10 Negara Penghasil Kurma Terbanyak di Dunia, Siapa Juaranya?

Mayoritas produksi kurma terbanyak di dunia berasal dari wilayah Afrika dan Timur Tengah. Lantas negara mana yang jadi juaranya?

10 Negara Penghasil Kurma Terbanyak di Dunia, Siapa Juaranya? Ilustrasi berbagai jenis kurma | Galiyah Assan/Shutterstock

Buah kurma dan bulan Ramadan adalah dua identitas yang tak terpisahkan. Kudapan yang menjadi menu rutin Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa ini eksistensinya seolah meningkat pada bulan suci Ramadan.

Selain menjadi sunah rasul, mengonsumsi buah kurma juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir Liputan 6, praktisi kesehatan, dr. Titik Kusumaniwakhyu mengungkapkan bahwa buah kurma mengandung khasiat antioksidan, antiperadangan, antitumor, hingga antidiabetes.

Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine (2014) oleh Rahmani A.H. dan kawan-kawan yang menyebut bahwa aktivitas antioksidan kurma mengandung fenolik, flavonoid, ferulik, kumarik, apigenin, dan quarcetin.

Kandungan flavonoid berfungsi untuk menghambat proses oksidasi dan bermanfaat untuk mengurangi radikal bebas. Kemudian, quarcetin dalam kurma juga dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.

Tanaman kurma banyak ditemukan di daerah padang pasir, khususnya di negara-negara Timur Tengah. Selain mengonsumsi buahnya, masyarakat negara-negara di Timur Tengah juga kerap memanfaatkan batang dan pelepah pohonnya untuk diolah menjadi tikar dan atap rumah.

Lalu, negara manakah yang menjadi produsen terbesar buah kurma di dunia? Pada 2020, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) mencatat bahwa Mesir menjadi negara yang terbanyak memproduksi buah kurma, yakni sebanyak 1.690.959 ton per tahun.

Negara dengan produksi kurma terbanyak di dunia tahun 2020 | GoodStats

Sebagian besar produksi kurma asal Mesir memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri, sebab jumlah kurma Mesir yang diekspor ke luar negeri hanya sekitar 29 ribu ton per tahun. Menurut data BPS pada Februari 2022, kurma impor yang berada di Indonesia juga mayoritas berasal dari Mesir, angkanya sekitar 7.899 ton.

Arab Saudi menjadi negara kedua dengan produksi buah kurma terbanyak dengan total 1.541.769 ton per tahun. Sekitar 13,9 persen produksi kurma Arab Saudi diekspor ke luar negeri, yakni sebesar 214.721 ton per tahun.

Dua negara lain yang memproduksi setidaknya lebih dari 1 juta ton kurma per tahun adalah Iran dan Aljazair dengan masing-masing produksi 1.283.499 ton dan 1.151.909 ton per tahun.

Negara dengan produksi buah kurma terbanyak kelima hingga kesepuluh dihuni oleh Irak (735.353 ton/tahun), Pakistan (543.269), Sudan (465.323), Oman (368.577), Tunisia (332.000), dan Uni Emirat Arab (328.669).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Konten Terkait

Harga Mahal, Bawang Merah jadi Penyumbang Utama Inflasi April 2024

Mencapai harga Rp50.060 per kg pada Senin (6/5), bawang merah menjadi penyumbang utama inflasi April 2024 dengan andil sebesar 0,14% (mtm).

Pemerintah Setujui Rencana Produksi Batu Bara 922 Juta Ton Pada 2024

Pemerintah Indonesia telah menyetujui total tonase produksi batu bara sebesar 922,14 juta ton pada 2024 untuk 587 perusahaan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X