GoodStats
Pencarian
Masuk

10 Merek Dagang dengan Market dan Brand Value Tertinggi

Apple menjadi merk dengan brand value tertinggi. Sementara, Alphabet yang merupakah perusahaan induk Google memiliki market value tertinggi di 2022.

10 Merek Dagang dengan Market dan Brand Value Tertinggi Ilustrasi Market | Unsplash/ Austin Distel

Setiap perusahaan yang memiliki merek dagang, tentu saja bersaing dengan merek dagang perusahaan lain, baik yang berada dalam sektor pasar yang sama ataupun yang berbeda. Sederhananya, brand value adalah nilai merek yang mampu mendorong kesediaan konsumen untuk membeli barang dengan merek dagang tersebut. 

Menurut data dari Statista, merek dengan brand value tertinggi tahun 2022 adalah Apple dengan total brand value mencapai angka 947,46 Miliar Dollar. Di posisi dua dan tiga diduduki oleh mesin pencari paling mutakhir dan pasar digital raksasa, yakni Google dan Amazon. Google memiliki brand value mencapai angka 819,57 Miliar Dollar, sementara Amazon memiliki brand value di angka 705,65 Miliar Dollar. Tencent juga yang menjadi raja perusahaan teknologi asal China ini memiliki brand value nomor empat tertinggi di tahun 2022 dengan brand value mencapai 562,84 Miliar Dolar.

Tak hanya perihal brand value, perusahaan juga tentu saja harus memperhatikan nilai pasar atau market value dari perusahaannya. Secara singkat, nilai pasar atau market value adalah harga aset dari sebuah merek, bisnis, atau perusahaan itu sendiri. 

Statista juga, merilis data terkait perusahaan mana saja yang memiliki nilai pasar atau market value tertinggi pada tahun 2022. Alphabet yang menjadi perusahaan holding bentukan Google yang menaungi usaha yang dimiliki atau bahkan terpisah dari Google menjadi perusahaan dengan market value tertinggi di tahun 2022 dengan total market value mencapai angka 1.917 Miliar Dollar.

Perusahaan merek dagang dengan market value tertinggi nomor dua diduduki oleh Amazon, situs jual beli raksasa dengan total market  value di angka 1.691 Miliar Dollar. Di posisi ke-tiga, ada perusahaan Meta yang menaungi Facebook, Whatsapp hingga Instagram dengan total market value 935,44 Milliar Dollar.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Jajaran Negara Paling “Positif” di Dunia, Indonesia Nomor Dua
Artikel Selanjutnya Melihat Hari "Mengakhiri" Impunitas Kejahatan Jurnalis di Indonesia dengan Data
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook