10 Universitas Islam Terbaik di Dunia 2024, Ada dari Indonesia

Tiga universitas asal Indonesia berhasil masuk daftar universitas Islam terbaik versi UniRank 2024. Indonesia juga menjadi rumah bagi 123 kampus Islam.

10 Universitas Islam Terbaik di Dunia 2024, Ada dari Indonesia Ilustrasi Mahasiswa Muslim | Freepik

Di tengah gempuran globalisasi dan perkembangan teknologi, garis moralitas dunia semakin lama semakin terkikis. Memang, perkembangan teknologi bisa diibaratkan sebagai pedang bermata dua, dibalik hal-hal positif yang ditawarkannya, tersimpan ancaman yang berbahaya bagi manusia. Kejahatan akibat teknologi kini semakin marak terjadi di dunia, perilaku anak muda yang terpapar media sosial biasa dikaitkan dengan hal-hal negatif.

Untuk itulah, pendidikan dan agama memainkan peran penting dalam tumbuh kembang seseorang. Pendidikan menanamkan akal budi dan logika berpikir, sedangkan agama menjadi panduan dalam melangkah ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, pendidikan keagamaan penting untuk ditanamkan sejak dini hingga dewasa.

Islam merupakan salah satu agama dengan penganut terbanyak di dunia. Saat ini diperkirakan terdapat 2 miliar penganut Islam, setara dengan 28% penduduk dunia. Meningkatnya populasi Muslim membuat semakin banyak lembaga pendidikan yang turut menanamkan nilai-nilai Islami dalam pendidikannya. 

Negara dengan Universitas Islam Terbanyak di Dunia

Universitas Islam kini telah tersebar di seluruh dunia, mulai dari India, Ghana, Kenya, hingga Thailand. Iran dan Indonesia merupakan negara dengan jumlah universitas Islam terbanyak di dunia. 

Iran dan Indonesia merupakan negara dengan jumlah universitas Islam terbanyak di dunia.
Iran dan Indonesia merupakan negara dengan jumlah universitas Islam terbanyak di dunia | GoodStats

Iran memiliki total 157 universitas Islam, berada di urutan pertama. Menyusul di posisi kedua adalah Indonesia dengan 123 universitas Islam. Sementara itu, pakistan, Irak, Somalia, Arab Saudi, Sudan, Algeria, dan India turut masuk ke dalam daftar.

Universitas Islam Terbaik 2024 versi UniRank

UniRank 2024 kemudian menyusun peringkat kampus Islam terbaik di dunia. Kriteria yang digunakan dalam penilaian adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki lisensi atau telah terakreditasi oleh badan pendidikan di negara yang bersangkutan.
  2. Memiliki minimal program sarjana 3 tahun atau program pascasarjana atau program doktoral.
  3. Memiliki sistem pendidikan tradisional, dalam arti pembelajaran tidak dilakukan secara daring.

Hasilnya, Cairo University di Mesir berhasil menduduki peringkat pertama universitas Islam terbaik di dunia. Kampus yang didirikan pada 1908 ini memiliki lebih dari 50.000 mahasiswa dan menyediakan program diploma, sarjana, pascasarjana, hingga doktoral, lengkap dari berbagai program studi seperti bahasa, seni, bisnis dan ilmu sosial, kesehatan, teknologi dan sains, hingga engineering. 

Di posisi kedua adalah Universiti Islam Antarabangsa Malaysia. Universitas tersebut berdiri di tahun 1983 dan saat ini tidak memiliki program diploma. Sementara itu, peringkat ketiga dipegang oleh Jordan University of Science and Technology di Yordania.

Indonesia sendiri berhasil menyumbang tiga universitas Islam ke dalam daftar 10 besar, yakni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, dan Universitas Islam Indonesia. 

Lengkapnya, berikut merupakan 10 universitas Islam terbaik di dunia.

  1. Cairo University
  2. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia
  3. Jordan University of Science and Technology
  4. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  5. Umm Al-Qura University
  6. Universite Cadi Ayyad
  7. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  8. University of the Punjab
  9. Universitas Islam Indonesia
  10. Karadeniz Teknik Universitesi

Banyaknya universitas Islam di dunia menunjukkan pentingnya esensi agama dalam pendidikan. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Pembentukan karakter seseorang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan agama yang dipercayainya. Untuk itu, prasangka yang kadang kurang baik terkait universitas Islam maupun universitas keagamaan lain harus segera dihilangkan, dan semua diawali dari diri sendiri.

Baca Juga: Top 10 Kampus Berbasis Islam Terbaik di Indonesia 2022

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Negara Peraih Medali Terbanyak Sepanjang Sejarah Paralimpiade

Amerika Serikat menjadi negara tersukses sepanjang sejarah Paralimpiade dengan mengumpulkan 2.283 medali.

7 Negara dengan Jumlah Lembaga BIPA Terbanyak di Dunia

Australia menjadi negara dengan jumlah BIPA terbanyak per 2023. Semakin banyaknya BIPA membuat bahasa Indonesia semakin dikenal di kalangan internasional.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook