5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Teratas?

Brazil menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia yang mencapai 66,3 juta kantong. Angka tersebut sangatlah besar di banding negara-negara lain.

5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Teratas? Ilustrasi kopi | Dokument by Alodkoter

Kopi merupakan bahan minuman yang sangat terkenal di dunia dengan sejarah yang panjang dalam pembuatan dari biji kopi hingga menjadi minuman yang sering kita lihat.

Biji kopi dibudidayakan oleh suku-suku di daerah Ethopia dan sudan sekitar abad ke-15. Dari sana, kopi menyebar ke Semenanjung Arab dan menjadi minuman populer di kalangan Sufi Muslim.

Pada abad ke-17, kopi tiba di Eropa dan menjadi minuman yang sangat di sukai di seluruh benua hingga sekarang.

Kopi memiliki rasa dan aroma yang khas dengan efek kafein dalam kopi yang dapat meberikan energi tambahan bagi tubuh manusia.

Membicarakan kopi, ternyata 5 negara ini penghasil kopi terbesar di dunia.

1. Brazil

Brazil merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia saat ini. Brazil menghasilkan 66,3jt kantong kopi yang mana setiap kantungnya memiliki berat 60kg.

Brazil sendiri didukung oleh iklim yang ideal untuk pertumbuhan kopi. Sebagian besar wilayah Brazil memiliki suhu yang hangat sepanjang tahun dengan curah hujan yang cukup, menciptakan lingkungan yang cocok untuk tanaman kopi.

2. Vietnam

Di posisi kedua merupakan negara tetangga Indonesia yaitu Vietnam. Vietnam merupakan negara penghasil kopi kedua terbesar di dunia setelah Brazil. Negara ini menghasilkan kopi hingga 27,5 juta kantung.

Vietnam memiliki iklim yang ideal untuk budidaya kopi. Curah hujan yang cukup dengan suhu stabil sepanjang tahun, membuat negara ini memiliki pertumbuhan kopi yang subur.

3. Kolombia

Di posisi ketiga sebagai negara penghasil kopi terbanyak di dunia yaitu negara Kolombia. Negara ini menghasilkan kopi hingga 11,5 juta kantung, yang mana setiap kantungnya berisikan 60kg kopi.

Kolombia memiliki kondisi iklim yang ideal untuk pertumbuhan kopi Arabika, dengan ketinggian, suhu, dan curah hujan yang cocok untuk menghasilkan kopi berkualitas.

Pemerintah di negara ini juga sangat mendukung dalam pembudidayaan kopi. Pemerintah Kolombia dan industri kopi telah bekerja sama untuk menghasilkan produksi dan kualitas kopi. Mereka meberikan pelatihan petani, investasi dalam infrastruktur pertanian, dan promosi kopi Kolombia di pasar global.

4. Indonesia

Di posisi keempat negara penghasil kopi terbnyak di dunia yaitu negara Indonesia. Indonesia menghasilkan kopi hingga 9,7 juta kantong dengan berat 60kg perkantongnya.

Indonesia memiliki iklim tropis yang ideal untuk pertumbuhan kopi. Curah hujan yang cukup, suhu hangat, ditambah tanah yang subur menciptakan lingkungan yang baik untuk budidaya kopi.

Keterampilan petani kopi di indonesia juga sangat baik, dengan pengalaman dalam budidaya dan pengolahan kopi yang di wariskan turun temurun, membuat kopi indonesia berkualitas tinggi di pasar dunia.

5. Ethiopia

Ethiopia menempati posisi kelima sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Negara ini menghasilkan hingga 8,35 juta kantong dengan berat perkantongnya mencapai 60kg.

Negara ini memiliki ketinggian yang tinggi, iklim subtropis hingga tropis, serta tanah yang subur, sehingga menghasilkan biji kopi berkualitas.Varietas kopi Arabika, yang dianggap memiliki kualitas rasa yang superior, juga berasal dari Ethopia.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Jenis Kopi Favorit di Indonesia, Lebih Banyak Kopi Manis?

Mulai dari olahan kopi pahit hingga olahan kopi manis, berikut jenis-jenis kopi favorit masyarakat Indonesia.

Ini Negara Pengimpor Kurma Terbesar ke Indonesia, Bukan Arab Saudi

Menilik keistimewaan kurma dan menu berbuka puasa favorit orang Indonesia, termasuk pilihanmu?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X