10 Smartphone Paling Laku di 2024, iPhone Nomor Satu!

iPhone 15 Pro Max berhasil menjadi smartphone terlaris sepanjang tahun 2024, dengan pangsa pasar mencapai 4,4%.

10 Smartphone Paling Laku di 2024, iPhone Nomor Satu! Ilustrasi Smartphone | freepik/Freepik

Menghimpun data dari Counterpoint, pangsa pasar dari smartphone secara global didominasi oleh brand Apple. Adapun produk-produk dari Apple berhasil mendominasi penjualan smartphone global pada kuartal pertama tahun 2024 ini. Smartphone paling laku dipegang oleh iPhone 15.

iPhone 15 berhasil menjadi smartphone terlaris sepanjang tahun 2024.
iPhone 15 berhasil menjadi smartphone terlaris sepanjang tahun 2024.

Penjualan iPhone 15 ini memang disebut-sebut tidak sesuai dengan ekspektasi. Hal ini jugalah yang membuat penjualan iPhone sepanjang kuartal pertama 2024 menurun. Di China, penjualan iPhone mengalami penurunan sebesar 19,1% (year-on-year/yoy) dibandingkan kuartal pertama 2023. iPhone dikalahkan oleh brand lokal seperti Vivo dan Honor, yang pangsa pasarnya jauh di atas smartphone besutan Apple tersebut.Tidak hanya di China, di pasar global, penjualan iPhone juga turut menurun sebesar 9,6%.

Meski begitu, iPhone 15 berhasil menjadi smartphone paling laku secara global di tahun 2024. Lima dari sepuluh smartphone terlaris berasal dari Apple, dan sisanya dari Samsung. iPhone 15 Pro Max berada di urutan pertama dengan pangsa pasar sebesar 4,4%, disusul iPhone 15 dengan 4,3%, dan iPhone 15 Pro dengan 3,7%. Posisi keempat dipegang oleh iPhone 14 dengan pangsa pasar sebesar 1,9%.

Bersamaan dengan itu, Samsung Galaxy S24 Ultra bertengger di posisi keempat dengan pangsa pasar sebesar 1,9%, menjadikannya smartphone Samsung terlaris di 2024. Samsung Galaxy A15 5G menyusul dengan pangsa pasar sebesar 1,4%, dan di urutan ketujuh ada Samsung galaxy A54 dengan 1,3%.

Sejatinya, Samsung Galaxy S24 Ultra telah menunjukkan performansi yang lebih baik ketimbang Samsung Galaxy S23 Ultra. Ketika itu, Samsung Galaxy S23 Ultra hanya mampu bertengger di urutan keenam smartphone terlaris di dunia, dengan pangsa pasar sebesar 1,3%.

Tidak hanya itu, Samsung Galaxy A15 5G juga mengalami peningkatan penjualan dibandingkan pendahulunya, Samsung Galaxy A14 5G, dengan pangsa pasar sebesar 1,1% dan duduk di urutan kesembilan smartphone terlaris di dunia.

Lebih lanjut, menurut survei Think Tech, Rise of Foldables: The Next Big Thing in Smartphone yang dirilis Google, terdapat sekitar 354 juta perangkat smartphone aktif di Indonesia. Menariknya, jumlah tersebut melebihi jumlah penduduk Indonesia, yakni 128%. Hal ini berarti ada banyak penduduk tanah air yang menggunakan lebih dari 1 smartphone. Indonesia pun menjadi negara keempat di dunia dengan pangsa pasar ponsel terbesar di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, performa Apple sejatinya masih lebih rendah ketimbang Samsung. Top Brand Award menyebutkan bahwa Samsung masih menjadi brand smartphone favorit masyarakat Indonesia, dengan Top Brand Index (TBI) sebesar 32,7% di tahun 2024. Posisi kedua dipegang oleh Oppo dengan TBI sebesar 22,9%, disusul iPhone dengan 14,4%.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Siap Bersaing di Pasar Produksi Baterai Kendaraan Listrik Global

Pabrik baterai kendaraan listrik milik Hyundai-LG Indonesia (HLI) Green Power akan mulai beroperasi di Indonesia. Siapa saja rival produksi mereka?

Bukan Apple, Kini Samsung Merajai Penjualan Ponsel Pintar Global Kuartal I 2024

Pasar ponsel pintar terus berkembang dengan persaingan yang semakin ketat di antara berbagai merek terkemuka.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X