkan QS World Rankings 2025.

MIT menempati peringkat pertama sebagai universitas terbaik dunia dengan skor sempurna. | GoodStats
MIT menempati peringkat pertama sebagai universitas terbaik dunia dengan skor sempurna | GoodStats

Grafik di atas memperlihatkan sepuluh universitas terbaik dunia yang diawali oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan berakhir dengan California Institute of Technology (Caltech). Setiap universitas memiliki skor yang terbilang tinggi, seluruhnya berhasil menembus angka 90, bahkan MIT mencapai skor 100 poin.

Perlu diketahui, skor 100 yang diperoleh MIT bukan berarti universitas itu sempurna secara mutlak atau tidak memiliki kekurangan. Skor ini menggambarkan bahwa pada saat pengukuran, MIT menonjol sebagai salah satu universitas paling kompetitif di dunia.

Baca Juga: 10 Universitas Islam Terbaik di Dunia 2024, Ada dari Indonesia

Universitas terbaik dunia di atas terpilih melalui beberapa indikator utama yang mencakup berbagai aspek kualitas pendidikan, penelitian, dan reputasi. Artinya, skor yang didapat menunjukkan baiknya aspek tersebut di universitas terpilih.

Evaluasi yang menyeluruh pada aspek itu membantu memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kualitas dan reputasi universitas di tingkat global.

Mengapa Skor Tahun 2025 Sudah Keluar di 2024?

Peringkat universitas terbaik oleh QS World sejauh ini selalu dirilis setahun lebih awal untuk mencerminkan data dan tren terbaru mengenai perguruan tinggi dunia. Perilisan yang lebih awal bertujuan untuk memberikan panduan yang tepat bagi calon mahasiswa untuk merencanakan tahun akademik mendatang.

Peringkat yang dirilis pada tahun 2025 mencerminkan data dan kinerja universitas pada tahun akademik 2024-2025, dan pola ini berlaku untuk latar waktu lainnya. Keberadaan data ini tidak hanya penting untuk persiapan mahasiswa semata, tetapi juga berguna bagi institusi dalam merencanakan strategi akademik hingga kebutuhan pemasaran.

Inilah 10 Universitas Terbaik Dunia 2025!

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT pertahankan posisi 1 perguruan tinggi terbaik selama 4 tahun berturut-turut. | GoodStats
MIT pertahankan posisi pertama perguruan tinggi terbaik selama empat tahun berturut-turut | GoodStats

MIT terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Kampus ini dikenal sebagai pusat inovasi dan penelitian di bidang sains, teknologi, dan teknik. Dengan reputasi top 1 yang diakui selama empat tahun berturut-turut, perguruan tinggi ini cocok bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami teknologi dan keilmuan teknik lebih lanjut.

2. Imperial College London

Selama 4 tahun terakhir, ICL menunjukkan kenaikan peringkat tertinggi di tahun ajaran 2025. | GoodStats
Selama empat tahun terakhir, ICL menunjukkan kenaikan peringkat tertinggi di tahun ajaran 2025 | GoodStats

Imperial College London berfokus pada STEM atau Science, Technology, Engineering, and Mathematics yang menawarkan berbagai program dan penelitian untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan teknologi dan ilmiah masa depan.

Lokasi perguruan tinggi ini berada di London, Inggris, dengan kampus utamanya di daerah South Kensington.

3. University of Oxford

Universitas Oxford tidak pernah keluar dari posisi 4 besar dunia sejak 2022. | GoodStats
Universitas Oxford tidak pernah keluar dari posisi empat besar dunia sejak 2022 | GoodStats

University of Oxford merupakan salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di dunia. Di sana, mahasiswa dapat menikmati lingkungan akademik yang kaya sejarah dan tradisi, sehingga tepat bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami penelitian di bidang tersebut.

Universitas ini terletak sekitar 90 kilometer barat laut London berlokasi di kota Oxford, Inggris.

4. Harvard University

Cukup stabil, peringkat Harvard belum pernah keluar 5 besar selama 4 tahun terakhir. | GoodStats
Cukup stabil, Harvard belum pernah keluar dari peringkat lima besar selama empat tahun terakhir | GoodStats

Sebagai salah satu universitas paling terkenal di dunia, Harvard University menawarkan dinamika pengalaman akademik yang beragam, mulai dari sosial humaniora hingga kesehatan masyarakat dan kedokteran

Banyak tokoh terkemuka dunia yang lulus dan bahkan masih terlibat dalam proyek penelitian di Harvard. Sama seperti MIT, universitas ini juga berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

5. University of Cambridge

Setelah sebelumnya berada di posisi 2, Universitas Cambridge turun ke peringkat 5 di tahun 2025. | GoodStats
Setelah sebelumnya berada di posisi kedua, Universitas Cambridge turun ke peringkat lima di tahun 2025 | GoodStats

University of Cambridge terletak di Cambridge, Inggris, dikenal dengan keunggulannya di berbagai bidang akademik, tetapi memiliki fokus khusus dalam ilmu humaniora, ilmu sosial, dan ilmu alam.

Universitas ini juga terkenal akan kekuatan dalam penelitian dengan pendekatan interdisiplinernya.

Baca Juga: Universitas Terbaik di Ruangguru Clash of Champions: Banyak dari Top 500 QS World Rank!

6. Stanford University

Untuk pertama kali sejak 2022, Universitas Stanford keluar dari posisi 5 besarnya. | GoodStats
Untuk pertama kali sejak 2022, Universitas Stanford keluar dari posisi lima besarnya | GoodStats

Stanford University terletak di daerah Silicon Valley, tepatnya di Stanford, California, Amerika Serikat. Kedekatannya dengan Silicon Valley memungkinkan mahasiswa untuk memiliki akses ke perusahaan teknologi terkemuka dan ekosistem kewirausahaan yang berkembang pesat.

Dengan demikian, universitas ini sangat cocok bagi mahasiswa yang tertarik dalam bidang sains, teknologi, hingga bisnis.

7. ETH Zurich

ETH selalu masuk 10 besar kampus top dunia dalam 4 tahun terakhir. | GoodStats
ETH selalu masuk sepuluh besar kampus top dunia dalam empat tahun terakhir | GoodStats

ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology) berlokasi di Zurich, Swiss. Perguruan tinggi ini dikenal sebagai salah satu institusi teknik dan sains terkemuka di dunia. Dengan fokus STEM, ETH Zurich memiliki reputasi global baik untuk penelitian ilmu eksak.

8. National University of Singapore (NUS)

NUS berhasil mempertahankan posisinya di peringkat 8 selama 2 tahun berturut-turut. | GoodStats
NUS berhasil mempertahankan posisinya di peringkat delapan selama dua tahun berturut-turut | GoodStats

National University of Singapore atau NUS menjadi satu-satunya universitas top 10 dunia yang berada di Asia, tepatnya di Singapura.

NUS memiliki fokus yang luas, termasuk ilmu sosial, teknik, komputer, kedokteran, hingga bisnis. Karena lokasinya yang dekat, banyak pelajar Indonesia yang menargetkan NUS sebagai sekolah tinggi impiannya.

9. University College London (UCL)

UCL mempertahankan posisi 9 setelah sebelumnya sempat turun 1 peringkat di 2024. | GoodStats
UCL mempertahankan posisi kesembilan setelah sebelumnya sempat turun satu peringkat di 2024 | GoodStats

Didirikan pada tahun 1826, UCL menjadi universitas pertama di London, Inggris yang mengedepankan inklusivitas dengan menerima mahasiswa tanpa memandang ras, agama, serta jenis kelamin.

Universitas ini tepat bagi mahasiswa yang ingin belajar ilmu humaniora seperti sejarah dan budaya. Tetapi tidak hanya itu, UCL juga terkenal dengan keunggulannya di bidang teknik, ilmu komputer, kedokteran, ekonomi, hingga hukum.

10. California Institute of Technology (Caltech)

Sempat turun hingga posisi 15, Caltech kembali mengukuhkan posisinya sebagai salah satu dari 10 perguruan tinggi terbaik dunia. | GoodStats
Sempat turun hingga posisi 15, Caltech kembali mengukuhkan posisinya sebagai salah satu dari sepuluh perguruan tinggi terbaik dunia | GoodStats

California Institute of Technology (Caltech) terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat dan terkenal dengan fokusnya yang kuat pada sains serta teknik. Caltech merupakan rumah bagi Jet Propulsion Laboratory (JPL), laboratorium yang bekerja sama dengan NASA dalam eksplorasi ruang angkasa.

Universitas ini cocok bagi calon mahasiswa yang ingin menjadi ilmuwan, insinyur, dan peneliti terbaik dunia.

Itulah sepuluh universitas top dunia tahun 2025 versi QS World Rankings. Sepuluh universitas di atas memiliki fokus yang berbeda-beda dan dapat menjadi referensi bagi calon mahasiswa saat memilih perguruan tinggi.

Perlu diingat bahwa saat memilih perguruan tinggi, penting untuk mempertimbangkan minat dengan bidang ilmu yang diunggulkan dari masing-masing institusi agar calon mahasiswa dapat memaksimalkan potensinya.

Sekali lagi, memilih belajar di luar negeri tidak hanya memberikan peluang pendidikan yang unggul, tetapi juga dapat menjadi pengalaman kultural yang tak ternilai. Jaringan internasional selama studi merupakan aset berharga dan dapat memberikan peluang karier yang lebih baik di masa mendatang.

Baca Juga: Dari Universitas hingga Politeknik, Inilah Kampus-Kampus Terbaik di Indonesia 2023

Penulis: Afra Hanifah Prasastisiwi
Editor: Editor

Konten Terkait

Negara Peraih Medali Paralimpiade Terbanyak di Dunia

Amerika Serikat menjadi negara tersukses sepanjang sejarah Paralimpiade dengan mengumpulkan 2.283 medali.

7 Negara dengan Jumlah Lembaga BIPA Terbanyak di Dunia

Australia menjadi negara dengan jumlah BIPA terbanyak per 2023. Semakin banyaknya BIPA membuat bahasa Indonesia semakin dikenal di kalangan internasional.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook