10 Maskapai Penerbangan dengan Wi-Fi Terbaik, Garuda Indonesia Nomor 1

Garuda Indonesia terpilih menjadi maskapai dengan wi-fi terbaik di dunia. Sayangnya, tidak ada bandara Indonesia yang masuk daftar bandara koneksi terbaik.

10 Maskapai Penerbangan dengan Wi-Fi Terbaik, Garuda Indonesia Nomor 1 ILustrasi Orang Menggunakan Internet di Bandara | Lifestylememory/Freepik

Internet telah menjadi sahabat tak terpisahkan, bahkan ketika sedang bepergian. Koneksi internet yang baik merupakan kebutuhan yang tak kalah penting dari kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Hal ini terutama dirasakan oleh kalangan Gen Z yang lahir di tengah sambutan meriah dari teknologi canggih. Tanpa internet, rasanya ada sesuatu yang kurang. 

Untuk itulah, wi-fi kini dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari kantor, rumah makan, tempat wisata, stasiun, hingga bandara. Dulu, akses internet di bandara, terutama ketika berada di dalam pesawat, masih sulit untuk diperoleh. Wisatawan terpaksa offline untuk beberapa saat selama perjalanan. 

Namun kini, wi-fi di bandara dan di pesawat sudah semakin membaik. Pesawat menggunakan satelit khusus untuk mengirimkan koneksi ketika sedang terbang di udara. Dengan perkembangan teknologi dan jumlah satelit yang terus bertambah, kini hampir seluruh pesawat di dunia telah dilengkapi dengan wi-fi yang koneksinya sangat kencang. Hal serupa juga terjadi di bandara, di mana infrastruktur yang semakin baik membuat kebutuhan wisatawan terhadap internet lebih terakomodasi.

Garuda Indonesia Jadi Maskapai Penerbangan dengan Wi-Fi Terbaik

SkyTrax merilis daftar maskapai dengan wi-fi terbaik di dunia. Menariknya, 16 dari 20 maskapai tersebut berasal dari Asia, menunjukkan tingginya tingkat persaingan di wilayah ini. 

Garuda Indonesia terpilih sebagai maskapai dengan koneksi wi-fi terbaik di dunia.
Garuda Indonesia terpilih sebagai maskapai dengan koneksi wi-fi terbaik di dunia | GoodStats

Garuda Indonesia terpilih sebagai maskapai dengan koneksi wi-fi terbaik di dunia, dengan skor sebesar 4,12 dari 5. Adapun akses internet di Garuda Indonesia diberikan gratis untuk penumpang first-class, sedangkan penumpang reguler harus membayar paling tidak US$11,95 atau sekitar Rp195.000. Meski begitu, maskapai ini memberikan akses 15 menit internet gratis di beberapa penerbangan pilihan.

Asiana Airlines dari Korea Selatan berada di urutan kedua dengan rating sebesar 3,81. Posisi ketiga dipegang oleh ANA All Nippon Airways dengan 2,76, disusul EVA Air (3,76), Qatar Airways (3,74), Hainan Airlines (3,47), dan Vistara (3,43).

Maskapai dengan koneksi terburuk dipegang oleh Thai Lion Air, yang hanya memperoleh rating 1 dari 5.
Maskapai dengan koneksi terburuk dipegang oleh Thai Lion Air, yang hanya memperoleh rating 1 dari 5 | GoodStats

Sebaliknya, maskapai dengan koneksi terburuk dipegang oleh Thai Lion Air, yang hanya memperoleh rating 1 dari 5. Cebu Pacific dari Filipina di urutan kedua dengan 1,03, disusul Wizz Air di Hungaria dengan 1,06.

Bandara dengan Wi-Fi Terbaik di Dunia

Ljubljana Airport di Slovenia menjadi bandara dengan wi-fi terbaik dengan rating sebesar 4,46.
Ljubljana Airport di Slovenia menjadi bandara dengan wi-fi terbaik dengan rating sebesar 4,46 | GoodStats

Sayangnya, tidak ada bandara Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar bandara dengan koneksi terbaik di dunia. Ljubljana Airport di Slovenia memegang posisi pertama dengan rating sebesar 4,46. Peringkat kedua dipegang oleh Hong Kong Airport dengan 4,25, disusul Helsinki Vantaa Airport di FInlandia dengan 4,24.

Bandara dengan wi-fi terburuk dipegang oleh Sharm El Sheikh Airport di Mesir.
Bandara dengan wi-fi terburuk dipegang oleh Sharm El Sheikh Airport di Mesir | GoodStats

Sementara itu, bandara dengan wi-fi terburuk dipegang oleh Sharm El Sheikh Airport di Mesir, rating yang diberikan ke bandara itu hanya sebesar 1,04. Masih dari negara yang sama, Hurghada AIrport di urutan kedua dengan 1,06. Dari Nigeria, Lagos Airport berada di posisi ketiga dengan 1,18.

Baca Juga: Provinsi dengan Internet Wi-Fi Tercepat di Indonesia

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar 2023

Venezuela menjadi negara dengan cadangan minyak terbesar per 2023, jumlahnya mencapai 303,01 miliar barel.

10 Kota dengan Restoran Vegan Terbanyak di Dunia

Ubud, Bali, masuk jajaran kota paling ramah untuk vegan di dunia versi The Vegan World, jumlah restoran vegan di Ubud mencapai 30,7 per 100.000 penduduk.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook