10 Negara dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia

Negara Chad menjadi salah satu dari 131 negara yang memiliki tingkat kualitas udara terburuk di dunia

10 Negara dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia Peningkatan Polusi Semakin Membahayakan Kualitas Udara. (Sumber: Shutterstock)

Polusi udara terus menjadi ancaman kesehatan lingkungan terbesar di dunia. Di seluruh dunia, kualitas udara yang buruk menyebabkan 93 miliar hari hidup dengan penyakit dan lebih dari enam juta kematian setiap tahun. Total biaya ekonomi setara dengan lebih dari $8 triliun dolar, melebihi 6,1 persen dari PDB tahunan global.

Paparan polusi udara menyebabkan dan memperburuk beberapa kondisi kesehatan yang meliputi, tetapi tidak terbatas pada, asma, kanker, penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan kematian dini.

Data PM2.5 dalam laporan ini diukur dalam satuan mikrogram per meter kubik (μg/m3) dan menggunakan pedoman kualitas udara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2021 serta target sementara sebagai dasar visualisasi data dan komunikasi risiko.

Data kualitas udara yang digunakan dalam Laporan Kualitas Udara Dunia 2022 bersumber dari platform pemantauan kualitas udara online real-time IQAir yang memvalidasi, mengkalibrasi, dan menyelaraskan data kualitas udara dari stasiun pemantauan yang berlokasi di seluruh dunia.

Berdasarkan data laporan IQAir pada tahun 2022, negara Chad menjadi negara dengan kualitas udara terburuk di dunia, tingkat polusi udaranya mencapai 18 kali lipat lebih tinggi dari batas keamanan pedoman WHO atau 89,7 μg/m3. Studi oleh IQAir tersebut dilakukan dengan mengamati secara khusus partikel halus, atau PM2.5, yang merupakan polutan terkecil, tetapi juga paling berbahaya. 

Pada peringkat tiga besar lainnya dengan negara yang memiliki kualitas udara terburuk yakni negara Irak dengan tingkat konsentrasi PM2.5 mencapai 80,1 μg/m3 dan negara Pakistann 70,9 μg/m3.

Selain itu terdapat 6 negara lainnya yang juga memiliki tingkat konsentrasi PM2.5 yang melebihi batasan pedoman WHO atau lebih dari 10 kali lipat yaitu Bahrain, Bangladesh, Burkina Fraso, Kuwait, dan India. Sedangkan 2 negara dari 10 negara yang memiliki kualitas udara terburuk berada pada tingkat 35,1-50 μg/m3 yaitu Mesir dan Tajkistan.

Selain itu, IQAir juga menemukan bahwa dari 131 negara dan wilayah yang dianalisis kualitas udaranya, hanya ada enam negara yaitu Australia, Estonia, Finland, Grenada, Iceland, dan New Zealand, dan tujuh wilayah di Pasifik dan Karibia termasuk di antaranya Guam dan Puerto Rico yang memiliki udara bersih.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X