10 Perusahaan Smartphone Terbesar di Dunia

Apple menjadi perusahaan smartphone terbesar di dunia saat ini. Perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$ 2,8 triliun

10 Perusahaan Smartphone Terbesar di Dunia Taman pada kantor Apple yang terletak di Sillicon Valley, South San Fracisco | iwonderTv/Shutterstock

Smartphone di era kemajuan teknologi saat ini telah menjadi bagian vital dalam kehidupan manusia. Penggunaannya dapat menghubungkan orang-orang di seluruh dunia dengan pola komunikasi yang lebih mudah.

Kelekatan penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari membuat sebagian penggunanya kecanduan. Dari tahun ke tahun terjadi peningkatan secara konsisten pada jumlah pengguna layanan seluler. 

Menurut sebuah laporan pada industri seluler yang diterbitkan oleh GSM Arena, pada akhir tahun 2022 lebih dari 5,4 miliar orang di seluruh dunia telah berlangganan layanan seluler. Tak hanya itu, 4,4 miliar orang juga menggunakan internet seluler. 

Angka-angka ini membuat pasar teknologi dan layanan seluler dapat menyumbang 5% dari PDB global pada tahun 2022, yang berjumlah sekitar US$ 5,2 triliun. Angka ini juga membantu mendukung 28 juta pekerjaan di seluruh ekosistem seluler global.

GSM Arena memperkirakan bahwa adopsi 5G akan mencapai 17% pada tahun 2023, yang kemudian meningkat menjadi sekitar 54% pada tahun 2030 mendatang. Persentase ini akan setara dengan 5,3 miliar koneksi di seluruh dunia dan akan menambah US$ 1 triliun lagi ke ekonomi global pada tahun 2030. 

Selain itu, disebutkan bahwa data smartphone global juga akan meningkat lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2028, terutama dibantu oleh pengguna di Amerika Utara dan Asia Timur Laut, tempat tinggal mayoritas pengguna smartphone.

Perkembangan kecerdasan buatan atau AI pada saat ini juga membuat para pelaku usaha di bidang teknologi semakin memiliki peluang untuk mengembangkan usahanya

Daftar perusahaan smartphone terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya | Goodstats

Berikut 10 perusahaan smartphone terbesar di dunia pada tahun 2023

10. LG Electronics Inc.

Booth LG pada CES Show di Las Vegas | Kobby Dagan/Shutterstock

LG Electronics Inc. adalah sebuah perusahaan elektronik multinasional yang berbasis di Seoul, Korea Selatan. Perusahaan ini merupakan bagian dari LG Corporation dan didirikan pada tahun 1958 silam.

Perusahaan ini tercatat memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$ 16,3 miliar. Baru-baru ini LG Electronics Inc. mengumumkan akan menutup bisnis ponselnya. Kendati demikian, LG masih menjadi salah satu perusahaan ponsel pintar terbesar di dunia karena jumlah ponsel LG yang digunakan konsumen masih besar. 

Perusahaan itu sendiri juga menyebutkan bahwa mereka masih akan memberikan pembaruan perangkat lunak kepada penggunanya di smartphone mereka selama tiga tahun setelah pengumuman tersebut.

9. Vivo

Kantor Vivo di Warsaw, Polandia | Konektus Photo/Shutterstock

Vivo adalah perusahaan teknologi yang berbasis di Dongguan, China yang memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai US$ 21 miliar. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 dan bekerja untuk merancang serta mengembangkan ponsel cerdas, aksesoris ponsel cerdas, perangkat lunak, hingga layanan online.

Perusahaan ini memiliki beberapa pusat penelitian dan desain di seluruh dunia, termasuk di Shenzhen, Nanjing, Dongguan, Tokyo, Taipei, dan San Diego. Hingga saat ini, Vivo tercatat memiliki 10.000 karyawan.

8. Nokia Corporation

Booth Nokia dalam kongres Mobile world di Barcelona | Kardasov Films/Shutterstock

Nokia Corporation adalah perusahaan telekomunikasi, teknologi informasi, dan elektronik konsumen yang berdiri pada tahun 1865. Perusahaan yang berbasis di Espoo, Finlandia ini memiliki kapitalisasi pasar sebanyak US$ 22,8 miliar.

Pada tahun 1998, Nokia Corporation merupakan vendor ponsel dan smartphone terbesar di dunia. Perusahaan tersebut kemudian menjual bisnis telepon selulernya ke Microsoft Corporation. 

Nokia masuk dalam daftar ini karena keterlibatannya dalam pasar telepon pintar selama beberapa dekade dan sisa sirkulasi telepon Nokia di kalangan konsumen saat ini.

7. ZTE

Kantor ZTE di Milan, Italia | ArDanMe/Shutterstock

ZTE atau Zhong Xing Telecommunication Equipment Company Limited adalah perusahaan teknologi yang berspesialisasi dalam telekomunikasi. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1985 dan berbasis di Shenzhen, Cina. ZTE memiliki lebih dari 72.000 karyawan dan nilai kapitalisasi pasar sebanyak US$ 26,4 miliar.

Produk perusahaan dijual di seluruh dunia, dan mulai merilis smartphone di AS pada tahun 2011. Beberapa perusahaan membeli peralatan ZTE, seperti Vodafone di Inggris, Telus dan Fido di Kanada, hingga Telecom di Prancis.

6. Panasonic Holdings Corporation 

Kantor perusahaan Panasonic di Tokyo, Jepang | yu_photo/Shutterstock

Panasonic Holdings Corporation adalah sebuah perusahaan yang berbasis di Osaka, Jepang yang mssuk dalam jajaran perusahaan smartphone terbesar di dunia saat ini. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1918 ini memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$ 27,5 miliar. Perusahaan ini menawarkan banyak produk, seperti ponsel, baterai isi ulang, sistem otomotif dan avionik, dan banyak lagi.

Perusahaan ini memiliki sekitar 20% dari pasar handset telepon Jepang pada tahun 2012. Meskipun menarik diri dari pasar telepon luar negeri pada tahun 2005, perusahaan kembali pada tahun 2012 dengan merilis smartphone bertenaga Android Eluga Panasonic.

5. Xiaomi

Halaman depan kantor Xiaomi di Beijing, China | testing/Shutterstock

Xiaomi didirikan pada tahun 2010 dan merupakan perusahaan manufaktur telepon yang berbasis di Beijing, Cina. Perusahaan tersebut merupakan salah satu produsen ponsel Android terbesar saat in dengan nilai kapitalisasi pasarnya menyentuh angka US$ 33,4 miliar.

Pada tahun 2020, Xiaomi menjual 146,3 juta ponsel pintar di seluruh dunia. Saat itu, antarmuka pengguna seluler MIUI-nya memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan. Perusahaan juga telah mulai memproduksi rangkaian aksesoris.

4. Sony Group Corporation 

Kantor Sony di Minato Mirai Yakohoma, Jepang | RYO Alexandre/Shutterstock

Sony Group Corporation adalah salah satu perusahaan elektronik multinasional yang berbasis di Minato, Tokyo di Jepang. 

Perusahaan ini menyediakan berbagai macam barang elektronik, mulai dari LCD dan LED hingga smartphone dan masih banyak lagi. Didirikan pada tahun 1946. Dilansir dari Insider Monkey, perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar mencapai US$ 117,1 miliar.

2. Samsung Electronics Co., Ltd.

Gamvar Samsung Town di Seongchogu, Seoul, Korea Selatan | Stock For You/Shutterstock

Samsung Electronics Co., Ltd. adalah perusahaan elektronik multinasional yang berbasis di Korea Selatan. Perusahaan ini adalah konglomerat bisnis Korea Selatan terbesar dan didirikan pada tahun 1938.

Perusahaan yang memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 363,1 miliar memasuki industri elektronik pada tahun 1960-an. Sejak saat itu telah menjadi salah satu produsen smartphone Android terkemuka. 

Saat ini Samsung tercatat telah memiliki sekitar 80 perusahaan dan berhasil berada di posisi kedua sebagai perusahaan smartphone terbesar di dunia.

1. Apple inc.

Flagship store Apple di New York, Amerika Serikat | Tada Images/Shutterstock

Apple Inc. merupakan perusahaan ini berbasis di Cupertino, California yang berdiri pada tahun 1976 lalu. Perusahaan ini adalah perusahaan teknologi terbesar di dunia..

Pada tahun 2022, tercatat kapitalisasi pasar perusahaan ini menyentuh angka  U$ 2,8 triliun. Produk yang paling terkenal dari perusahaan ini merupakan ponsel bermerek iPhone yang memiliki ketenaran di seluruh dunia.

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Konsultasi Dokter Cukup dari Rumah, Ini 5 Aplikasi Kesehatan Favorit Orang Indonesia!

Sejak pandemi, minat masyarakat menggunakan aplikasi kesehatan digital meningkat. Apa saja aplikasi kesehatan digital favorit Indonesia? Cek jawabannya!

WhatsApp Gagal Jadi Pemain Kunci di Amerika Serikat

WhatsApp berhasil meraja di berbagai negara, kecuali negeri asalnya, Amerika Serikat. Di sana Facebook Messenger masih menjadi pilihan nomor satu. Apa sebabnya?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X