10 Negara Penghasil Kopi Terbesar, Indonesia Peringkat 3

Bersama Brasil dan Vietnam, Indonesia merupakan negara penghasil biji kopi terbesar di dunia

10 Negara Penghasil Kopi Terbesar, Indonesia Peringkat 3 Ilustrasi Kopi © Coffeid Shutterstock

Belakangan ini, perdagangan komoditi hortikultura kian membaik di pasar internasional. Beberapa lembaga survei menunjukkan sektor perkebunan masih mengalami pertumbuhan yang positif, salah satunya ditandai dengan besarnya permintaan produk hortikultura seperti kopi.

Biji kopi mampu diolah menjadi berbagai macam produk baik itu makanan, minuman maupun kosmetik. Sejauh ini, minuman menjadi olahan kopi paling favorit di kalangan masyarakat.

Mayoritas orang menjadikan kopi sebagai minuman yang bertujuan untuk menjaga pikiran tetap fokus ketika melakukan kegiatan, selain itu, kopi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup terutama bagi kaum milenial. Maka tak heran belakangan ini kedai kopi makin menjamur terutama di kota-kota besar.

Sejak ditanam di Indonesia pada masa kolonialisme Belanda, kopi menjadi salah satu komoditi besar yang diekspor ke luar negeri. Hal ini dikarenakan iklim Indonesia yang ideal untuk penanaman biji kopi.

Negara penghasil kopi terbesar di dunia tahun 2021 | Angelia Gunawan/GoodStats

 

Bersama Brasil dan Vietnam, Indonesia adalah negara penghasil biji kopi terbesar di dunia. Setiap tahun produksi kopi Indonesia selalu mengalami peningkatan. Pada 2015, produksi kopi di Indonesia mencapai 639.412 ton. Di tahun 2016 menembus angka 663.871 ton. Sedangkan pada 2018 722.641 ton Puncaknya pada 2021, produksi kopi Indonesia mencapai angka 765.415 ton

Bahkan Indonesia menjadi negara pemasok kopi termahal di dunia, yaitu kopi luwak. Biji kopi terbaik yang masuk dalam sistem pencernaan hewan luwak menjadikan cita rasa kopi luwak begitu unik dan disukai banyak kalangan. Jangan heran kalau secangkir kopi luwak bisa dibanderol dengan harga yang tinggi di luar negeri.

Kopi terbaik hanya bisa didapat negara yang berada dekat dengan garis khatulistiwa. Negara-negara ini terletak di wilayah beriklim tropis dan berada di kisaran 23° utara dan selatan garis khatulistiwa. Mayoritas negara penghasil kopi tersebut berada di regional Amerika Selatan dan Asia Tenggara

Adapun, selama kurun waktu 1965-2021 Brasil muncul sebagai penguasa produksi kopi terbesar di dunia. Bahkan sampai sekarang peringkat Brasil masih belum tergoyahkan. Pada 2021, Brasil mampu memproduksi 2.993.780 ton biji kopi. Sebagai negara penghasil kopi terbesar, angka itu terpaut cukup jauh dari Vietnam di peringkat dengan produksi 1.845.033 ton.

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Mesir Jadi Pemasok Kurma Terbesar ke Indonesia Pada 2023

Menjadi salah satu negara pengimpor kurma terbesar di dunia, Indonesia tercatat mengimpor kurma sebanyak 56,74 ribu ton di sepanjang tahun 2023.

Beras Mahal, Cek Tren Produksi Padi di Tanah Air Beberapa Bulan Terakhir

Produksi padi sempat menyentuh 8,92 juta ton di Maret 2023, namun angkanya merosot jauh menjadi hanya 1,5 juta ton di Januari 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X