14 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS Asia Rankings 2022

QS Asia University Rankings 2022 menyebut, 34 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan.

14 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS Asia Rankings 2022 Binus University I Roiy Rino/Shutterstock

Para calon mahasiswa kini tengah mencari dan mengikuti berbagai tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Mereka memilih beberapa universitas incaran yang terbaik. Penilaian terbai tersebut biasanya dapat dipantau melalui berbagai survei oleh lembaga pemeringkatan universitas.

Seperti survei yang dilakukan oleh Lembaga pemeringkatan universitas dunia, Quacquarelli Symonds (QS) yang bertajuk QS Asia University Rankings 2022. Sebanyak 34 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan.

QS Asia University Rankings 2022 melakukan pemeringkatan 687 kampus top Asia. Indikator pemeringkatan dinilai berdasarkan beberapa indikator utama termasuk reputasi akademik, peluang kerja, dan persentase siswa internasional.

1. Binus University

Universitas BINUS I Vincent Kie/Shutterstock

Pada peringkat pertama Bina Nusantara University atau lebih dikenal dengan nama BINUS menjadi PTS terbaik di indonesia dan sekaligus mendapat peringkat 200 di dunia. BINUS mencapai peringkat bintang lima maksimum untuk kategori inklusivitas, pengajaran, kemampuan kerja, dan tanggung jawab sosial.

BINUS menawarkan program studi berstandar internasional baik pada tingkat sarjana maupun pasca sarjana. PTS asal Jakarta ini menjadikan Ilmu Komputer sebagai program yang paling diunggulkan.

2. Telkom University Bandung

Universitas Telkom Bandung I Eko Fikry Febriandi/Shutterstock

Telkom University atau juga disebut dengan Tel-U menjadi peringkat 2 terbaik di Indonesia dan peringkat 401-450 secara global. Berdiri di bawah sayap perusahaan Telkom Indonesia, Tel-U memiliki 4 lembaga gabungan, yakni Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Telkom Indonesia (STISI Telkom).

Kampus utama Telkom University terletak di Jl. Telekomunikasi, Buahbatu, Kabupaten Bandung.

3. Universitas Atma Jaya Jakarta

Universitas Atmajaya Jakarta/atmajaya.ac.id

Peringkat selanjutnya diraih oleh Universitas Atma Jaya Jakarta pada peringkat 3 nasional dan peringkat 451-500 global. Yayasan pendidikan ini didirikan oleh sekelompok intelektual muda katolik pada 1 Juni 1960 dengan nama Universitas Katolik Atma Jaya (Unika Atma Jaya).

Lalu gagasan tersebut disetujui para suster Ursulin yang bersedia meminjamkan ruang kelas universitas mereka di kompleks sekolah Ursulin, Jl. Lapangan Banteng Utara kompleks Santa Theresia di Menteng pada tahun 1967. Seiring berjalannya waktu, Universitas Atma Jaya menempati bangunan permanen di Jl. Sudirman yang dikenal sebagai Kampus Semanggi.

4. Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia I Eja Thamrin/Shutterstock

Salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia, Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta masuk peringkat 4 nasional dan peringkat 451-500 global. Berdasarkan sejarahnya, UII dibentuk pada satu bulan sebelum kemerdekaan pada tahun 1945. Sebagai pelopor pendidikan tinggi di tanah air, UII berakar kuat pada tradisi kebebasan akademik, di mana keragaman pemikiran sangat dihormati guna mencetak siswa yang inovatif.

Terletak di pinggiran utara kota Yogyakarta, UII memiliki kampus utama yang menghadap pada keindahan gunung Merapi yang menakjubkan dan sempurna untuk belajar.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/umy.ac.id

PTS yang didirikan sejak tahun 1981 ini berhasil masuk peringkat 5 terbaik nasional dan peringkat 451-500 di dunia. Sebagai universitas islam modern, UMY memiliki visi dan misi untuk mengarahkan mahasiswanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terkini juga diiringi dengan karakter yang berkembang secara kultural dan religius sesuai dengan nilai-nilai islam.

Tidak hanya itu, UMY juga menawarkan program pertukaran pelajar, magang, kursus musim panas, kursus singkat, hingga program gelar ganda yang bermitra dengan universitas lain.

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta/uajy.ac.id

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan PTS yang didirikan oleh pemeluk katolik dan dikelola oleh organisasi Slamet Rijadi. UAJY masuk dalam peringkat 6 terbaik di Indonesia, dan peringkat 601-605 di dunia. Pada tahun 2019, UAJY mendapat posisi 5 universitas swasta top di Indonesia.

UAJY memiliki 6 fakultas dengan 12 program studi sarjana, dan 7 program magister, termasuk 4 program studi sarjana internasional. Seluruh program studi pascasarjana telah terakreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Lingkungan yang relatif aman dan damai, UAJY bisa menjadi pilihan pada lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan.

7. Universitas Parahyangan (UNPAR), Bandung

Universitas Parahyangan/unpar.ac.id

Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal sebagai UNPAR berhasil mengisi peringkat 7 terbaik nasional dan peringkat 601-650 di dunia. UNPAR merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

UNPAR menggunakan Satuan Kredit Semester (SKS) sebagai sistem pembelajaran baik untuk program sarjana maupun program sarjana. Hal ini berguna untuk mendorong mahasiswa dapat merencanakan sendiri pengembangan studinya dan dibantu oleh pembimbing akademik atau dosen.

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta/ums.ac.id

Salah satu universitas muhammadiyah lainnya mengisi peringkat 8 terbaik nasional dan peringkat 601-650 di dunia. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) saat ini memiliki 11 fakultas, 44 Program Studi Diploma hingga Doktor, 2 Program Double Degree Internasional (program perkuliahan yang memungkinkan mahasiswa meraih dua gelar akademis dalam satu masa studi).

Lalu kemudian terdapat 9 Program Kelas Internasional, dan 4 Twinning Program Profesi (mahasiswa dapat menempuh dua program studi berbeda dalam satu waktu). UMY memiliki jumlah 23.357 mahasiswa program Diploma dan Strata 1, dan juga 4.211 mahasiswa pascasarjana.

9. Universitas Pelita Harapan (UPH), Banten

Universitas Pelita Harapan/surabaya.uph.edu

Berdiri sejak tahun 1994 oleh Yayasan Pelita Harapan, Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang, Banten masuk pada peringkat 9 terbaik nasional dan peringkat 601-650 global. UPH menawarkan berbagai beasiswa dan paket bantuan keuangan.

Tingginya tingkat minat pendaftaran mahasiswa telah membentuk UPH menjadi kampus multi-budaya, dengan mahasiswa yang berasal lebih dari 15 negara berbeda, seperti Amerika Serikat, Rusia, China, Korea, dan Jerman.

10. Universitas Tarumanagara (Untar), Jakarta

Universitas Tarumanagara/untar.ac.id

Didirikan pada tahun 1959, Universitas Tarumanagara (UNTAR) menjadi salah satu universitas tertua dan terbaik di Indonesia pada peringkat 10 besar nasional dan peringkat 601-650 di dunia. Sejak tahun 2017, UNTAR telah memperoleh akreditasi A atau Sangat Baik.

Selain layanan pendidikan yang sangat baik, UNTAR juga memiliki kampus utama yang sangat strategis, yakni seperti Ciputra Mall, Mall Taman Anggrek, dan Central Park yang dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa.

11. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya I raditya/Shutterstock

Berada pada peringkat 11 teratas kelas nasional dan peringkat 601-650 tingkat dunia, Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil masuk menjadi universitas swasta favorit 2022. Melihat dari kualitas akreditasi program akademik, capaian Ubaya telah teruji peringkat terbaik sesuai standar BAN-PT. Hal tersebut yang menjadikan UBAYA turut menjadi PTS terkemuka di kancah internasional.

Terbukti dari ratusan mahasiswa asing dan akademisi rutin mengunjungi Ubaya untuk belajar dan berkuliah untuk jangka pendek dan jangka panjang. Ubaya telah mendidik 12.000 mahasiswa dari 8 fakultas berbeda dengan 26 program studi, dan memiliki 3 kampus yang berdiri di atas lahan seluas 50 hektare.

12. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan I Dhimas Satriaa/Shutterstock

Berlokasi di kota pelajar Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) turut menambah daftar perguruan tinggi favorit dengan peringkat 12 nasional dan peringkat 651+ di Asia.

Dalam penilaiannya, UAD memiliki kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan, instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan industri baik tingkat nasional maupun internasional.

13. Institut Teknologi Nasional

Universitas Teknologi Nasional/itenas.ac.id

Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS Bandung) masuk dalam peringkat 13 nasional dan peringkat 651+ di Asia. Menurut sejarahnya, Itenas Bandung berdiri pada tahun 1972 dengan nama Akademi Teknologi Nasional Bandung (ATENAS Bandung).

Itenas merupakan lembaga pendidikan swasta yang mengkhususkan pengembangan ilmu teknologi, seni, dan desain dengan capaian gelar sarjana dan magister. Tidak perlu diragukan lagi, kualitas dari setiap program studi telah lulus uji oleh BAN-PT.

14. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha/maranatha.edu

Pada peringkat akhir, Universitas Kristen Maranatha berada di peringkat 14 nasional dan peringkat 651+ Asia. Universitas ini mengedepanan visi pada pengetahuan di bidang seni dan sains, dan juga pengajaran kitab teladan agama kristen.

Itu dia 14 daftar PTS terbaik di Indonesia dan Asia menurut QS Asia 2022. Deretan nama tersebut bisa dijadikan acuan bagi para calon mahasiswa untuk mencari rekomendasi perkuliahan.

==

Mari menjadi bagian responden survei GoodStats mengenai "Preferensi Liburan Masyarakat Indonesia" dengan mengisi link survei berikut.

https/LiburanSobatGoodstats

Hadiah saldo eMoney bagi responden terpilih

 

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Tingkat Kepercayaan Masyarakat pada Pengadilan Lebih Tinggi daripada KPK dan Polisi
Artikel Selanjutnya 5 Provinsi dengan Perguruan Tinggi Terbanyak, Jabar dan Jatim Mendominasi
Konten Terkait